Minggu, 23 Sep 2018

Erupsi Sinabung Tak Ganggu Pariwisata Karo

Oleh: alex
Senin, 19 Feb 2018 18:51
BAGIKAN:
badan geologi.
Erupsi Sinabung.
MEDAN (EKSPOSnews): Asisten 1 Pemkab Karo Siang Karokaro mengatakan erupsi besar yang melanda Gunung Sinabung pada Senin pagi tidak menggangu kepariwisataan di daerah itu.

Siang Karokaro yang dihubungi dari Medan,  mengakui jika erupsi yang cukup besar tersebut membawa pengaruh bagi daerah itu.

Ia mencontohkan kondisi beberapa lokasi yang tiba-tiba menjadi gelap akibat banyaknya debu vulkanik yang bertebaran pascaerupsi.

"Hingga menjelang pukul 11.00 WIB, sempat agak gelap," katanya, Senin 19 Februari 2018.

Namun kondisi berbagai lokasi di Kabupaten Karo kembali normal setelah debu vulkanik tidak lagi bertebaran di udara.

Pihaknya juga menemukan adanya kepanikan, termasuk dari kalangan wisatawan atas erupsi yang melanda Gunung Sinabung tersebut.

Kini, kata Siang, aktivitas masyarakat dan usaha kepariwisataan di Kabupaten Karo juga berjalan normal.

Pemkab Karo bersama instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Polres Karo sedang melakukan penyiraman untuk menghilangkan debu yang masih tersebar.

Bupati Karo Terkelin Brahmana dan forum komunikasi daerah juga telah turun ke lapangan. "Sampai sore ini beliau masih di lapangan," katanya.

Berdasarkan pengamatan petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi pada Senin pagi itu lebih besar dari erupsi sebelumnya, serta mengalami beberapa erupsi susulan meski frekuensinya lebih rendah.

Disebabkan letusannya cukup kuat, erupsi pertama tersebut memunculkan semburan awan panas hingga mencapai 5.000 meter lebih.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Erupsi Sinabung Membuat Petani Jeruk di Karo Merugi

    KABANJAHE (EKSPOSnews): Sejumlah petani jeruk di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara mengaku kebingungan untuk melanjutkan penanaman jeruk karena selalu merugi akibat erupsi Gunung Sinabung.Salah

  • tahun lalu

    Kemensos Salurkan Bantuan kepada Korban Erupsi Sinabung

    KABANJAHE (EKSPOSnews): Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan sejumlah bantuan kemanusiaan di Provinsi Sumatera Utara, baik berupa materi mau nonmateri dalam puncak peringatan Hari Kemanusiaan Sed

  • tahun lalu

    Badan Penanggulangan Bencana Karo Siram Area yang Ditutupi Erupsi Sinabung

    MEDAN (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo membagikan masker dan melakukan penyiraman area yang tertutupi abu vulkanik Gunung Sinabung.Kabid Kedaruratan Badan Penanggulanga

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99