Senin, 17 Feb 2020
  • Home
  • Nasional
  • Mabes TNI Selidiki Pemakaian Mobil dalam Kampanye Salah Satu Paslon Presiden

Mabes TNI Selidiki Pemakaian Mobil dalam Kampanye Salah Satu Paslon Presiden

Oleh: Jallus
Jumat, 22 Mar 2019 18:37
BAGIKAN:
istimewa.
TNI.
JAKARTA (EKSPOSnews): Markas Besar TNI memberikan tanggapan soal beredarnya video mobil dinas yang diduga milik perwira aktif TNI yang sedang menurunkan bungkusan saat acara pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam video viral di media sosial tersebut tampak mobil dinas TNI bermerk Mitsubishi Pajero hitam plat bernomor 3005-00, dikelilingi banyak warga.

Komandan Pom (Danpom) TNI Mayjen TNI Dedy Iswanto, saat jumpa pers, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, mengakui, dari data registrasi nomor kendaraan tersebut adalah benar milik Mabes TNI.

Namun demikian, ada ketidaksesuaian antara nomor kendaraan dengan jenis kendaraan.

"Registrasi nomor tersebut betul nomor militer di Mabes TNI. Namun, jenis kendaraannya tidak sesuai dengan registrasi yang ada di Mabes TNI," katanya, Jumat 22 Maret 2019.

Menurutnya, dari data register kendaraan Mabes TNI, plat nomor 3005-00 seharusnya digunakan untuk kendaraan sedan jenis Mitsubishi Lancer, bukan Mitsubishi Pajero seperti dalam video yang beredar.

"Data di registrasi militer berjenis Mitsubishi Lancer," ucapnya.

Dedy menegaskan, pasca video kendaraan TNI menjadi viral di Medsos, pihaknya sudah langsung menyelidiki pihak-pihak yang diduga terlibat.

"Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait beredarnya video tersebut. Termasuk, apakah ada kemungkinan keterlibatan TNI aktif dalam kampanye Capres ataupun Cawapres Pemilu 2019," kata Dedy.

Ia menjelaskan, untuk kendaraan militer itu seharusnya digunakan oleh pejabat tertentu dan bersifat terbatas serta harus dilakukan sesuai dengan ketentuan dan peruntukan yang ada.

"Bisa juga level pama atau pamen. Akan kita laksanakan pendalaman. Apabila sudah menjadi terang, akan menyesuaikan dengan aturan yang berlaku. Kita cari tahu unsur-unsur pelanggaran yang dilakukan," ujarnya.

Mabes TNI akan secepat mungkin menuntaskan kasus tersebut untuk membuktikan bahwa netralitas TNI menjelang Pemilu 2019 tidak perlu diragukan.

"Kita dalami, siapa yang menggunakan. Kita upayakan secepat mungkin. Kita tetap jaga netralitas TNI. Kita awali dengan menyelidiki data register dan selanjutnya mencari keterangan terkait," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Mayjen TNI Sisriadi, menjelaskan, saat ini TNI tetap memegang komitmen untuk tetap netral dalam pemilu 2019.

"TNI tetap memegang komitmen untuk tetap netral dalam pemilu 2019. Siapapun yang berusaha menarik-narik TNI, kita tetap komitmen netralitas. Kita komitmen dan siap mendukung pelaksanaan pemilu 2019," katanya. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Menghilangkan Penat dengan Berkebun

    Berkebun dan bercocok tanam telah dijadikan mata pencaharianoleh sebagian besar penduduk Indonesia. Selain memberikan hasil yangdinilai bisa mencukupi kebutuhan hidup, bercocok tanam memiliki kepuasan

  • 8 bulan lalu

    Mabes TNI Mutasi Sejumlah Perwira Tinggi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Markas Besar TNI melakukan mutasi dan promosi jabatan kepada 72 orang perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI.Siaran pers di Puspen TNI, di Jakarta, Selasa, menyebutkan, berdasar

  • 8 bulan lalu

    Danrem Baladhika Jaya Dampingi Panglima TNI di Yonarmed 1/Ajusta

    Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo mendampingi kunjungan kerja yang dilakukan oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Yonarmed 1/Ajusta dan Divisi Infanteri 2 Kostrad,

  • 9 bulan lalu

    TNI dan Polisi Amankan Rutan Sigli

    PIDIE (EKSPOSnews): Kepolisian Resor (Kapolres) Pidie, AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar menyebutkan, sebanyak 260 personil polisi dan TNI diturunkan untuk mengamankan kebakaran Rutan Negara Kelas II

  • 9 bulan lalu

    TNI-Polri Sita 5 Kilogram Ganja Kering di Surabaya

    SURABAYA (EKSPOSnews): Aparat Koramil dan Polsek Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya berhasil mengamankan ganja kering seberat 5 kilogram milik salah satu penghuni kos di Jalan Kutisari, Kelurahan Kutisar

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99