Senin, 11 Des 2017

Gempa Hantam Aceh Singkil

Oleh: Alex
Minggu, 06 Agu 2017 09:30
BAGIKAN:
istimewa
Gempa di Aceh Singkil.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Gempa dengan kekuatan 4,6 skala Richter mengguncang wilayah Aceh dan sekitarnya yang terpusat di Kabupaten Aceh Singkil, Minggu 6 Augustus 2017 pukul 04.32 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh menyatakan gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Aceh tidak berpotensi tsunami.

Titik gempa kali ini berada pada koordinat 2.14 Lintang Utara dan 97.84 Bujur Timur, atau tepatnya 23 kilometer tenggara dari Kota Singkil.

"Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer dari dasar laut. Akan tetapi, tidak tsunami," ucap Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mata Ie Eridawati.

Meski demikian, lanjutnya, dampak gempa dirasakan cukup menguncang warga yang masih tertidur lelap, seperti di Singkil, dengan skala intensitas II-II Modified Mercalli Intensity/MMI.

Sementara itu, masyarakat di Kota Subulusalam, Aceh, merasakan II MMI, sedangkan warga di Kota Gunung Sitoli, Sumatera Utara, I MMI.

"Kami belum menerima laporan mengenai kerusakan bangunan akibat guncangan gempa ini," katanya.

Bila ditinjau dari titik kedalaman gempa yang terjadi, kata Erida, gempa bumi kali ini termasuk dalam klasifikasi dangkal akibat aktivitas sesar "batee".

Ia menjelaskan bahwa sesar batee merupakan pergeseran secara mendatar aktif, terusan dari darat ke arah laut. Pendapat BMKG ini didukung dari hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan pola strike-slip atau mendatar.

Hingga Minggu pagi atau tepatnya pukul 6.45 WIB, tidak ada aktivitas gempa susulan di Sinkil," tegas dia.

"Walau begitu, bagi warga di Aceh Singkil, kami tetap imbau untuk tenang. Tidak terpengaruh isu yang menyesatkan atau tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Gempa Meksiko Tewaskan Ratusan Orang

    MEXICO CITY (EKSPOSnews): Sedikitnya 216 orang telah tewas setelah gempa bumi kuat mengguncang Meksiko Tengah pada Selasa (19/9), dan jumlah korban jiwa diperkirakan akan bertambah karena kuatnya gunc

  • 4 bulan lalu

    Isu Gempa Dahsyat Akan Hantam Medan sekitarnya Berita Bohong

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa informasi meresahkan masyarakat yang beredar di media sosial yang menyebut akan terjadi gempabumi berkekuatan

  • 5 bulan lalu

    Puluhan Rumah di Tapanuli Selatan Rusak Dihantam Gempa

    MEDAN (EKSPOSnews): Sebanyak 60 rumah di Kota Padang Sidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 5,5 skala Richter pada Jumat pagi.Da

  • 6 bulan lalu

    Satgas Tinombala Bantu Korban Gempa Poso

    POSO (EKSPOSnews): Lebih 1.000 orang personel TNI dan Polri yang sedang bertugas dalam Operasi Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah, dikerahkan untuk membantu para korban gempa bumi di dataran Napu, Kec

  • 6 bulan lalu

    Gempa Poso Rusak 87 Rumah dan 3 Gereja

    PALU (EKSPOSnews): Sebanyak 87 rumah penduduk di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, rusak ringan dan berat akibat gempa bumi berkekuatan 6,6 pada skala Richter yang mengguncang daerah itu pada 29 Senin

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99