Minggu, 23 Sep 2018

Tindak Tegas Pelaku Hoaks

Oleh: marsot
Rabu, 15 Agu 2018 16:49
BAGIKAN:
istimewa.
Kominfo.
PADANG (EKSPOSnews): Wali Kota Padang Mahyeldi meminta jajaran penegak hukum menindak tegas pelaku hoaks karena dampak dari penyebarannya akan merusak dan memecah belah persatuan masyarakat.

"Para pelaku hoaks sengaja menyebar berita palsu dan ujaran kebencian untuk menciptakan kekacauan dan kegaduhan dan ini tidak boleh dibiarkan," kata dia di Padang, Rabu 15 Augustus 2018.

Ia menyampaikan hal itu pada deklarasi antihoaks yang diprakarsai Kementerian Agama Kota Padang diikuti forum koordinasi pimpinan daerah, organisasi kemasyarakatan, pemuda dan profesi.

Menurutnya salah satu yang mahal bagi bangsa ini adalah persatuan dan itu harus senantiasa dijaga dan dirawat.

"Saya yakin hoaks itu jika dibiarkan akan merusak," kata dia.

Apalagi menurutnya pada musim pilkada biasanya berita bohong banyak tersebar dan dibuat seolah-olah benar oleh sebab itu penegak hukum harus menindak tegas pelaku.

Ia berharap pesta demokrasi seperti pemilu dan pilpres seharusnya juga dimaknai sebagai ajang memperkuat persatuan.

"Kepada semua masyarakat diminta waspada dan hati-hati dalam menyebar berita, pastikan jelas sumbernya dan kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan," kata dia.

Deklarasi antihoaks diikuti Wali Kota Padang Mahyeldi, Kepala Kemenag Padang Marjanis, Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan, Dandim 0312 Padang Letkol Kav Eryzal Satria, Wakil Ketua DPRD Padang Muhidi, Ombudsman Perwakilan Sumbar dan Kejaksaan Negeri Padang.

Kemudian Pengadilan Negeri Padang, Pengadilan Agama Padang, MUI Kota Padang, FKUB Kota Padang, LKKAM Padang, KNPI Padang, dan Asosiasi Jurnalis Online Indonesia Padang.

Kepala Kemenag Padang Marjanis mengatakan deklarasi dilatari oleh maraknya peredaran hoaks apalagi menjelang pelaksanaan pemilu dan pilpres.

Apalagi kemampuan analisis terhadap informasi dan berita yang beredar masih lemah, setelah kami telusuri berita hoaks ini berpotensi menimbulkan perpecahan, kata dia.

"Oleh sebab itu Kemenag berinisiatif mengundang pimpinan daerah, tokoh masyarakat dan organisasi pemuda dan profesi untuk bersama-sama meneguhkan komitmen lewat deklarasi antihoaks," lanjut dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Syahbandar Diminta Bertindak Tegas

    JAKARTA (EKSPOSnews): Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo menginstuksikan kepada para Syahbandar tegas menertibkan operator kapal khususnya kapal tradisional ma

  • 3 bulan lalu

    Polisi Amankan Remaja Pelaku Tindak Asusila

    REJANG LEBONG (EKSPOSnews): Polisi Resor Rejang Lebong, Polda Bengkulu, mengamankan seorang remaja tersangka pelaku tindak pidana seksual terhadap anak di bawah umur di wilayah itu.Kapolres Rejang Leb

  • 6 bulan lalu

    Penyalagunaan Data Pribadi Akan Ditindak

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menindak tegas pelaku penyalahgunaan data pribadi masyarakat untuk registrasi ulang kartu seluler."Pemerintah tidak mentoleransi penya

  • 9 bulan lalu

    Polisi Amankan Pelaku Tindak Asusila

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Polsek Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalbar mengamankan seorang pelaku tindakan asusila terhadap anak di bawah umur, "Tindakan tidak terpuji pelaku berdasarkan pengakuan korban

  • tahun lalu

    Tindak Tegas Bandar Narkoba

    MEDAN (EKSPOSnews): Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw menginstruksikan seluruh personel untuk melakukan tindakan tegas terhadap pengedar dan bandar narkoba di daerah itu.Dalam serah te

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99