Sabtu, 22 Sep 2018

KM Lestari Maju Tenggelam, 12 Meninggal Dunia

Oleh: alex
Selasa, 03 Jul 2018 20:12
BAGIKAN:
istimewa.
Suasana tenggelamnya KM Lestari Maju.
MAKASSAR (EKSPOSnews): Korban Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang dilaporkan tenggelam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan pada Selasa bertambah menjadi 12 orang meningggal dunia.

"Informasi terbaru yang kami bisa laporkan jumlah korban saat ini bertambah menjadi 12 orang," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Selasa 3 Juli 2018.

Dia mengatakan 12 orang korban meninggal dunia pada kecelakaan laut itu untuk sementara baru teridentifikasi beberapa orang saja.Sedangkan untuk korban meninggal dunia lainnya untuk saat ini masih sedang diidentifikasi oleh anggota Badan SAR Nasional (Basarnas).

"Untuk sementara itu sudah 12 orang dan data-data lengkap siapa saja yang meninggal masih akan dicocokkan oleh tim," katanya.Sebelumnya, pejabat Humas Pemkab Kepulauan Selayar Patta Tulen mengatakan sebanyak empat korban meninggal dunia akibat KM Lestari Maju tenggelam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan.

"Hingga saat ini ada empat korban meninggal, dua laki-laki, satu perempuan, dan satu anak-anak. Para korban kini sementara masih dalam proses evakuasi. Sebagian besar penumpang tidak tahu berenang dan tidak kebagian pelampung," ujarnya.

Dia mengatakan semua fasilitas di Kota Benteng, Selayar dikerahkan untuk membantu proses evakuasi korban KM Lestari Maju dengan menempuh jarak sekitar 40 KM ke pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, KM Lestari Maju yang mengangkut penumpang 139 orang sesuai jumlah manifes itu, tenggelam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan karena kerusakan mesin.

Kapal itu mengalami masalah sekitar pukul 13.40 Wita, berupa kerusakan mesin di lambung kiri. Akibatnya, air masuk dek lantai bawah.

Kondisi cuaca yang kurang bersahabat juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan laut itu.

KM Lestari Maju yang sudah hampir mencapai pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar sekitar setengah jam kemudian itu nahas di dekat sebuah pulau dan pantai di Desa Bungayya, Kecamatan Bonto Matene, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulukumba, Sulsel, saat ini tim gabungan dari BPBD Sulsel, SAR, Polair, dan Pemkab Bulukumba dan Kepulauan Selayar sedang melakukan evakuasi penumpang yang terapung-apung di laut lepas dengan sebagian diprakirakan tenggelam karena tidak mendapatkan pelampung.

Kapal itu memiliki kapasitas angkut 250 penumpang dan 40 mobil. Data manifes kapal feri itu tercatat 120 penumpang turun di Pelabuhan Bira dan 139 orang penumpang naik kapal menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Korban Meninggal di Lombok Utara 347 Orang

    MATARAM (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, mendapat laporan dari seluruh camat bahwa data sementara jumlah korban meninggal dunia akibat gem

  • 2 bulan lalu

    Gempa Lombok, 82 Orang Meninggal Dunia

    MATARAM (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat(NTB) mendapatkan laporan sementara jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter(SR

  • 2 bulan lalu

    TKW Asal Aceh Meninggal Dunia di Malaysia

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Seorang tenaga kerja wanita Indonesia asal Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, meninggal dunia dalam kecelakaan kapal tenggelam di Malaysia.Kepala Balai Pelayanan Penempata

  • 2 bulan lalu

    Kejati Sumut Kembalikan Berkas Kasus Kapal Tenggelam

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengembalikan berkas perkara empat tersangka kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Tiga Ras, Kabupaten Simalungun kepada penyid

  • 3 bulan lalu

    Mengundang Saksi Ahli untuk Kasus Kapal Tenggelam di Danau Toba

    MEDAN (EKSPOSnews): Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara telah mengundang saksi ahli dari perguruan tinggi negeri, mengenai kapal tenggelam KM Sinar Bangun, di perairan Danau Toba, Ti

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99