Jumat, 28 Feb 2020

Jalan Lintas Sumatera dari Sipirok Berbahaya

Jumat, 08 Jul 2016 06:03
BAGIKAN:
ist
Jalan lintas Sumatera lewat Sipirok berbahaya.
SIPIROK (EKSPOSnews): Pengendara arus balik lebaran yang melewati arah ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) arah Sipirok-Sidimpuan ataupun sebaliknya, diminta untuk ekstra berhati-hati apalagi pada perjalanan malam hari.

Pane, salah seorang penduduk Saba Siala, Tapanuli Selatan mengatakan, kewaspadaan tersebut perlu karena pada sisi kiri badan jalan dari arah ibukota Tapanuli Selatan atau 15 Km dari pasar Sipirok tepatnya di antara desa Situmba dan Saba Siala, sekitar panjang 10 meter amblas sehingga terjadi penyempitan ruas badan jalan.

Badan jalan yang amblas tersebut sudah berlangsung sejak sekitar 4 bulan lalu, namun, belum ada upaya atau perhatian pemerintah untuk memperbaikinya.

"Sebelum jatuh korban, pemerintah melalui balai besar jalan nasional wilayah Sumatera utara kiranya dapat mengantisipasi dengan memasang bronjong disepanjang badan jalan amblas akibat tergerus air tersebut," katanya.

Pemantauan dilokasi pihak pemerintah telah ada memasang pita di sepanjang badan jalan yang amblas tersebut serta sejumlah gundukan tanah sebagai tanda pemberitahuan peringatan agar pengendara yang melintas untuk lebih berhati-hati.

Lokasi ini juga dinilai rawan kecelakaan dikarenakan disamping kondisi jalan tikungan manis, hati-hati juga kalau ada kenderaan datang dari berlawanan arah, karena, hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat saja berhubung badan jalan yang sudah semakin menyempit.

Menurut warga apabila tidak ada perbaikan bukan tidak mungkin badan jalan tersebut berakibat putus total, soalnya tanpa disadari sedikit demi sedikit tanah dinding badan jalan tanpa dek penahan itu kerap terjadi longsor-longsor kecil.

"Tekanan beban puluhan jenis kenderaan seperti truk bertonase puluhan ton dan lainnya melintas setiap harinya juga dikhawatirkan mempercepat amblasnya badan jalan. Sebelum kerusakan badan jalan negara tersebut semakin bertambah parah diharap pemerintah sudah dapat memperbaikinya," katanya.(ant)

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Tanaman Kopi Ditebang di Sipirok

    SIPIROK (EKSPOSnews): Petani cabai di Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, mengalihkan sebagian tanaman kopinya ke komoditas cabai seiring harga jual cabai yang mulai menjanjikan sementara lahan

  • 4 tahun lalu

    Sipirok Kembangkan Kopi Mandailing

    SIPIROK (EKSPOSnews): Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, berencana ekspansi ke usaha pengembangan tanaman kopi setelah sebelumnya sukses kelola ubi kayu varietes Adir

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99