Rabu, 19 Des 2018

Tanggul Sungai Alas Jebol

Oleh: Jallus
Kamis, 15 Nov 2018 04:51
BAGIKAN:
istimewa.
Tanggul jebol.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan, hujan yang terus mengguyur dalam sepekan terakhir telah mengakibatkan tanggul Sungai Alas di wilayah Aceh Tenggara jebol sepanjang 70 meter.

Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, mengatakan, peristiwa tersebut tepatnya berada di Desa Tembilar Baru, Kecamatan Bambel, Aceh Tenggara.

"Peristiwa jebolnya tanggul Sungai Alas ini terjadi dini hari tadi, diperkirakan sekitar pukul 02.32 WIB. Penyebabnya karena hujan terus turun di daerah hulu sungai, yakni Gayo Lues hingga Aceh Tenggara," ucapnya, Rabu 14 November 2018.

Akibat yang ditimbulkan dari pecahnya tanggul sungai ini, kata dia, maka tanggul air meluap dengan mengenangi ke area tanaman milik masyarakat setempat yang berbatasa dengan Sungai Alas ini.

Hingga kini pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara sedang menghitung berapa luas tanaman petani setempat yang terkena dampak bencana tersebut.

"Memang, tak ada korban jiwa akibat jebolnya tanggul sungai ini. Tetapi informasi dari warga Tembilar Baru, hingga saat ini belum ada penanganan tanggul itu," tegas dia.

"Tm reaksi cepat BPBD setempat dilaporkan, masih terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan tindakan selanjutnya," kata Dadek.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan, wilayah Aceh berada dalam puncak musim hujan yang berlangsung hingga akhir tahun ini.

"Masyarakat yang tinggal di bantaran dan hilir sungai, kami minta untuk waspada. Mereka tinggal di dekat tebing, harus mewaspadai tanah longsor," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria Ahmad.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    TANGGUL JEBOL

    Dampak dari tingginya curah hujan di wilayah Mojokerto dalam minggu-minggu akhir ini yang mengakibatkan sungai sungai tidak dapat menampung debit air sehingga banyak sungai tersebut meluap dan terjadi

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99