Senin, 22 Okt 2018
  • Home
  • Nasional
  • Jadikan Rumah Ibadah Tempat Menebar Perdamaian

Jadikan Rumah Ibadah Tempat Menebar Perdamaian

Oleh: Jallus
Rabu, 18 Jul 2018 02:48
BAGIKAN:
istimewa.
Rumah ibadah.
JAKARTA (EKSPOSnews): Rumah ibadah hendaknya menebar pesan perdamaian, bukan justru menjadi alat memecah belah, kata Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Ahmad Satori Ismail, di Jakarta.

Kegiatan yang diadakan di rumah ibadah haruslah dapat menguatkan umat untuk bersatu karena merawat persatuan dan menebar perdamaian merupakan salah satu perintah dan kewajiban umat beragama.

"Khatib dilarang membahas tentang politik, apalagi isu SARA yang bisa memporak-porandakan persatuan," kata Satori, dalam siaran persnya, Selasa 17 Juli 2018.

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ini mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai pemanfaatan sarana ibadah sebagai tempat penyebaran provokasi terhadap umat untuk saling membenci dan melakukan tindakan kekerasan terhadap yang berbeda.

"Tidak sedikit masjid yang semestinya menjadi sarana pemersatu, justru diisi dengan ceramah-ceramah yang dapat memprovokasi perpecahan umat," katanya lagi.

Untuk menjaga agar rumah ibadah tidak disalahgunakan, ia sepakat ada aturan termasuk menyangkut aktivitas di dalamnya.

Namun, lanjut pengasuh Pesantren Modern Al-Hassan, Bekasi, Jawa Barat ini, aturan itu tidak perlu langsung mengatur secara detail materi yang akan disampaikan dalam aktivitas keagamaan.

"Pemerintah sebaiknya tidak berbicara masalah materi ceramahnya, tetapi berbicara masalah aturan agar tidak saling menjelekkan, menghina, menyinggung SARA, dan lain sebagainya," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    PTPN III Holding Salurkan Bantuan Rumah Ibadah

    JAMBI (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara III Holding menyalurkan bantuan sarana dan prasarana umum untuk lima rumah ibadah di Desa Markanding, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi, Jambi.Pan

  • 8 bulan lalu

    Perketat Pengawasan Rumah Ibadah

    YOKYAKARTA (EKSPOSnews): Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta aparat kemanan memperketat penjagaan seluruh tempat ibadah, tidak hanya saat memperingati hari-hari be

  • tahun lalu

    Hibah untuk Rumah Ibadah Diseleksi Ketat

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara semakin selektif memberikan dana hibah termasuk bagi rumah ibadah untuk menghindari masalah hukum seperti yang terjadi sebelumnya."Pemprov Sumut

  • 2 tahun lalu

    Warga Bekasi Utara Protes Pendirian Rumah Ibadah

    BEKASI (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota, Jawa Barat menembakan gas air mata guna meredakan kerusuhan saat demonstrasi untuk menolak pendirian tempat ibadah di Kecamatan Bekasi U

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99