Jumat, 28 Jul 2017

Care Danau Toba Dibentuk. Untuk Apa?

Oleh: Alex
Jumat, 31 Mar 2017 20:32
BAGIKAN:
istimewa
Danau Toba.
PEMATANGSIANTAR (EKSPOSnews): Sejumlah aktivis organisasi masyarakat sipil di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, membentuk wadah "Care" atau Committed for Danau Toba Region guna mendukung program pemerintah pusat dalam menata dan mengelola kawasan Danau Toba.

Ketua Badan Pengurus Care Pardomuan Nauli Simanjuntak di Siantar, mengatakan, upaya pemerintah untuk mengembangkan pariwisata di kawasan Danau Toba dilanjutkan dengan pembentukan Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) perlu didukung secara totalitas.

Menurut Pardomuan, masyarakat tidak cukup sekadar penggembira untuk menyongsong dan membayangkan Danau Toba sebagai destinasi wisata dunia dan menjadi "Monaco of Asia".

Organisasi masyarakat sipil, kata Pardomuan, hendaknya mampu sebagai rekan sekaligus rival BPODT, sehingga menginspirasi untuk lahirnya gagasan-gagasan kritis yang bersifat konsep tanding.

"Inilah yang menjadi motivasi utama dari kami untuk berpartisipasi dan berkontribusi terhadap penataan dan pengelolaan Kawasan Danau Toba," kata Pardomuan saat temu pers di Pematangsiantar.

Sekretaris Eksekutif Badan Pengurus Care Daulat Sihombing menjelaskan, wadah Care telah mendapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan struktur meliputi Anggota Perkumpulan, Badan Pengurus, Badan Pengawas dan Pelaksana Program.

Untuk kepentingan konsolidasi internal organisasi, Care akan segera mengisi personalia struktur di beberapa wilayah kabupaten yang dianggap prioritas, sekaligus merekrut relawan-relawan yang peduli tentang Danau Toba.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak