Rabu, 18 Sep 2019

Balai Banjar Dikembangkan Jadi Objek Wisata

Oleh: Jallus
Selasa, 09 Okt 2018 10:57
BAGIKAN:
istimewa.
Bali.
GIANYAR (EKSPOSnews): Aktivitas sehari-hari masyarakat di balai banjar kini mulai dikembangkan menjadi wisata untuk turis asing, yang mulai dirintis Balai Banjar Tengah Desa Adat Bedulu, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, sehingga turis bisa melihat langsung kehidupan social dan adat masyarakat Bali.

"Konsep balai banjar ini kami kembangkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, di samping membangkitkan potensi Bedulu yang sejak dahulu dikenal sebagai Desa Wisata," kata Kelihan Adat Banjar Tengah I Ketut John, di sela-sela menerima wisatawan yang datang ke Balai Banjar Tengah, Gianjar, Bali, Selasa 9 Oktober 2018.

Keterangan pers Humas Pemkab Gianyar, Selasa menyebutkan sejak Minggu-Senin, 7-8 Oktober 2018, ramai turis Eropa dan Asia melihat secara langsung aktivitas warga yang berhubungan dengan adat budaya Bali.

Bahkan banyak belajar "mebat" masakan Bali, menjahit, membuat klakat, dan belajar tabuh (megambel). Malam harinya dipentaskan kesenian Bali seperti tari-tarian sambil menikmati makan malam hasil olahan (mebat) warga setmpat bersama wisatawan.

Wisatawan juga diajak keliling mengunjungi rumah-rumah penduduk untuk melihat langsung kehidupan masyarakat pedesaan. Bahkan, ada beberapa wisatawan memilih menginap di rumah-rumah penduduk untuk bisa berbaur dengan masyarakat setempat.

"Kami bekerja sama dengan salah satu 'travel' di Bali mendatangkan puluhan wisatawan asing ke Balai Banjar Tengah," tambah Ketut John.

Ketut John optimis, konsep wisata Balai Banjar ini akan diminati wisatawan, apalagi Bedulu didukung dengan daya tarik lainnya Yeh Pulu, Goa Gajah, Pura Samuan Tiga dan peninggalan sejarah dan purbakala lainnya seperti sarkofagus yang sampai saat ini tersimpan pada salah satu rumah penduduk.

Bahkan kerajinan Gerabah yang pernah Berjaya di Bedulu, kini mulai diperkenalkan dan dibangkitkan lagi.

"Jangan hanya dilihat sudut komersiil saja, tapi bagaimana pariwisata Desa Bedulu bisa bangkit dengan mengusung konsep Balai Banjar," imbuh Ketut John.

Jessy, salah satu wisatawan mengaku senang berbaur dengan warga Bedulu untuk belajar memasak masakan Bali, menabuh dan membuat canang.

"Keramahan penduduk membuat kami senang dan semuanya datang untuk melihat dan belajar langsung tentang adat budaya yang tidak ada di negara kami. Ini yang kami inginkan" katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 12 bulan lalu

    Menata Objek Wisata di Samosir

    SAMOSIR (EKSPOSnews): Dua objek wisata, Pantai Ancol Waterfront dan Pemandian Aek Rangat (Air Hangat) di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, kini dalam proses pengembangan fasilitas wisata di wilayah b

  • tahun lalu

    Membangun Infrastruktur Objek Wisata Sipinggan, Samosir

    SAMOSIR (EKSPOSnews): Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan membangun infrastruktur objek wisata Sipinggan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, untuk pengembangan pariwis

  • 2 tahun lalu

    Merevitalisasi Danau Toba Sebagai Objek Wisata Andalan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Keindahan alam yang tersebar di Indonesia memang memiliki potensi untuk dapat menjaring sebanyak mungkin wisatawan mancanegara datang ke Tanah Air.Bali yang selama ini sudah menj

  • 2 tahun lalu

    Lokasi Tambang Emas Ilegal Jadi Objek Wisata

    AMBON (EKSPOSnews): Lokas eks penambangan emas rakyat ilegal di kawasan Gunung Botak, Kabupaten Buru akan dijadikan salah satu objek wisata oleh Pemerintah Provinsi Ambon bekerjasama dengan PT BPS."BP

  • 2 tahun lalu

    Objek Wisata Alam Curup Traja

    BATURAJA (EKSPOSnews): Dinas Pariwisata Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan menemukan objek wisata alam baru Curup Traja yang terletak di Desa Negeri Ratu, Kecamatan Lengkiti."Untuk membuka a

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99