Jumat, 22 Mar 2019
  • Home
  • Nasional
  • 17 Sekolah di Singkil Diliburkan karena Banjir

17 Sekolah di Singkil Diliburkan karena Banjir

Oleh: Jallus
Selasa, 16 Okt 2018 04:39
BAGIKAN:
istimewa.
Banjir.
ACEH SINGKIL (EKSPOSnews): Sebanyak 17 lembaga sekolah di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh terpaksa diliburkan akibat banjir masih merendam ruangan kelas serta halaman sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Aceh Singkil, Yusfithelmi, di Singkil, mengatakan, sekolah yang diliburkan itu meliputi 12 sekolah dasar (SD) dan tiga sekolah menengah pertama (SMP).

"Hampir semua sekolah yang diliburkan adalah di Kecamatan Singkil, dan mayoritas pelajarnya yang tinggal di bantaran sungai seperti Desa Ujung Bawang yang akses ruas jalan menuju sekolahnya masih tergenang banjir," katanya melalui Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Murmo.

Banjir akibat luapan sungai melanda Aceh Singkil sudah berlangsung sepekan terakhir, belasan sekolah terhenti proses belajar akibat dampak banjir di daerah paling ujung barat selatan Aceh itu.

Adapun 12 SD tersebut, di antaranya SDN Kilangan, SDN Suka makmur, SadN 2 Singkil, SDN Kayu menang, ranto Gedang, SDN Takal pasir, SDN Teluk ambun, SDN Teluk Rumbia, SDN Siti Ambia, SDN Pemuka, SDN Muara Pea dan SDN Ujung Bawang.

Sementara tiga SMP yang terpaksa diliburkan yaitu, SMPN 2 Singkil dan SMPN Satu Atap Ranto Gedang serta SMA Negeri 1 Singkil.

Pihak Dinas Pendidikan Aceh Singkil meminta kepada para orang tua pelajar untuk bersabar karena kondisi sekolah yang terdampak banjir yang memaksa proses belajar mengajar diliburkan.

"Insya Allah beberapa hari kedepan akan normal kembali seperti biasa, banjir ini bencana alam dan kita tidak bisa berbuat banyak. Mudah - mudahan saja banjir di sekolah dan akses jalan ke sekolah segera surut," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Kasi Pendis Kemenag Aceh Singkil, Halimsyah.

Berdasarkan monitoring pihaknya untuk tingkat madrasah yang terpaksa diliburkan yakni MTsN Singkil dan MIN Singkil.

"Karena halaman dan ruangan sekolah dipenuhi genangan banjir. Maka dua sekolah itu terpaksa diliburkan," katanya.

Bahkan, banjir yang mengalirkan air rawa berwarna coklat tersebut ada lintah, sehingga demi kenyamanan dan keselamatan anak - anak ditunda sementara beberapa hari ke depan sampai airnya surut.

Hujan deras beberapa hari lalu menyebabkan banjir di Aceh Singkil sehingga merendam delapan kecamatan dengan jumlah warga terdampak mencapai 24.321 jiwa dalam 34 desa, bahkan juga terjadi longsor hingga menimbun badan jalan sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Banjir Hantam Sentani, 14 Meninggal

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Sebanyak 14 orang meninggal dan 18 orang mengalami luka-luka akibat banjir yang melanda Kabupaten, Jayapura, Sabtu malam (16/3).Kepala SAR Jayapura Putu Arga mengatakan jenazah

  • 2 minggu lalu

    Banjir di Ruas Tol Ngawi-Kertosono Mulai Surut

    SURABAYA (EKSPOSnews): General Manager Operasi dan Pemeliharaan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Charles Lendra mengatakan banjir, yang menggenangi Jalan Tol Ngawi-Kertosono di Km 603 sampai

  • 2 minggu lalu

    Sertu Juhartono Berhasil Selamatkan Bayi Korban Banjir

    MADIUN (EKSPOSnews): Seorang pria yang diduga anggota TNI, telah menyelamatkan seorang bayi yang menjadi korban banjir di Dusun Temboro, Desa Buduran, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur,

  • 2 bulan lalu

    Banjir Hantam Solok Selatan

    PADANG ARO (EKSPOSnews): Sejumlah rumah warga di tiga kecamatan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dilanda banjir dengan kedalaman hingga satu meter karena luapan beberapa sungai akibat hujan der

  • 3 bulan lalu

    2 Korban Banjir di Dairi Ditemukan

    MEDAN (EKSPOSnews): Tim gabungan Basarnas, TNI/Polri, BPBD dan masyarakat menemukan dua orang dari jumlah sembilan korban banjir bandang di Desa Longkotan dan Desa Sibongkaras, Kecamatan Silima Pungga

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99