Rabu, 26 Apr 2017

Festival Kuliner Ala Pelindo 1 di Lhokseumawe

Oleh: Marsot
Sabtu, 08 Apr 2017 21:33
BAGIKAN:
istimewa
Pelindo 1 Medan.
JAKARTA (EKSPOSnews):  PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) menyelenggarakan Festival Kuliner bertajuk "Lhokseumawe Beranda Depan Indonesia", ditujukan untuk mendorong potensi kekayaan budaya dan kuliner di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara.

Kegiatan dibuka Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib, dan Direktur Keuangan PT Pelindo I Farid Luthfi bertempat di Lapangan KP3 Kota Lhokseumawe, Sabtu 8 April 2017.

Fesival menghadirkan hiburan rakyat berupa bazar kuliner yang diikuti 19 penyedia kuliner lokal dan 5 penyedia kuliner nasional dan internasional.

Penampilan dari beberapa kesenian lokal juga turut memeriahkan kegiatan yang dibuka secara umum untuk masyarakat Lhokseumwe dan sekitarnya ini.

Selain itu, kegiatan ini menampilkan demo memasak yang dibawakan oleh chef/koki nasional Bara Pattiradjawane serta koki internasional yang membawakan demo memasak makanan dari Jepang dan Srilanka.

Direktur Pelindo I Farid Luthfi mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya perseroan mendorong kekayaan budaya dan kuliner Aceh dan Lhokseumawe pada khususnya agar lebih dikenal masyarakat luas dan menjadi motor pendorong perekonomian baru bagi masyarakat.

"Ini adalah salah satu upaya kami, ke depan, kami berkomitmen untuk terus berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Lhokseumawe dan Aceh Utara," ujar Farid.

General Manager PT Pelindo I Prahardi Winarso mengatakan selain mendorong kekayaan budaya dan kuliner lokal, pihaknya berharap kegiatan ini dapat mejadi ajang Pelindo 1 untuk semakin dekat dengan segenap pemangkukepentingan guna menyukseskan program dan visi maritim Pemerintah Republik Indonesia.

Selain itu, Pelindo I berkomitmen untuk memperkuat bisnis Perseroan di Lhokseumawe yang diharapkan dapat menciptakan multiplier effect terutama dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Tajuk "Lhokseumwe Beranda Depan Indonesia" dipilih dengan harapan di masa mendatang Lhokseumawe dan Aceh Utara dapat menjadi sebuah kota pelabuhan utama yang strategis seiring dengan meningkatnya perekonomian setempat serta dapat mendukung visi maritim pemerintah Republik Indonesia.

Saat ini Lhokseumawe dan Aceh Utara memiliki Pelabuhan Kreung Geukeuh yang berpotensi menjadi pelabuhan utama. Pelabuhan Krueng Geukueh Lhokseumawe memiliki kedalaman 10 meter, bisa disandari kapal dengan ukuran 20.000 Dead Weight Ton/DWT (bobot mati kapal) x panjangnya 100 meter.

Pelabuhan ini juga memiliki dermaga seluas 267 x 25 meter yang memungkinkan dua kapal bersandar sekaligus.

Festival kuliner ini mendapatkan sambutan positif dari masyarakat terlihat dari animo masyarakat yang menghadiri dan menikmati bazar kuliner dan berbagai pertunjukan kesenian daerah yang ditampilkan.

Kegiatan ini ditutup dengan acara jamuan makan bersama adat Aceh yang diikuti oleh jajaran manajemen Pelindo 1, pejabat daerah Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara serta Muspida setempat.

"Kini saatnya kita sebagai warga negara juga bisa membantu mempromosikan kuliner asli Indonesia. Masyarakat juga dapat berperan dalam membudayakan masakan lokal di daerah lain bahkan di negara lain. Bangsa kita sangat kaya akan keberagaman budaya dan kuliner. Kalau bukan kita yang menjaga dan mempromosikannya sendiri, kemudian siapa lagi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengenal keberagaman kuliner daerah masing-masing. Maka dari itu, kami hadir di sini agar masyarakat Lhokseumawe dan Aceh Utara lebih mengenal kulinernya sendiri," kataPegiat Kuliner Arie Parikesit.

Pelindo 1 mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat, berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu, UGK (Unit Usaha Galangan Kapal), serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) dan PT Prima Husada Cipta.

Pelayanan Pelindo I meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Pelindo 1 Fokus pada 3 Pelabuhan Angkutan Lebaran

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Pelindo 1 (Persero) akan fokus pada tiga titik pelabuhan dalam mempersiapkan angkutan Lebaran 2017.Tiga titik pelabuhan di wilayah operasional Pelindo I itu yakni Pelabuhan Be

  • satu minggu lalu

    Pelindo 1 Salurkan Bantuan Banjir Bandang Kutacane

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyerahkan bantuan untuk korban banjir bandang Kutacane, Aceh berupa selimut, pakaian, bahan makanan, peralatan sekolah dan semba

  • 2 minggu lalu

    Pemanduan di Selat Malaka

    Menteri Perhubungan Budi Karya dan Dirut Pelindo ! Medan Bambang Eka Cahyana secara menekan tombol peresmian pemanduan kapal di Selat Malaka. Sejak 10 April 2017 PT Pelindo 1 Medan secara resmi menang

  • 2 minggu lalu

    Pelindo 1 Resmi Pandu Kapal di Selat Malaka

    MEDAN (EKSPOSnews): Pelindo 1 telah mendapatkan pelimpahan untuk melaksanakan Pelayanan Pemanduan dan Penundaan kapal-kapal asing dan domestik di Perairan Pandu Luar Biasa di Selat Malaka dan Selat Si

  • 3 minggu lalu

    Pelindo 1 Dorong Pariwisata Aceh

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): PT Pelindo 1 siap memajukan sektor pariwisata di Provinsi Aceh, sebagai salah satu upaya menunjang perekenomian daerah.Sebagai bentuk partisipasi Pelindo 1 terhadap kemajuan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak