Minggu, 23 Sep 2018

Kebakaran Lahan Gambut di Riau

Oleh: marsot
Kamis, 16 Agu 2018 03:50
BAGIKAN:
istimewa.
Kebakaran di Riau.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Kebakaran lahan gambut hingga kini masih terus terjadi di Provinsi Riau bahkan telah menyebabkan 11 rumah, tiga motor dan satu mobil milik warga terbakar di Dusun Rantau Benuang, Kabupaten Rokan Hilir.

"Rumah 11, motor tiga dan satu mobil pickup milik warga terbakar. Api terlalu (besar) sekali, angin kencang, panas," kata Kepala Dusun Rantau Benuang, Ali Anas (56) ketika dihubungi dari Pekanbaru, Rabu 15 Augustus 2018.

Dusun Rantau Benuang merupakan area permukiman dan kebun kelapa sawit swadaya, yang masuk dalam wilayah administrasi Desa (Kepenghuluan) Tanjung Leban, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Lokasi tersebut merupakan salah satu daerah terpencil di pesisir Provinsi Riau, berjarak sekitar 260 kilometer dari Kota Pekanbaru. Mayoritas warga setempat berprofesi sebagai petani kelapa sawit.

Ali Anas menjelaskan kebakaran lahan sudah terjadi selama tiga hari terakhir, dan puncaknya sampai membakar properti warga pada Selasa lalu (14/8). Ia mengatakan kejadian bermula saat warga panik karena api menjalar ke kebun sawit.

Ketika warga berjibaku menyelamatkan lahan sawit, ternyata api merambat lewat bagian bawah lahan gambut dan menyambar rumah-rumah warga yang berdinding kayu. Warga juga tidak sempat menyelamatkan barang-barang mereka, seperti sepeda motor yang masih ada di dalam rumah dan pekarangan juga lumat terpanggang.

"Kondisi warga memang panik fokus selamatkan ladang dan ada yang meninggalkan rumah untuk menyelamatkan diri. Jadi dia selamat, rumah tentunya tak terjaga lagi," katanya.

Ali mengatakan tidak bisa memastikan sumber api berasal dari mana. Kini asap masih menyelimuti permukiman dari lahan gambut yang masih membara.

Sementara itu, upaya pemadaman oleh warga yang dibantu petugas kepolisian setempat tidak bisa optimal karena minimnya air terutama untuk memadamkan kebakaran yang jauh ke tengah kebun. Selain itu, api juga membakar jalan tanah sehingga memutus akses transportasi.

Ali memperkirakan kebakaran sudah menghanguskan ratusan hektare lahan di daerah itu. "Perkiraanya luas kebakaran sampai 300 hektare," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Lembaga Adat Melayu Riau Tolak Kegiatan GP Ansor

    SIAK (EKSPOSnews): Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak menolak kegiatan Kirab Satu Negeri Dzikir Kebangsaan yang digagas Gerakan Pemuda Ansor di daerah yang berjulukan "Negeri Istana" itu p

  • 2 minggu lalu

    Setya Novanto Pelaku Peran Utama Korupsi PLTU Riau-1

    JAKARTA (EKSPOSnews): Fadli Nasution, pengacara mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Fraksi Partai Golkar Eni Maulani Saragih (EMS), menyatakan Setya Novanto berupaya mempengaruhi kliennya tidak mencerit

  • 2 minggu lalu

    Pemadaman Listrik Bergilir di Riau

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau melakukan pemadaman listrik bergilir selama seminggu dari 8 hingga 14 September 2018 untuk melakukan pemeliharaan jaringan di area kerja Pekanba

  • 3 minggu lalu

    Buronan Kejati Riau Itu Sempat Menyamar Jadi Dosen di Medan

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengungkapkan Iskandar (52), buron terpidana dalam kasus korupsi pemungutan biaya vaksin meningitis terhadap calon jemaah umrah di Pekanbaru pada ta

  • satu bulan lalu

    Polda Riau Musnahkan Puluhan Kilogram Sabu-Sabu

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah Riau memusnahkan sebanyak 43.123 butir pil ekstasi dan 32,5 kilogram sabu-sabu senilai lebih dari Rp45 miliar yang merupakan hasil pengungkapan sindikat inter

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99