Sabtu, 30 Mei 2020
  • Home
  • Nasional
  • Helikopter Dilibarkan Mencari Penumpang KM Sinar Bangun

Helikopter Dilibarkan Mencari Penumpang KM Sinar Bangun

Oleh: marsot
Selasa, 26 Jun 2018 08:51
BAGIKAN:
istimewa.
Helikopter (ilustrasi).
PARAPAT (EKSPOSnews): Proses pencarian penumpang dan kapal KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba pada hari kesembilan dilanjutkan dengan penggunaan helikopter.

Di sela-sela pencarian di Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara Riyadil Akhir Lubis mengatakan, helikopter yang dioperasikan itu milik Basarnas, PT Jafpa yang mengelola keramba di Danau Toba, dan milik Polri.

Ketiga helikopter tersebut akan diterbangkan dari Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara untuk menyisir perairan Danau Toba.

"Awalnya, helikopter itu mau disiagakan di posko utama, tapi lokasinya kurang kondusif," katanya, Selasa 26 Juni 2018.

Selain helikopter, kata Riyadil, proses pencarian juga dilakukan dengan mengerahkan kapal dan perahu untuk menyisir permukaan Danau Toba.

Selain peralatan yang dimiliki Basarnas, pencarian juga dengan memanfaatkan sembilan kapal dari Pemkab Samosir, serta perahu dari BPBD Sumatera Utara dan kabupaten/kota.

Dari proses pencarian selama delapan hari, tim gabungan telah menemukan sejumlah material yang diduga milik penumpang KM Sinar Bangun.

Ia mencontohkan temuan helm, STNK, jaket, boneka, dan sepatu.

Proses pencarian telah dilakukan sejak pukul 07.00 WIB. "Kondisi cuaca cukup bagus. Mudah-mudahan bisa memberikan hasil terbaik," katanya.

Menurut dia, ada dua objek yang sedang diteliti dengan kedalaman 490 meter berjarak sekitar 2 km arah barat daya posko utama.

"Apakah itu KM Sinar Bangun, belum diketahui," ujar Riyadil.

Sebelumnya, KM Sinar Bangun yang mengangkut seratusan penumpang dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dengan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin, sekitar pukul 17.30 WIB.

Dari proses pencarian yang dilakukan, tim gabungan telah menemukan 21 korban selamat dan tiga korban tewas.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Menambah Helikopter Pengebom Air ke Riau

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali mengirim satu helikopter pengebom air guna mengatasi meningkatnya jumlah titik api yang mengindikasikan kebakaran hutan dan

  • 12 bulan lalu

    Jumlah Penumpang di Bandara Halim Turun

    JAKARTA (EKSPOSnews): Jumlah penumpang arus mudik Lebaran 2019 di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, terus menurun hingga pada H-3 atau Minggu (2/6) dibandingkan pada hari sebelumnya.Posko mu

  • 12 bulan lalu

    Menyediakan Posko Siaga di Kawasan Danau Toba

    MEDAN (EKSPOSnews): Sedikitnya empat posko siaga Lebaran 2019 didirikan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, oleh pihak terkait yang masing-masing berada di Ajibata, Ambarita, Tigaras dan Simanindo.

  • tahun lalu

    Waspadai Penumpang Gelap

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengingatkan seluruh komponen bangsa agar mewaspadai "penumpang gelap" yang mengambil keuntungan d

  • tahun lalu

    Taruna Akmil Terbangkan Helikopter Serang

    15 Taruna Akademi Militer, saat ini tengah mengikuti pembelajaran tentang ilmu dasar penerbangan, dan menimba pengetahuan tentang tugas Satuan Penerbangan Angkatan Darat (Pusnerbad) yang berlangsung d

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99