Senin, 18 Jun 2018
  • Home
  • Nasional
  • Jembatan Menghubungan 2 Desa di Tapanuli Utara Ambruk

Jembatan Menghubungan 2 Desa di Tapanuli Utara Ambruk

Oleh: Jallus
Rabu, 23 Mei 2018 04:37
BAGIKAN:
istimewa.
Jembatan ambruk.
TARUTUNG (EKSPOSnews): Jembatan yang menghubungkan dua desa, yakni Desa Siarangarang menuju Desa Pea Tolong, Tapanuli Utara yang terletak di bagian hulu Sungai Aek Situmandi, ambrol.

Hingga Selasa (22/5), ambrolnya jembatan di wilayah Kecamatan Tarutung itu belum mendapatkan penanganan sehingga struktur jembatan yang roboh hingga menyentuh permukaan sungai nyaris terbawa arus sungai.

Dugaan sementara, robohnya jembatan akibat struktur fisik dan rangka yang kurang kokoh sehingga tidak mampu menahan hantaman air sungai.

Jembatan itu dibangun Pemkab Tapanuli Utara dalam dua tahap. Pengerjaannya diawali pada tahun 2014 dan diselesaikan tahun 2016. Panjang jembatan sekitar 35 meter, dengan lebar 5 meter.

Pengerjaan pada tahap pertama menelan dana senilai Rp1.614.800.000 yang bersumber dari APBD.

Lanjutan pembangunan tahap kedua pada 2016, yang juga bersumber dari dana APBD Taput menelan biaya senilai Rp999.800.000.

Meski baru berusia setahun, kondisi struktur fisik dan rangka jembatan yang diduga kurang bermutu menjadi penyebab utama ambrolnya jembatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tapanuli Utara Anggiat Rajaguguk yang dikonfirmasi terpisah membantah robohnya jembatan tersebut disebabkan oleh struktur fisik dan kerangka jembatan yang kurang kokoh.

"Jembatan roboh akibat tertimpa material longsor berupa bebatuan, pohon, dan tanah yang meluncur dari tebing jembatan yang diduga akibat aktivitas tambang batu di sekitar perbukitan," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sudah melaporkan robohnya jembatan tersebut kepada bupati untuk selanjutnya dilakukan perbaikan dan pembangunan jembatan tersebut.

"Kondisi jembatan sudah dilaporkan ke bupati dan sudah kami tinjau untuk kemudian diprogramkan pembangunan kembali jembatan itu," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Jembatan Kali Kuto Dibuka, Pemudik Makin Nyaman

    GRINGSING (EKSPOSnews): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Jembatan Kali Kuto yang menghubungkan jalur tol fungsional Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, akan dibuka pada

  • 2 bulan lalu

    Arti Jembatan Holtekamp Bagi Papua

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo dijadwalkan meninjau jembatan Holtekamp di Jayapura,Papua dan memastikan penanganan setelah kejadian luar biasa (KLB) campak dan gizi buruk di Asmat, Papua

  • 3 bulan lalu

    Jembatan Darurat di Nias Barat Ambruk

    NIAS BARAT (EKSPOSnews): Jembatan darurat Saono di Desa Tiga Serangkai, Kecamatan Lahomi yang selama ini merupakan jembatan penghubung beberapa desa menuju ibu kota Kabupaten atau kantor bupati Nias B

  • 5 bulan lalu

    Tingkatkan Insfrastruktur Umum, Yonif Raider 500/Sikatan Bangun Jembatan

    MINDIPTANA (EKSPOSnews): Minimnya insfrastruktur umum di wilayah perbatasan Republik Indonesia- Papua Nugini, khususnya di Distrik Mindiptana, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua seakan menggugah i

  • 6 bulan lalu

    BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut Bantu Petani Tapanuli Utara

    MEDAN (EKSPOSnews): BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Utara memberikan bantuan enam unit traktor tangan untuk kelompok tani di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara."Bantuan itu dari Dana Tanggu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99