Sabtu, 18 Agu 2018

Seluruh ABK KM Triangle Diselamatkan Tim SAR

Oleh: Jallus
Sabtu, 01 Jul 2017 11:32
BAGIKAN:
istimewa
Kapal tenggelam.
TERNATE (EKSPOSnews): Tim SAR berhasil menyelamatkan seluruh ABK KM Triangle yang mengalami hilang kontak di perairan Pulau Doi, Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) setelah dua hari melakukan pencarian.

Kepala Basarnas Ternate, Mustari dihubungi dari Ternate,  menyatakan, operasi Tim SAR selama dua hari untuk mencari Kapal Penampung Ikan KM Triangle yang mengalami mati mesin di Pulau Doi Tobelo dan delapan ABK-nya selamat.

Menurut dia, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan KM Triangle yang mengalami mati mesin di koordinat 02.25'03"N/127.47'00"E, seluruh ABK dalam keadaan selamat.

"Tim SAR gabungan tiba di Pelabuhan TPI Tobelo bersama dengan KM Triangle menggunakan metode towing," kata Mustari, Sabtu 1 Juli 2017.

Oleh karena itu, dengan ditemukannya KM Triangle, maka proses pencarian ditutup dan seluruh unsur dikembalikan ke satuan masing-masing.

Dia mengakui, selama melakukan operasi, pihaknya mengalami berbagai kendala seperti sinyal komunikasi yang terputus-putus, alat utama yang digunakan Tim SAR gabungan sempat mengalami patah kemudi, sehingga perlambat proses evakuasi menuju Tobelo.

Selain itu, kondisi cuaca berawan dan hujan ringan, sehingga menyulitkan proses pencarian KM Triangle yang hilang tersebut.

Bahkan, Tim SAR gabungan di Kabupaten Halut sebelumnya terus berupaya mencari KM Triangle sebuah kapal penampung ikan dengan delapan orang ABK dilaporkan di perairan Pulau Doi pada Jumat pagi lalu.

Dia menjelaskan, tim SAR yang dikerahkan tersebut berkekuatan 19 personel yang melibatkan tim gabungan Polair Polres Halut, KUPP Tobelo dan TNI-AL telah melakukan pencarian di sekitar Pulau Doi Tobelo.

Dia mengakui, Kakansar Ternate telah menyiagakan satu Pos SAR personel di Tobelo untuk terus mengcover wilayah perairan Morotai, Halut dan Haltim guna mengantisipasi adanya kecelakaan di perairan laut Malut.

Menurut dia, operasi SAR terhadap kapal penampung Ikan KM Triangle dengan delapan orag ABK yang mengalami mati mesin di Pulau Doi Tobelo, Halmahera Utara tengah dilakukan pencarian.

"Delapan ABK Km Triangle yang diselamatkan sebagian besar berasal dari Bitung Sulawesi Utara di antaranya Capt Agus Cigarlaki (58 tahun,), Frederik Dalope, (62 tahun), Fransisko Gorahe, (23 tahun), Sunda Gimon, (59 tahun), Iskandar Fangku (35 tahun Novi Sumengken (35 tahun), Leksi Lohonauman (58 tahun) dan Steven Doan Pahason (31 tahun) asal TPI Tobelo," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Ketika Tim SAR Tinggalkan Danau Toba

    PARAPAT (EKSPOSnews): Tim SAR memulai berkemas-kemas untuk meninggalkan kawasan Tigaras, Kabupaten Simalungun, pascapenetapan berakhirnya pencarian KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Tob

  • 2 bulan lalu

    Tim SAR Tetapkan Penumpang KM Sinar Bangun 188 Orang

    PARAPAT (EKSPOSnews): Tim SAR gabungan menetapkan jumlah penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam pada 18 Juni 2018 di perairan Danau Toba sebanyak 188 orang.Usai rapat koordinasi di Pelabuhan Tigas,

  • 2 bulan lalu

    Penanganan Tenggelamnya KM Sinar Bangun 7 Hari

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan penanganan kecelakaan tenggelamnya KM Sinar Bangun di Perairan Danau Toba, Sumatra Utara, pada Senin (18/6), akan dilakukan selam

  • 2 bulan lalu

    Tim SAR Temukan Korban Tenggelam dalam Kondisi Selamat

    PALU (EKSPOSnews): Tim SAR berhasil menemukan lima korban kapal tenggelam di perairan Banggai, Sulawesi Tengah dalam kondisi selamat.Kepala Basarnas Palu, Basarno di Palu, Rabu dinihari mengatakan, du

  • 8 bulan lalu

    Tim SAR Evakuasi kapal dan ABK di Perairan Aceh Jaya

    MEULABOH (EKSPOSnews): Tim Search And Resque (SAR) gabungan berhasil mengevakuasi satu unit kapal motor nelayan bersama tiga orang anak buah kapal yang terombang ambing di tengah laut di perairan Kabu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99