Kamis, 27 Jun 2019

Aceh Termiskin Kedua di Sumatera

Rabu, 20 Jul 2016 03:06
BAGIKAN:
istimewa
Pendampingan petani miskin.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Anggota Komisi VI DPR Fadhlullah mengaku prihatin Aceh menempati urutan kedua termiskin di sumatera, padahal alokasi anggaran setiap tahunnya cukup besar.

"Aceh punya alokasi anggaran yang besar setiap tahunnya yang seharusnya bisa dioptimalkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat provinsi ini," kata Politisi Partai Gerindra itu dihubungi di Banda Aceh, Selasa 19 Juli 2016.

Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh merilis bahwa persentase kemiskinan di Provinsi Aceh berada di urutan kedua di sumatera setelah Bengkulu.

Ia menjelaskan dengan sumber anggaran yang berasal dari APBN, APBA dan APBK seharusnya dapat dimanfaatkan seutuhnya untuk program-program yang berpihak kepada pembangunan ekonomi dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Aceh selain memiliki anggaran yang besar juga punya banyak potensi ekonomi yang belum tergarap maksimal. Ini juga peluang yang harus dimanfaatkan dengan mengalokasikan anggaran yang cukup untuk sektor ekonomi," katanya.

Anggota DPR asal Aceh yang kerap di sapa Dek Fad itu meminta Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota serta instansi terkait untuk bekerja optimal guna menurunkan angka kemiskinan yang terjadi di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa.

"Semua program yang dicanangkan benar-benar berpihak kepada masyarakat dan dalam pelaksanaannya harus dikawal dengan baik sehingga program untuk peningkatan ekonomi masyarakat di setiap kawasan tepat sasaran," katanya.

BPS Provinsi Aceh menyebutkan persentase penduduk miskin di Aceh sebesar 16,73 persen pada Maret 2016 sedangkan di Provinsi Bengkulu pada periode yang sama 17,85 persen.

Ia juga meyakini dengan mengoptimalkan potensi ekonomi yang ada terutama sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwisata melalui berbagai program yang dicanangkan pemerintah daerah dan juga hadirnya investasi akan mampu mendongkrak pendapatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di masa mendatang.(ant)

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Mie Aceh Menuju Kuliner Dunia

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bertekad menjadikan Mi Aceh sebagai kuliner kelas dunia karena cita rasanya sudah begitu terkenal, terutama di nusantara."Di nusantara, Mi

  • 2 minggu lalu

    Angkatan Kerja di Aceh Meningkat

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Aceh menyatakan, jumlah angkatan kerja pada Februari 2019 seluruhnya 249 ribu orang, angka tersebut meningkat 105 ribu orang d

  • 2 minggu lalu

    Polresta Banda Aceh Tangkap Tersangka Pemilik 61 Kilogram Ganja

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polresta Banda Aceh dibantu personel Direktorat Polda Aceh menangkap seorang tersangka kepemilikan 50 bal dengan berat kotor 61 kilogram (kg)

  • 3 minggu lalu

    Warga Miskin di Aceh Barat Sudah Dapat Bantuan

    MEULABOH (EKSPOSnews): Sebanyak 11.723 warga miskin yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat hingga kini sudah menerima dana zakat, infak dan sedekah sebesar Rp8.211.500.000 yang dihimpun

  • 4 minggu lalu

    Polda Sumatera Utara Tangguhkan Penahanan 2 Tersangka Makar

    MEDAN (EKSPOSnews): Polda Sumatera Utara mengabulkan permohonan penangguhan penahanan Wakil Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) RFL dan Sekretaris GNPF, ZLK atas dugaan kasus tindak pidana ma

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99