Selasa, 19 Jun 2018

Abu Sinabung Sampai ke Lhokseumawe

Oleh: Jallus
Selasa, 20 Feb 2018 06:24
BAGIKAN:
istimewa.
Gunung Sinabung.
LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Abu vulkanis dari aktivitas Gunung Sinabung, Kabupaten Tanah karo, Provinsi Sumatera Utara terbang hingga mencapai Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Abu vulkanis tersebut mulai terasa turun di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya, Senin (19/2) malam, pukul 19.00 WIB, ditandai dengan debu menempel pada benda-benda yang berada di luar rumah, seperti kendaraan dan lain sebagainya.

Ridha (24) salah seorang warga setempat mengatakan, dirinya mengetahui turun abu vulkanis akibat erupsi Gunung Sinabung tersebut, sekitar pukul 19.00 WIB, saat melihat kendaraannya berdebu dan terlihat kasar.

"Saat diperhatikan, ternyata abunya berbeda dengan debu lain pada umumnya. Saat diraba terasa lebih kasar daripada debu lain pada umumnya. Lalu mencoba melihat dengan senter, ternyata debunya jatuh dari langit," ujar warga itu.

Salah seoarang warga Lhokseumawe lainnya, Zul Ajo menambahkan bahwa dirinya tidak tahu sama sekali abu Vulkanik hasil erupsi Gunung Sinabung sampai ke Lhokseumawe.

Dirinya mengaku tahu, saat orang ramai membicarakan bahwa abu Gunung Sinabung mulai berembus di Lhokseumawe.

"Saat membawa sepeda motor tadi, mata saya terasa sakit karena masuk debu dan saya rasa debu yang bertiup di jalan berbeda dengan debu jalan pada umumnya. Pada saat orang ramai membicarakan bahwa debu tersebut hasil letusan Gunung Sinabung, baru saya paham," ujar Zul Ajo.

Informasi dari Badan, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh menyebutkan bahwa letusan Gunung Sinabung sudah sampai ke Aceh, bahkan sudah memasuki Aceh Utara.

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan letusan Gunung Sinabung kali ini tergolong kuat, ujar Zakaria dari BMKG Aceh.

Menurutnya, abu vulkanis sampai ke Aceh Utara, Lhokseumawe dan sekitarnya dimungkinkan karena arah angin pada ketinggian 5.000 meter, dari tenggara dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan memakai masker bila berada di luar rumah, untuk menghindari masuk debu ke hidung dan mata.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Ketua KIP Lhokseumawe Ditangkap karena Sabu

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Personel Satuan Reserse Narkoba Polres Lhokseumawe, Polda Aceh, menangkap lelaki berinisial SR, yang diketahui menjabat Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Kota Lhokse

  • 7 bulan lalu

    Petani Ikan Keramba Budidaya Inginkan Persaingan Harga

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Petani keramba (jaring apung) di Kota Lhokseumawe menginginkan adanya persaingan harga terhadap beberapa jenis ikan bernilai ekspor, mengingat produktivitas yang mereka budid

  • 11 bulan lalu

    Abu Sinabung Musnahkan Tembakau di Karo

    KABANJAHE (EKSPOSnews): Tanaman tembaku yang dikembangkan warga Kabupaten Karo musnah akibat abu vulkanik yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung baru-baru ini.Kepala Badan Penanggukangan Bencana Daer

  • tahun lalu

    Ikan Tongkol Melimpah di Lhokseumawe

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Hasil tangkapan ikan tongkol oleh nelayan tradisional di Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, dalam sepekan terakhir melimpah.Panglima Laot yaitu ketua l

  • tahun lalu

    Pertamina Berbagi Pengetahuan di Lhokseumawe

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Pekerja Pertamina yang tergabung dalam Program Pertamina Energi Negeri berbagi pengetahuan tentang perminyakan dan juga energi dengan murid Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2, Muar

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99