Jumat, 17 Agu 2018
  • Home
  • Nasional
  • Cacing Pita Ditemukan pada Sarden Merk Mackerel

Cacing Pita Ditemukan pada Sarden Merk Mackerel

Oleh: marsot
Sabtu, 17 Mar 2018 08:24
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan sarden.
BENGKALIS (EKSPOSnews): Warga Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menemukan cacing pita dalam kemasan ikan sarden merk Mackerel.

Ini adalah penemuan kedua setelah warga Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti juga digemparkan dengan penemuan cacing pita pada produk yang sama.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang warga Desa Pakning Asal, Yudi. Dia mengaku baru saja membeli ikan sarden merk Mackerel di salah satu toko di Sungai Pakning, dan saat dibuka hendak dimasak ditemukan cacing pita yang menggumpal dan memenuhi daging ikan dalam kemasan tersebut. "Baru tadi pagi saya beli ikan sarden mackerel, ketika hendak dimasak dan dibuka terlihat cacing pita di dalam kaleng serta dalam perut daging ikan sarden itu, langsung saja kami buang," kata Yudi yang juga salah seorang Pegawai UPTD Damkar Siak Kecil ini, Jumat.

Dia mengatakan, sudah melapor ke toko tempatnya membeli, dan meminta pemilik toko tidak menjualnya lagi untuk konsumsi masyarakat.

"Dapat saya simpulkan seluruh produk ikan sarden Mackerel ini mengandung cacing pita, karena di Selatpanjang juga begitu, padahal tanggal Expirednya masih lama yaitu tahun 2020, tapi sudah ada cacing yang berbahaya." ujar Yudi, Jumat 16 Maret 2018.

Menanggapi hal itu, Camat Bukit Batu Reza Noverindra langsung mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli produk ikan sarden mackerel sementara waktu, dan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Disperindag dan BPOM untuk memastikannya.

"Kita mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati membeli dan mengkonsumsi produk makanan, apalagi ikan Sarden ini, untuk sementara jangan beli merk Mackerel karena warga kita sudah menemukan cacing pita di dalamnya, di Selatpanjang juga demikian. Oleh karena itu kita secepatnya akan berkoordinasi dengan Disperindag Bengkalis guna mengambil langkah-langkah selanjutnya," tegas Reza.

Camat Bukit Batu ini juga meminta kepada penjual baik di toko-toko, swalayan dan kedai-kedai kecil untuk sementara waktu tidak menjual produk ikan sarden merk Mackerel demi menjaga kesehatan masyarakat ramai.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Jangan Beli Ikan Sarden, Cacing Berbahaya!

    JAMBI (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi melalui Dinas Kesehatan mengeluarkan peringatan publik (public warning) kepada warga di daerah itu terkait 27 produk makanan kemasan

  • 5 bulan lalu

    Ikan Sarden Bercacing Ditarik Distributor

    JAMBI (EKSPOSnews): Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi telah menerima laporan dari agen atau distributor yang menarik 62.191 kaleng sarden ikan 'mackerel' dalam saus tom

  • 5 bulan lalu

    Ikan Sarden Mengandung Cacing Ditemukan di Siak

    SIAK (EKSPOSnews): Dinas perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak, Riau juga menemukan cacing dalam kemasan ikan sarden makarel merek "Farmerjack" saat melakukan peninjauan ke lapangan."Setelah be

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99