Kamis, 27 Feb 2020

Festival Danau Toba di Muara

Senin, 05 Sep 2016 19:05
BAGIKAN:
istimewa
Danau Toba.

JAKARTA (EKSPOSnews): Festival Danau Toba (FDT) 2016 yang akan berlansung di Kota Muara Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut) pada 9-12 September 2016 diharapkan mampu mendongrak pariwisata provinsi tersebut.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan FDT 2016 yang dinilainya akan menjadi sarana promosi efektif dalam mengangkat kembali popularitas Danau Toba sebagai destinasi unggulan berkelas dunia berbasis geopark.

"Setelah ditetapkan sebagai destinasi prioritas dan akan menjadi salah satu dari 10 Bali Baru pada 2019, kita proyeksi kunjungan wisman ke Toba akan meningkat signfikan mencapai 1 juta wisman," kata Menpar Arief Yahya, Senin 5 September 2016.

Pihaknya mendukung penyelenggaraan FDT 2016 sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Danau Toba.

Kawasan Danau Toba diharapkan mampu menarik kunjungan lebih banyak wisatawan ke Sumut yang tahun lalu mencapai 11,4 juta (229.228 wisman dan 11,21 juta wisnus) dan sekitar 76.544 wisman dan 858.620 wisnus di antaranya mengunjungi obyek wisata Danau Toba.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, untuk mencapai angka proyeksi 1 juta wisman tersebut, Presiden Joko Widodo belum lama ini telah menetapkan Badan Otorita Pariwisata Danau Toba untuk melakukan percepatan pembangunan Toba dengan acuan pada Tiga A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas).

Selain itu merestorasi lingkungan Danau Toba (identifikasi isu dan alternatif solusi), melakukan pengembangan pemasaran pariwisata (branding, advertising, dan selling), serta pengembangan SDM dan industri pariwisata.

"Badan Otorita Pariwisata Danau Toba berusaha menarik investor untuk menanamkan modalnya ke Toba. Kita proyeksikan investasi akan masuk sebesar Rp20,06 triliun, sebesar Rp8,7 triliun di antaranya merupakan investasi swasta (PMA dan PMDN)," uajr Menpar Arief Yahya.

Penyelenggaran FDT 2016 akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan berupa atraksi seni budaya dan wisata olahraga (sport tourism) di antaranya pertunjukan opera/tarian kolosal dan aneka lomba antara lain; lomba paramotor; lomba lintas Toba; lomba perahu tradisional; lomba renang rakyat lomba kapal hias; lomba fotografi; lomba pemilihan Ucok Butet; serta dimeriahkan pertunjukan musik dengan menampilkan para artis penyanyi ibukota.

FDT merupakan kegiatan wisata tahunan yang telah berlangsung sejak 2013. Festival Danau Toba merupakan nama pengganti dari Pesta Danau Toba yang telah berlangsung sejak 1982.

Pada mulanya Pesta Danau Toba sebuah kegiatan lokal yang diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas keberadaan Danau Toba yang berperan penting bagi kehidupan Suku Batak yang tinggal di pesisir Danau Toba.

Kini acara itu bertransformasi menjadi festival yang diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisman ke Sumut dan sekitarnya.(ant)


  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Wisatawan ke Sumbar Meningkat

    PADANG (EKSPOSnews): Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengkoreksi jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu pada libur Lebaran 2019 yang awalnya dikhawatirkan tidak capai target, ternyata jauh

  • 9 bulan lalu

    Ratusan Wisatawan Diserang Ubur-Ubur

    BANTUL (EKSPOSnews): Tim Pencarian dan Pertolongan atau SAR wilayah Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat 106 wisatawan tersengat ubur-ubur selama libur Idul Fitr

  • 9 bulan lalu

    Wisatawan Akan Serbu Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Sebanyak satu juta wisatawan nusantara dan mancanegara diprediksi akan mengunjungi Provinsi Sumatera Barat saat libur Lebaran 2019, sehingga pemerintah dan pengelola destinasi wis

  • 11 bulan lalu

    Guru Cabul di Muara Enim

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Polisi menangkap seorang oknum guru di salah satu Sekolah Dasar Kecamatan Lembak, Muaraenim, Sumatera Selatan, karena diduga telah mencabuli setidaknya enam orang siswa.Kapolre

  • tahun lalu

    Menjaring Wisatawan Belanda

    LONDON (EKSPOSnews): Indonesia berupaya menjaring wisatawan Belanda yang ingin berlibur pada musim panas dengan melakukan promosi pada pameran pariwisata terbesar di Belanda, Vakantibeurs, yang berlan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99