Sabtu, 16 Des 2017
  • Home
  • Nasional
  • Dana Siap Pakai Diserhakan kepada Pengungsi Sinabung

Dana Siap Pakai Diserhakan kepada Pengungsi Sinabung

Oleh: Beng San
Sabtu, 05 Agu 2017 05:38
BAGIKAN:
istimewa
Uang.
KABANJAHE (EKSPOSnews): Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyerahkan Dana Siap Pakai sebesar Rp2,6 miliar untuk penanganan bagi warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung.

Dana itu diserahkan Ketua Komite 2 DPD RI Parlindungan Purba kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Martin Sitepu di kantor Bupati Karo di Kabanjahe, Jumat 4 Augustus 2017.

Menurut Parlindungan Purba, Dana Siap Pakai (DSP) tersebut merupakan bantuan yang telah disiapkan Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) untuk membantu pengungsi erupsi Gunung Sinabung.

Anggaran sebesar Rp2,6 miliar tersebut merupakan penyelesaian atas pembiayaan dalam penanganan pengungsi yang sempat tertunda karena adanya aturan administrasi yang harus dipenuni.

Dengan pencairan dana tersebut, pihaknya berharap penanganan terhadap pengungsi erupsi Gunung Sinabung semakin lancar karena anggarannya telah diberikan.

Kepala BPBD Karo Martin Sitepu menjelaskan, anggaran DSP tersebut sangat dibutuhkan untuk membiayai berbagai kegiatan penanganan yang telah dijalankan.

Dana sebesar Rp2,6 miliar tersebut untuk membayar kegiatan dan penanganan pengungsi pada periode Ferbuari hingga Mei 2017.

Pihaknya merasa perlu menjelaskan hal itu agar tidak menimbulkan prasangka, termasuk dari para pengungsi setelah mengetahui pencairan dana dari BNPB.

"Dana ini ibaratnya membayar utang," ujar Martin.

Pihaknya mengharapkan DPD RI dapat mendorong pemerintah pusat untuk mencairkan sisa dana penanganan untuk bula Juni dan Juli.

Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD Sumut Gelora Viva Sinulingga juga mengharapkan BNPB segera merealisasikan anggaran penanganan tersebut agar kebutuhan logistik dan biaya pendukung lainnya dalam penanganan pengungsi Sinabung dapat dipenuhi.

Dengan demikian, kinerja dalam penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung tidak terkendala sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pihaknya juga mendorong BPBD Karo untuk menggunakann dana tersebut dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan pengungsi.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Keluarga Besar Pelindo 1 Bantu Pengungsi Sinabung

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyalurkan bantuan kepada pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di lokasi pengungsian yang terletak di Kecamatan Kabanjahe, Kab

  • 2 bulan lalu

    Pelindo 1 Bantu Pengungsi Sinabung

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memberikan bantuan kepada pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di lokasi pengungsian Gedung Serbaguna KNPI Kabanjahe, Kabupaten

  • 3 bulan lalu

    Truk Pengangkut Anak Sekolah Pengungsi Sinabung Terbalik, Seorang Tewas

    MEDAN (EKSPOSnews): Truk yang sehari-hari membawa anak-anak pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo yang akan bersekolah, Senin, terbalik.Asisten 1 Pemkab Karo Suang Karokaro yang dihubungi

  • 3 bulan lalu

    Relokasi Pengungsi Sinabung Berbau Korupsi

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara saat ini sedang mengusut dugaan penyimpangan dana rehabilitasi dan rekonstruksi untuk korban erupsi Sinabung di Kabupaten Karo, melalui program Relo

  • 3 bulan lalu

    Pangdam Kunjungi PEmukiman Relokasi Pengungsi Sinabung

    MEDAN (EKSPOSnews): Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri mengunjungi pemukiman relokasi pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung di Desa Siosar Kecamatan Merek Kabupaten Karo Provinsi Sumat

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99