Jumat, 22 Sep 2017
  • Home
  • Nasional
  • Dandim dan Kapolres Gresik Sisir Sungai Kalimas Tempat Perahu Terbalik

Dandim dan Kapolres Gresik Sisir Sungai Kalimas Tempat Perahu Terbalik

Oleh: Alex
Jumat, 14 Apr 2017 21:57
BAGIKAN:
istimewa
Menyisir lokasi perahu terbalik di Sungai Kalimas.
GRESIK (EKSPOSnews): Dandim 0817/Gresik Letkol Kav. Widodo Pujianto dan Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito  Jumat 14 April 2017 pukul 07.30 WIB telah laksanakan patroli penyisiran Sungai Kalimas untuk mengetahui situasi dan kondisi Sungai pasca terjadinya kecelakaan perahu terbalik di Sungai Kalimas  pada Kamis 13 April 2017 yang bertempat diperbatasan Desa Sumberame, Kecamatan Wringinanom-Gresik dengan Desa Bogem Pinggir Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo.

Untuk diketahui terjadinya kecelakaan perahu penyeberangan miring terbalik tersebut akibat arus sungai yang mengalir deras sehingga mengakibatkan penumpang jatuh ke sungai dan diduga akibat kelebihan muatan.

Adapun identifikasi korban selamat sebanyak enam orang diantaranya Riyanto umur 45 Tahun dari Dusun Gagang Sidoarjo,  Yudistira Ardi, umur 34 Tahun dari Dusun Balongbendo Sidoarjo, Sucinina umur 33 Tahun dari Dusun Balongbendo Sidoarjo, Didin umur 23 Tahun dari Desa Bogem Balongbendo Sidoarjo sebagai (Operator Perahu), Supriadi umur 50 Tahun dari Dusun Sumberame, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik. (Operator perahu) dan Joko umur 45 Tahun, Dusun. Juwet RT. 5 RW. 4 Desa/Kec. Wringinanom.

Sedangkan identifikasi korban meninggal dunia (MD) dua orang yakni  Ujang Gadilah umur 50 Tahun dari Dusun Sumberame (masyarakat yang berusaha menolong) dan  Mis’ah, karyawan PT. Pradita. (Penumpang perahu).

Kejadian terjadi dengan kronologi dilatar belakangi dengan berawal pada hari kamis pukul 07.05 WIB perahu penyeberangan berangkat dari Dusun Bogem Pinggir Sidoarjomenuju, Dusun Sumberame Gresik dengan membawa 10 penumpang yang terdiri dari dua tenaga operator perahu dan tujuh SPM.

Kemudian kmais pukul 07.10 WIB perahu penyebrangan sungai Kalimas dikarenakan kelebihan muatan sehingga mengalami kemiringan dan penumpang teriak-teriak minta tolong dan karena tidak ada pengaman di perahu tersebut maka seluruh penumpang perahu jatuh ke sungai.

Akhirnya dengan kejadian tersebut masyarakat yang melihat kemudian berusaha menolong salah satunya adalah  Ujang Fadilah langsung melompat ke sungai untuk memberikan pertolongan, namun yang bersangkutan malah ikut tenggelam dan meninggal dunia, sedangkan yang lain dibantu Supriyadi (operator) dibawa ke pinggir sungai sehingga dapat terselamatkan empat orang penumpang dalam keadaan selamat dan seorang penumpang meninggal dunia serta dua orang operator semuanya selamat.

Danramil 0817/02 Wringinanom beserta anggotanya pun datang ke TKP untuk membantu evakuasi korban tersebut.

Tepat pukul 08.30 WIB Tim SAR dari BNPB Kabupaten Gresik datang ke TKP dengan membawa perahu karet untuk melakukan penyisiran di sungai Kalimas dan pukul 10.30 WIB  Saifullah Yusuf (Wagub Jatim) meninjau lokasi kejadian serta Pukul 10.45 WIB 1 Regu  Taifib Yon Marinir Surabaya dan 1 Regu SAR Tagana Surabaya datang ke lokasi untuk membantu pencarian.

Untuk Korban selamat sebanyak enam orang telah mendapatkan perawatan di Puskesmas Wringinanom dan dua orang yang meninggal dunia langsung diantar ke kediamannya masing-masing untuk dimakamkan.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak