Selasa, 16 Jul 2019

6 Rumah Terbakar di Gayo Lues

Oleh: Jallus
Minggu, 30 Jun 2019 05:54
BAGIKAN:
istimewa.
Kebakaran.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan enam unit rumah warga hangus terbakar di Dusun Mude Baru, Desa Kota Lintang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Jumat (28/6) sekitar pukul 21.00 WIB.

"Kebakaran terjadi secara tiba-tiba, dan api diduga kuat berasal dari salah satu rumah warga di Dusun Mude Baru," ujar Kepala Pelaksana BPBA, Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Sabtu 28 Juni 2019.

Ia menerangkan, satu unit rumah terbakar ini memiliki posisi tepat berada di tengah-tengah pemukiman penduduk, sehingga api cepat dan meluas akibat angin kencang terjadi di wilayah dataran tinggi di provinsi paling barat Indonesia tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gayo Lues melaporkan, ada enam unit rumah milik penduduk atas nama Am Rosna, Mardan, Mayang, Aman Pian, Siah Inen Akbar, dan Aman Siti yang ludes terbakar.

Api baru bisa dipadamkan sekitar dua jam kemudian atau sekitar pukul 23.15 WIB, setelah BPBD setempat menerjunkan lima unit armada mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

"Total enam kepala keluarga dengan 29 jiwa, dan penghuni rumah. BPBD Gayo Lues telah membangun tenda darurat untuk mereka yang mengungsi," kata dia.

"Sedangkan penyebab kebakaran ini, masih dalam penyelidikan aparat kepolisian setempat," kata Ahmad.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh telah memperkirakan, angin kencang bakal terus melanda hampir seluruh wilayah di provinsi ini hingga beberapa hari ke depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh, Zakaria Ahmad, mengatakan, rata-rata kecepatan angin berkisar antara 20 hingga 50 kilometer per jam baik siang maupun malam hari.

"Kecepatan angin ini bisa meningkat hingga dua kali lipat, dan bahkan lebih akibat cuaca buruk yang timbul dari awan Cumulonimbus," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Sumur Minyak PT Pertamina EP Terbakar

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut, Avicenia Darwis menyatakan, kebakaran sumur minyak di Gampong (desa) Seuneubok Dalam, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur pad

  • 2 minggu lalu

    Perkebunan Sawit di Nagan Raya Terbakar

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Dua belas hektare  kebun kelapa sawit di Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Selasa , terbakar termasuk empat hektare milik PT Fajar Bayzuri."Ada 12 hektare

  • 2 minggu lalu

    Merehabilitasi Rumah Tak Layak Huni di Pesisir Selatan

    PAINAN (EKSPOSnews): Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejak tiga tahun terakhir telah mengentaskan 3.095 unit rumah tidak layak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjadi laya

  • 3 minggu lalu

    Polisi Tangkap Bos Pabrik Mancis yang Terbakar

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemilik pabrik perakitan mancis yang terbakar di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat berinisial IDR akhirnya diringkus aparat Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Res

  • satu bulan lalu

    Puluhan Nelayan Kurang Mampu Dapat Rumah dari Pemerintah

    PAINAN (EKSPOSnews): Sebanyak 70 nelayan di Nagari (Desa) Koto Nan Tigo IV Koto Hilie, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menerima bantuan rumah layak dari pemerintah pusat."Biaya pembangunan p

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99