Senin, 18 Jun 2018

Enggano Jadi Pusat Wisata Bahari

Oleh: Jallus
Jumat, 04 Mei 2018 01:44
BAGIKAN:
istimewa.
Wisata Bahari.
BENGKULU (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Bengkulu menargetkan kawasan wisata perairan laut dan keindahan alam Pulau Enggano, pulau terluar berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu menjadi basis wisata bahari daerah itu.

"Potensi Pulau Enggano menjadi basis wisata bahari sangat tinggi, itu yang akan kita ekspos saat 'Sail Enggano',"kata Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Kamis 3 Mei 2018.

Ia mengatakan potensi wisata Pulau Enggano akan diangkat dalam agenda "Sail Enggano" yang direncanakan digelar pada 2020 mendatang.

Agenda tersebut akan mendukung upaya pemerintah Provinsi Bengkulu untuk menggaet sebanyak mungkin wisatawan ke daerah ini dengan meluncurkan tahun kunjungan wisata Bengkulu pada 2020.

"Persiapan menuju tahun kunjungan wisata Bengkulu pada 2020 sudah dipersiapkan dari sekarang, termasuk merancang agenda Sail Enggano," ujarnya.

Ia mengatakan Sail Enggano diharapkan mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pariwisata.

Pulau Enggano yang berada di tengah Samudera Hindia merupakan pulau terluar yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Sebanyak 3.000 jiwa masyarakat bermukim di pulau itu dan tersebar di enam desa yakni Kahyapu, Malakoni, Kaana, Apoho, Meok dan Banjarsari.

Pulau Enggano didiami oleh masyarakat adat Enggano yang merupakan gabungan dari lima suku yakni Kaitora, Kauno, Kaharubi, Kaahua, dan Kaharuba serta satu suku tersendiri yang diberikan bagi pendatang yakni Kamay.

Berdasarkan data Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung, ada beberapa kegiatan alam bebas yang dapat dinikmati di pulau itu antara lain pengamatan buaya endemik Pulau Enggano atau "Crocodile Watching". Selanjutnya pengamatan burung atau "Bird Watching" sebab ada banyak burung liar di Enggano. Dua spesies endemik yang telah terdeteksi yakni Celepuk Enggano (Otus enganensis) dan burung Kacamata (Zosterops salvadorii).

Keindahan pesisir dan bawah laut juga tidak kalah menarik antara lain di perairan Pulau Dua, Pulau Merbau, Kahyapu, Pantai Teluk Harapan, TelukLabuho, Teluk Berhawe, Tanjung Kioyo, Tanjung Koomang, dan pantai di Kaana.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Mengembangkan Wisata Bahari di Dumai

    DUMAI (EKSPOSnews): Dinas Pariwisata Kota Dumai Riau pada 2018 berencana mengembangkan satu objek wisata bahari unggulan Pantai Marina Puak, di Kecamatan Medang Kampai, menjadi lokasi wisata terpadu.K

  • 7 bulan lalu

    Sail Sabang Membuat Wisata Bahari Semakin Mendunia

    SABANG (EKSPOSnews): Sail Sabang 2017 yang diselenggarakan sejak 28 November sampai 5 Desember 2017 di Kota Sabang, Provinsi Aceh mengukuhkan kepulauan paling ujung barat Indonesia menuju poros mariti

  • tahun lalu

    Pelni Operasikan Kapal Perintis ke Pulau Enggano

    BENGKULU (EKSPOSnews): PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) mengoperasikan satu kapal perintis untuk melayani pelayaran dari Kota Bengkulu menuju Pulau Enggano setelah transportasi laut menuju pula

  • tahun lalu

    Mengembangkan Wisata Bahari di Dumai

    DUMAI (EKSPOSnews): Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Dumai Riau tahun 2017 memprioritaskan pengembangan sarana dan fasilitas dua objek wisata bahari daerah ini agar tertata baik dan

  • 2 tahun lalu

    Ekspedisi Mini di Pulau Enggano

    BENGKULU (EKSPOSnews): Sebanyak enam mahasiswa pecinta alam Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan menggelar ekspedisi kecil atau ekspedisi mini untuk menggali kearifan lokal mas

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99