Jumat, 17 Agu 2018

Kebakaran Gambut di Aceh Meluas

Oleh: Jallus
Minggu, 10 Jun 2018 05:52
BAGIKAN:
moEF Indonesia.
Kebakaran.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, lahan gambut yang terbakar kini meluas mencapai 50 hektare dari sebelumnya cuma 21 hektare di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh.

"Api terus merambat, dan membakar baik hutan maupun lahan gambut di Aceh Selatan mencapai sekitar 50 hektare," kata Kepala Pelaksana BPBA, Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Sabtu 9 Juni 2018.

Ia mengatakan, tim gabungan kesulitan dalam memadamkan titik api, akibat angin bertiup kencang. Api yang sedang membara dengan menyambar karena tertiup angin, dan merambat ke berbagai hutan dan lahan terutama gambut kering.

Di samping itu, lanjutnya, kondisi hutan dan lahan yang terbakar, tim pemadam masih kesulitan dalam menyemprotkan air akibat medan yang sulit, dan untuk menemukan sumber air untuk disemprotkan seperti di Kecamatan Bakongan.

Pada awalnya diduga akibat masyarakat setempat melakukan aktifitas membakar sampah di kebun pekan ini. Lalu api dalam kondisi terbakar dengan cepat merambat di lokasi sekitar, dan cuaca panas akibat musim kemarau di Aceh Selatan.

Hingga kini terdapat tiga kecamatan di Aceh Selatan terbakar, yakni Bakongan, Kota Bahagia, dan Tapaktuan. "Untuk di Kota Bahagia dan Tapaktuan, api sudah padam secara total malam tadi sekitar pukul 23.10 WIB," jelas dia.

Sedangkan di Bakongan, merupakan kecamatan terparah akibat api terus membara karena kebakaran tersebar di beberapa titik, dan medan yang cukup sulit.

"Kebutuhan yang sangat mendesak, yakni peralatan kebakaran hutan dan lahan, dan 'portable pump'. Jarak pandang saat ini di Bakongan cuma 16 kilometer," tegas Dadek.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat menyatakan, sensor modis yang terpasang di kedua satelit belum bisa mendeteksi adanya lahan gambut terbakar di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

"Satelit sensor modis baik Terra dan Aqua, belum bisa mendeteksinya (titik panas)," ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Aceh, Zakaria Ahmad.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 11 jam lalu

    Nelayan Aceh Dilatih Mengolah Tuna

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Sebanyak 25 nelayan di Banda Aceh dan sekitarnya dilatih pengolahan ikan tuna agar kualitas dagingnya dari mulai ditangkap hingga sampai ke daratan tidak menurun.Pelatihan dif

  • satu minggu lalu

    Kejati Aceh Tahan Koruptor Kantor Kemenag

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Aceh menaham satu dari dua tersangka korupsi perencanaan pembangunan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh.Kepala Kejati Aceh Chaerul Amir melalui Ke

  • satu minggu lalu

    Mengembangkan Kuliner Tradisional Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Istri Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati berkomitmen untuk mengembangkan kuliner tradisional Aceh sehingga dikenal masyarakat nusantara dan internasional."Kita t

  • satu minggu lalu

    Kejari Banda Aceh Eksekusi Koruptor Pengadaan Mobil Damkar

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri (Kejari) Banda Aceh mengeksekusi seorang terpidana korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran senilai Rp17,5 miliar.Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Ba

  • 2 minggu lalu

    Badan Pengelola Migas Aceh Rekrut 50 Tenaga Profesional

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) merekrut 50 tenaga profesional untuk menggenjot kinerja industri minyak dan gas di provinsi setempat."Pegawai BPMA ini setelah menandatandata

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99