Kamis, 18 Apr 2019

Menyerahkan Sertifikat Gratis di Aceh Besar

Oleh: Jallus
Kamis, 14 Mar 2019 08:54
BAGIKAN:
istimewa.
Sertifikat tanah.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A Jalil menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat di Kabupaten Aceh Besar.

“Sertifikat tanah bukanlah sekadar administrasi dan kelengkapan surat, akan tetapi jauh lebih penting dari itu dan Presiden ingin tanah wakaf serta aset keagamaan memiliki sertifikat sehingga berguna bagi masyarakat,” kata Menteri ATR, Sofyan A Djalil di Jantho, Rabu 13 Maret 2019.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menyerahkan setifikat di Meuligoe Bupati Aceh Besar dan turut dihadiri Bupati setempat Mawardi Ali, Wakil Bupati Tgk H Husaini A Wahab dan unsur Forkopimda Aceh Besar.

Sofyan A Jalil menjelaskan Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan agar Kementerian ATR/BPN mempercepat penyertifikatan tanah-tanah wakaf serta aset-aset keagamaan.

“Ini penting dilakukan agar siapa pun pemilik tanah memiliki sertifikat agar jelas dan sah haknya terhadap tanah tersebut, termasuk tanah waqaf,” tersebut.

Menurut dia saat ini pemerintah sedang fokus menyelesaikan beberapa persoalan krusial diantaranya adalah persoalan sertifikasi tanah, karena masih ada 80 juta lebih tanah masyarakat yang harus diberi sertifikat untuk mengantisipasi terjadinya sengketa dikemudian hari seperti yang telah terjadi dibeberapa daerah.

"Ketika harga tanah mulai mahal, jika tidak punya sertifikat akan berisiko terjadinya sengketa, walau pun tanah wakaf sekali pun," katanya.

Pihaknya saat ini sedang mempercepat penyertifikatan tanah masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengatakan, selama pemerintahan Jokowi Kabupaten Aceh Besar banyak mendapat prioritas pembangunan salah satunya adalah jalan tol, dan juga pada waktu dekat juga hadir di Kota Jantho Sekolah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang direncanakan pada bulan ini sudah mulai aktif proses belajar mengajar dan sudah ada juga kampus ISBI Aceh.

Selain itu di Kota Jantho akan dibangun sebuah pesantren tahfid yang akan mendidik 600 orang tahfid dari seluruh gampong di Kabupaten Aceh Besar yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dibawah Pimpinan Mawardi Ali dan Waled Husaini A Wahab dalam rangka mewujudkan satu gampong satu hafidz.

“Kami berharap dengan adanya program PTSL sengketa dapat diminimalisir dan Kami berharap bapak menteri terus melanjutkan program ini terutama di Aceh Besar,” katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Ada Pungli pada Program Sertifikasi Gratis Pak Jokowi!

    PATI (EKSPOSnews): Warga Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengeluhkan tingginya biaya pengurusan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dikla

  • 9 bulan lalu

    Aceh Besar Pameran di Thailand

    ACEH BESAR (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menampilkan sejumlah produk unggulan pada pameran perdagangan Indonesia - Malaysia - Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan BIMP-EAGA Trade Fair

  • 10 bulan lalu

    Tim Wasev Mabes TNI AD dan Bupati Aceh Besar Tinjau Hasil TMMD di Aneuk Glee

    JANTHO (EKSPOSnews): Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabes TNI AD) yang dipimpin Mayjen TNI L Rudi Polandi bersama Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dan Dandim O101/BS

  • tahun lalu

    Polisi Tangkap Perambah Hutan di Aceh Besar

    ACEH BESAR (EKSPOSnews): Tim gabungan Opsnal Satuan Reskrim dan Satuan Intelkam Polres Aceh Besar menangkap dua terduga pelaku perambahan hutan di daerah itu.Kapolres Aceh Besar AKBP Heru Suprihasto m

  • 2 tahun lalu

    Warga Miskin Padangpariaman Dapat Sertifikat Gratis

    PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat pada 2017 memperoleh jatah sebanyak 1.700 persil sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk lah

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99