Jumat, 23 Agu 2019
  • Home
  • Nasional
  • Kerusuhan di Jakarta Terencana. Libatkan Pensiunan TNI?

Kerusuhan di Jakarta Terencana. Libatkan Pensiunan TNI?

Oleh: alex
Jumat, 24 Mei 2019 04:29
BAGIKAN:
istimewa.
Menko Polhukam, Wiranto.
JAKARTA (EKSPOSnews): Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menduga peristiwa kerusuhan di sejumlah tempat di Jakarta pada 21-22 Mei 2019, terencana.

"Kerusuhan ini by design, bukan spontan. Karena terbukti ada barang bukti berupa uang yang ditemukan," kata Brigjen Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 23 Mei 2019.

Selain itu para tersangka pelaku kerusuhan yang ditangkap juga mengakui uang tersebut sebagai imbalan untuk melakukan kerusuhan.

Dedi mengatakan para pelaku ini sengaja menyusup diantara para pendemo yang melakukan unjuk rasa damai di depan Gedung Bawaslu RI. Kemudian mereka sengaja memprovokasi massa pendemo untuk melakukan tindakan anarkis.

Polri pun telah mengamankan sebanyak 300 orang pelaku kerusuhan Jakarta. Mereka sebagian merupakan warga Jawa Barat dan Banten. Ada pula yang kesehariannya sebagai preman di kawasan Tanah Abang.

"Bayarannya (pelaku kerusuhan) Rp300 ribu sehari," katanya.

Saat ini, ratusan orang tersebut masih diperiksa polisi untuk diketahui peran mereka dalam kerusuhan yang terjadi pada Selasa (21/5) malam hingga Kamis dini hari.

"Masih diperiksa, dipilah-pilah siapa pelaku lapangan, koordinator lapangan dan aktor intelektualnya," katanya.

Mereka ditangkap di berbagai tempat di Jakarta yakni di kawasan Slipi, Petamburan, MH Thamrin dan Tanah Abang.

Sejumlah barang bukti yang disita dari para tersangka diantaranya kendaraan, uang rupiah, uang dolar, senjata tajam, bom molotov, ponsel, kamera, batu, ketapel dan petasan.

Dalam perencanaan aksi anarkis di Jakarta itu, diduga melibatkan pensiunan anggota TNI, namun masih memiliki hubungan dengan tokoh tertentu di tingkat nasional. Seperti yang beredar di percakapan media sosial disebut-sebut beberapa mantan perwira TNI dan pamen yang terlibat merancang aksi anarkis tersebut.

Menko Polhukam Wiranto mengaku sudah mengetahui oknum-oknum yang diduga terlibat dalam aksi anarkis yang berbuntut kepada sejumlah kerusakan di Jakarta. "Kami sudah mengantongi oknum-oknum yang diduga terlibat dalam merancang demo anarkis di Jakarta," ujar Wiranto.

  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Pensiunan TNI Sukses Beternak Burung

    BLITAR (KICAU): Ukuran kesuksesan seseorang tidaklah sama,  hal ini tergantung dari kebahagiaan orang tersebut untuk menjalaninya, namun dilihat pada umumnya kesuksesan hidup seseorang dapat d

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99