Selasa, 20 Agu 2019

APP Sinar Mas Bantu Kebakaran Hutan

Oleh: Jallus
Sabtu, 21 Jul 2018 05:58
BAGIKAN:
istimewa.
Kebakaran.
JAKARTA (EKSPOSnews): Perusahaan produksi kertas, APP Sinar Mas mengerahkan bantuan intensif untuk membantu untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di daerah Pedamaran Timur Kabupaten OKI, Sumatra Selatan, untuk mendukung Asian Games 2018.

"APP Sinar Mas siap memberikan dukungan terbaiknya untuk menyukseskan Asian Games 2018 bebas api dan asap," kata General Manager Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat 20 Juli 2018.

Menurut Sujica Lusaka, hal itu merupakan bagian dari upaya APP Sinar Mas untuk mendukung tercapainya target Presiden Joko Widodo, yaitu "no fire and haze" menjelang dan selama Asian Games 2018.

Ia menegaskan bahwa komitmen pihaknya tidak berhenti pada mengamankan area konsesi mitra dari bencana karhutla, tetapi mencakup pula kesiapan untuk membantu mengatasi karhutla di luar wilayah konsesi yang dimiliki APP Sinar Mas.

Ia juga mengemukakan pada 18 Juli 2018 telah mengerahkan bantuan helikopter Super Puma kapasitas 4.000 liter air untuk melakukan water bombing dalam membantu memadamkan api di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang berjarak sekitar 30-40 kilometer dari wilayah konsesi APP Sinar Mas.

"Hal ini demi membantu mencegah agar kebakaran tidak meluas dan merugikan warga sekitar serta menggangu persiapan Asian Games 2018," lanjutnya.

Menurut dia, APP Sinar Mas telah mengalokasikan anggaran tambahan senilai Rp50 miliar di luar anggaran tahunan, yang dikhususkan untuk mencegah dan penanggulangan karhutla menjelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei-Oktober 2018.

Sedangkan secara total, lanjutnya, APP Sinar Mas telah menginvestasikan lebih dari Rp170 miliar untuk Sumatera Selatan pada tahun ini.

Investasi pencegahan karhutla dari APP Sinar Mas di Sumatera Selatan dialokasikan antara lain untuk edukasi kepada masyarakat sekitar wilayah konsesi terhadap pemahaman kebakaran hutan dan lahan, pembangunan 13 menara api baru, dan pembangunan 25 pos pantau baru.

Kemudian, untuk enyiagakan personel regu pemadam kebakaran selama 24 jam, serta penambahan personel RPK sebanyak 460 orang (selain 2.700 personel RPK APP Sinar Mas yang sudah ada), empat helikopter, dan 42 orang pasukan khusus pemadam kebakaran Selanjutnya, juga untuk pembelian berbagai peralatan pemadam kebakaran, mobil tangki, air boat, dan motor.

Terdapat dua strategi utama yang telah disiapkan oleh APP Sinar Mas untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, yaitu pencegahan dan mitigasi.

Kedua strategi ini dilakukan dengan meningkatkan akurasi pemetaan wilayah yang dianggap rawan ancaman karhutla di Sumatera Selatan, yaitu Ogan Komering Iir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin. Operasi deteksi api telah tingkatkan hingga dua kali lipat agar lebih efektif untuk mengurangi risiko penyebaran kebakaran.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata menyampaikan, APP Sinar Mas akan terus berperan aktif untuk membantu pencegahan serta penanggulangan karhutla baik di wilayah konsensi maupun di luar konsensi APP Sinar Mas. H "APP Sinar Mas sebagai perusahaan yang berkomitmen dalam memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa turut membantu untuk mengatasi pengendalian karhutla jelang Asian Games 2018. Kami akan terus mengerahkan bantuan agar situasi kebakaran dapat tertangani dengan baik," ucapnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Kebakaran Hutan di Aceh Meluas

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebut kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi paling barat Indonesia ini mencapai 60 hektare (ha) dalam sepekan terakhir."

  • 11 bulan lalu

    KLHK Menangkan Gugatan Kebakaran Hutan

    HONG KONG (EKSPOSnews): Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memenangi gugatan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan membuat tiga perusahaan harus mengganti rugi dan melakukan pe

  • 12 bulan lalu

    Kebakaran Hutan di Sumatera Makin Parah

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kebakaran hutan dan lahan di Pulau Sumatera selama beberapa hari terakhir menjelang pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang makin parah sehingga membutuhkan penanga

  • tahun lalu

    8 Kasus Kebakaran Hutan di Riau Masih Mengendap

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Delapan dari 10 kasus kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau dengan tersangka korporasi, yang ditangani Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada kurun 2013-2014 hing

  • 2 tahun lalu

    Polda Riau Selidiki 13 Perkara Kebakaran Hutan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Satuan tugas penegakan hukum kebakaran hutan dan lahan atau Satgas Karhutla, yakni Kepolisian Daerah Riau, menyatakan sedang menyelidiki 13 perkara Karhutla yang terjadi pada a

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99