Minggu, 29 Mar 2020
  • Home
  • Nasional
  • Tiba di Pulau Sapudi 7 Korban Gempa Langsung Ditangani Tim Kesehatan Kodam Brawijaya

Tiba di Pulau Sapudi 7 Korban Gempa Langsung Ditangani Tim Kesehatan Kodam Brawijaya

Oleh: Jefri
Sabtu, 13 Okt 2018 05:36
BAGIKAN:
istimewa.
Tim Kesdam Brawijaya tangani korban gempa di Pulau Sapudi.
SURABAYA (EKSPOSnews): Tak ada istilah istirahat dulu bagi tim penanggulangan yang sudah dikerahkan oleh pihak Kodam V/Brawijaya untuk melakukan evakuasi para korban gempa di Kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Itu terlihat, ketika tim Kesehatan Kodam (Kesdam) V/Brawijaya tiba di lokasi pasca gempa yang menyebabkan 3 warga meninggal dunia tersebut.

Tiba pukul 09.30 WIB, tim Kesdam langsung menuju ke Puskesmas Darurat yang berada di Desa Gayam. Di Puskesmas itu, terdapat banyak korban gempa yang belum mendapat perawatan dari dokter (tim medis).

"Total ada 7 pasien. Semuanya sudah mendapat penanganan dari tim Kesdam, dan 2 lainnya, rencananya akan di rujuk ke RSUD Sumenep besok," ujar Kapendam V/Brawijaya, Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto, melalui informasi yang disampaikan oleh tim Kesdam kepada dirinya, Jumat 12 Oktober 2018.

Para pasien, kata Kolonel Singgih, rata-rata mengalami luka yang cukup serius. Untuk itu, selama berada di Kepulauan Sapudi, tim Kesdam diwajibkan untuk terus melakukan penanganan secara intensif terhadap para korban gempa di Pulau Sapudi.

"Itu sudah perintah langsung dari Komando atas. Sebisa mungkin, tim Kesdam harus bisa melakukan penanganan dengan baik dan tuntas," tambahnya.

Selain Muhawiye (65), lanjut Kapendam, juga terdapat pasien-pasien lainnya yang sudah ditangani oleh tim Kesdam. Beberapa diantaranya ialah Sarwini (45), Rihani (70), Aswiye (60), Buhama (80), Nasiya (60) dan Rahmani (40). "Untuk pasien atas nama Rahmani dan Nasiya, besok rencananya akan di rujuk ke RSUD Sumenep. Disana, pasien nantinya akan mengikuti proses rontgen dan tindakan medis lainnya," jelas Kolonel Singgih.

Terpisah, Letkol Ckm  Guruh Tirtawiguna menjelaskan, tim Kesdam telah melakukan beberapa langkah medis terhadap para pasien yang sudah di kumpulkan di Puskesmas Gayam. Selain pencucian luka, kata Ketua tim Kesdam ini, para tim medis juga melakukan pembiusan kepada para pasien.

"Dari operasi ini, ada 2 pasien yang di putuskan untuk mengikuti pengobatan lanjut. Perkiraan, evakuasi kesana, dibutuhkan waktu 2 jam," jelas Dr. Guruh ketika di konfirmasi melalui via seluler. "Rencananya, besok jam 10.00 WIB. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak RSUD Sumenep," tambahnya.

Operasi itu dilakukan, sebab peralatan medis yang berada di Puskesmas Gayam, Kepulauan Sapudi, dinilai kurang begitu mumpuni. "Alat-alat bedah dan kamar bedah, tidak tersedia. Begitu juga Rontgen," ungkapnya.

Dalam perawatan medis yang dilakukan oleh tim Kesdam, 2 pasien sudah diperbolehkan untuk pulang. Sedangkan sisanya, masih dalam tahap perawatan oleh tim medis di bawah kepemimpinan Letkol Ckm Guruh Tirtawiguna.

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Menghilangkan Penat dengan Berkebun

    Berkebun dan bercocok tanam telah dijadikan mata pencaharianoleh sebagian besar penduduk Indonesia. Selain memberikan hasil yangdinilai bisa mencukupi kebutuhan hidup, bercocok tanam memiliki kepuasan

  • 9 bulan lalu

    Mabes TNI Mutasi Sejumlah Perwira Tinggi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Markas Besar TNI melakukan mutasi dan promosi jabatan kepada 72 orang perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI.Siaran pers di Puspen TNI, di Jakarta, Selasa, menyebutkan, berdasar

  • 10 bulan lalu

    Danrem Baladhika Jaya Dampingi Panglima TNI di Yonarmed 1/Ajusta

    Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo mendampingi kunjungan kerja yang dilakukan oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Yonarmed 1/Ajusta dan Divisi Infanteri 2 Kostrad,

  • 10 bulan lalu

    TNI dan Polisi Amankan Rutan Sigli

    PIDIE (EKSPOSnews): Kepolisian Resor (Kapolres) Pidie, AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar menyebutkan, sebanyak 260 personil polisi dan TNI diturunkan untuk mengamankan kebakaran Rutan Negara Kelas II

  • 10 bulan lalu

    TNI-Polri Sita 5 Kilogram Ganja Kering di Surabaya

    SURABAYA (EKSPOSnews): Aparat Koramil dan Polsek Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya berhasil mengamankan ganja kering seberat 5 kilogram milik salah satu penghuni kos di Jalan Kutisari, Kelurahan Kutisar

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99