Sabtu, 22 Sep 2018
  • Home
  • Nasional
  • 37 Penumpang KM Sinar Bangun Sudah Diselamatkan

37 Penumpang KM Sinar Bangun Sudah Diselamatkan

Oleh: T. Simanullang
Selasa, 19 Jun 2018 05:07
BAGIKAN:
istimewa.
Evakuasi korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba ke rumah sakit.
MEDAN (EKSPOSnews): Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan sekitar 37 korban tenggelam KM Sinar Bangun telah dievakuasi sejumlah kapal perahu di sekitar lokasi terdekat perairan Danau Toba Sumatera Utara.

Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui situs resmi "www.bnpb.go.id" di Jakarta, menyebutkan kondisi korban yang dievakuasi belum diketahui."Korban sementara sudah berhasil dievakuasi," kata Sutopo.

Situs resmi BNPB itu mengungkapkan KM Sinar Bangun hendak menyeberang dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tigaras Parapat, Kabupaten Simalungun pada Senin 18 Juni 2018.

Menhub Budi Karya berencana, Selasa 19 Juni 2018, berangkat ke Danau Toba untuk melihat langsung lokasi kejadian, serta mengambil langkah pencegahan agar peristiwa seperti itu tidak terulang lagi.

"Sering kali dalam berbagai kesempatan saya sampaikan, jangan membawa penumpang melebihi kapasitas," kata dia.

Kapal Kayu KM Sinar Bangun yang mengangkut sekitar 100-an penumpang, diperkirakan tenggelam sekitar satu mil dari dermaga Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (18/6 sore) sekitar pukul 17.30.

Kasubbid Penmas Polda Sumatera Utara AKBP MP Nainggolan, di Medan, mengatakan, kapal tersebut berangkat dari Dermaga Simanindo menuju Pelabuahan Tigaras.

Kapal penumpang itu dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sebelum tiba di Dermaga Tigaras, tiba-tiba KM Sinar Bangun mengalami oleng akibat pengaruh cuaca buruk angin kencang dan ombak cukup besar.

"Kapal penumpang tersebut, akhirnya tenggelam. Penumpang pun mengalami kepanikan dan banyak yang melompat ke perairan Danau Toba," ujar AKBP MP Nainggolan.

Sementara itu, sebanyak 16 penumpang KM Sinar Bangun yang dilaporkan selamat, masih dirawat di Rumah Sakit Umum Pangururan Samosir, Sumatera Utara.

Selain itu, tiga penumpang lainnya yang dalam keadaan selamat dititipkan ke Rumah Sakit Adrianus Sinaga Pangururan.

Kemudian, 10 penumpang lainnya yang berhasil ditolong tim penyelamat, kemudian dibawa ke Puskesmas Simanindo.

Tim Basarnas bersama aparat Polres Simalangun, personel Unit Markas Danau Toba, dan petugas BPBD Samosir, dijadwalkan Selasa 19 Juni 2018 melanjutkan pencariaa terhadap penumpang yang belum ditemukan.

Berdasarkan laporan personel Polres Simalungun, masih banyak penumpang kapal kayu itu, yang hilang dan belum ditemukan.

Tim Basarnas, Marinir, Polri, BPBD Samosir, dan regu penyelam akan terus mencari penumpang yang hilang.

KM Sinar Bangun yang mengangkut sekitar 100 an penumpang itu dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin, (18/6) sekitar pukul 17.30 WIB.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Ada Penumpang KM Sinar Bangun Selamat Tak Melapor?

    PARAPAT (EKSPOSnews): Tim gabungan Basarnas menduga ada penumpang KM Sinar Bangun yang selamat namun tidak melapor ke posko terpadu.Di sela-sela proses pencarian dari Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Sima

  • 3 bulan lalu

    Jumlah Penumpang KM Sinar Bangun Akan Dapat Diketahui

    PARAPAT (EKSPOSnews): Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, dari diskusi yang dilakukan, ada sejumlah langkah yang akan ditempuh untuk mengetahui jumlah penumpang kapal KM Sinar Bangun

  • 3 bulan lalu

    Tim SAR Temukan Korban Tenggelam dalam Kondisi Selamat

    PALU (EKSPOSnews): Tim SAR berhasil menemukan lima korban kapal tenggelam di perairan Banggai, Sulawesi Tengah dalam kondisi selamat.Kepala Basarnas Palu, Basarno di Palu, Rabu dinihari mengatakan, du

  • 7 bulan lalu

    Presiden Ucapkan Selamat Imlek

    JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2569 kepada masyarakat yang merayakan sekaligus harapan akan kemakmuran di tahun ini.Ucapan tersebut disampaikan

  • tahun lalu

    Koalisi Selamatkan KPK Perbaiki Permohonan Uji Materi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Busyro Muqoddas bersama tiga badan hukum yang tergabung dalam Koalisi Selamatkan KPK dari Angket DPR, memperbaiki permohonan uji materi UU MD3 di Mahkamah Konstitusi (MK), yang m

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99