Kamis, 27 Jun 2019

Titik Panas Bertebaran di Sumatera

Rabu, 17 Agu 2016 21:03
BAGIKAN:
ist
Kebakaran hutan.

PEKANBARU (EKSPOSnews): Dua satelit milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), yakni Aqua dan Terra mendeteksi 365 titik panas berada di daratan Pulau Sumatera atau meningkat secara drastis dibandingkan hari sebelumnya, 92 titik panas.

"Dari pantauan dengan menggunakan satelit pada pagi ini, terdapat 365 titik panas di Sumatera. Sebagian besar atau 278 titik panas itu terkonsentrasi di Provinsi Riau," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru, Rabu 17 Agustus 2016.

Slamet memaparkan hal tersebut setelah pihaknya mendapatkan sebaran titik panas di Sumatera berdasarkan rilis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dari pantauan sensor modis pada citra satelit Terra dan Aqua.

Berdasarkan analisis dari Lapan, 365 titik panas tersebut merupakan akumulasi dengan tingkat kepercayaan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) sedang mulai dari 50 sampai 69 persen dan tinggi mulai 70 hingga 100 persen.

Selain di Riau, titik panas juga terdapat di enam provinsi lain seperti Sumatera Utara 42 titik, Bangka Belitung (27), Sumatera Selatan tujuh titik, Jambi lima titik, Sumatera Barat empat titik dan Kepulauan Riau dua titik.

Ia merinci, ke-278 titik panas di Riau tersebar pada 10 daerah dari total 12 kabupaten/kota seperti wilayah Rokan Hilir merupakan daerah konsentrasi karena terdeteksi sebanyak 123 titik.

Lalu Kepulauan Meranti 36 titik, disusul Rokan Hulu 30 titik, Siak (28), Bengkalis (22), Dumai (20), Kuantan Singingi delapan titik, Kampar dan Pelalawan empat titik serta Indragiri Hilir terpantau tiga titik.

Dari 278 titik panas, terdapat 192 titik api memiliki tingkat kepercayaan 70 hingga 100 persen atau pertanda sebagai potensi karlahut pada delapan daerah.

"Terdeteksi di Rokan Hilir 91 titik, Meranti (28), Siak (18), Rokan Hulu (17), Dumai dan Bengkalis sama-sama 14 titik, Kuantan Singingi enam titik serta Kampar empat titik," kata Slamet.

Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi mengerahkan satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) sebanyak 100 orang personel untuk membantu memadamkan api akibat kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

"Pasukan malam ini datang lagi satu SSK langsung dan sektornya Danyon Arhanudse 13. Mereka bermalam di lokasi yang ditugaskan untuk padamkan api dan menghilangkan asap agar tidak menjadi luas," kata Nurendi.

Pemerintah Provinsi Riau telah memutuskan untuk memperpanjang status siaga darurat kebakaran lahan dan hutan yang berlaku enam bulan atau sejak Juni hingga 30 November 2016.

Komandan Satuan Tugas Karlahut Riau, Brigjen TNI Nurendi mengatakan, perpanjangan status tersebut sebagai upaya demi memaksimalkan pencegahan penanggulangan karhutla karena setiap tahun terus terjadi terutama dalam 18 tahun terakhir.(ant)


  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Polda Sumatera Utara Tangguhkan Penahanan 2 Tersangka Makar

    MEDAN (EKSPOSnews): Polda Sumatera Utara mengabulkan permohonan penangguhan penahanan Wakil Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) RFL dan Sekretaris GNPF, ZLK atas dugaan kasus tindak pidana ma

  • 4 minggu lalu

    Tol Sumatera Mulai Dipadati Pemudik

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Jalan Tol Trans Sumatra dari Pelabuhan Bakauheni menuju Kota Bandarlampung, Terbanggi Besar, dan Palembang sudah mulai ramai dilalui pemudik pada Kamis, atau tujuh hari seb

  • 4 minggu lalu

    Stok BBM di Tol Sumatera Habis

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Para pemudik yang melintas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Ruas Bakauheni ke Terbanggi Besar Provinsi Lampung diminta berhati-hati dan menjaga jarak dengan kendaraan la

  • 3 bulan lalu

    Harimau Sumatera Muncul di Areal Konsesi Anugerah Pratama Inspirasi

    BENGKULU (EKSPOSnews): Seekor harimau Sumatera (Phantera tigris Sumatrae) muncul di areal konsesi Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK) milik PT Anugerah Pratama Inspirasi (API) di wilayah

  • 3 bulan lalu

    Polisi Ringkus Kawanan Pembobol ATM di Sumatera Selatan

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Anggota Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan menangkap empat dari delapan tersangka sekawanan spesialis pembobol Anjungan Tunai Mandiri milik Bank Mandiri di Kantor Cab

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99