Rabu, 21 Nov 2018
  • Home
  • Nasional
  • 17 Sekolah di Singkil Diliburkan karena Banjir

17 Sekolah di Singkil Diliburkan karena Banjir

Oleh: Jallus
Selasa, 16 Okt 2018 04:39
BAGIKAN:
istimewa.
Banjir.
ACEH SINGKIL (EKSPOSnews): Sebanyak 17 lembaga sekolah di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh terpaksa diliburkan akibat banjir masih merendam ruangan kelas serta halaman sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Aceh Singkil, Yusfithelmi, di Singkil, mengatakan, sekolah yang diliburkan itu meliputi 12 sekolah dasar (SD) dan tiga sekolah menengah pertama (SMP).

"Hampir semua sekolah yang diliburkan adalah di Kecamatan Singkil, dan mayoritas pelajarnya yang tinggal di bantaran sungai seperti Desa Ujung Bawang yang akses ruas jalan menuju sekolahnya masih tergenang banjir," katanya melalui Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Murmo.

Banjir akibat luapan sungai melanda Aceh Singkil sudah berlangsung sepekan terakhir, belasan sekolah terhenti proses belajar akibat dampak banjir di daerah paling ujung barat selatan Aceh itu.

Adapun 12 SD tersebut, di antaranya SDN Kilangan, SDN Suka makmur, SadN 2 Singkil, SDN Kayu menang, ranto Gedang, SDN Takal pasir, SDN Teluk ambun, SDN Teluk Rumbia, SDN Siti Ambia, SDN Pemuka, SDN Muara Pea dan SDN Ujung Bawang.

Sementara tiga SMP yang terpaksa diliburkan yaitu, SMPN 2 Singkil dan SMPN Satu Atap Ranto Gedang serta SMA Negeri 1 Singkil.

Pihak Dinas Pendidikan Aceh Singkil meminta kepada para orang tua pelajar untuk bersabar karena kondisi sekolah yang terdampak banjir yang memaksa proses belajar mengajar diliburkan.

"Insya Allah beberapa hari kedepan akan normal kembali seperti biasa, banjir ini bencana alam dan kita tidak bisa berbuat banyak. Mudah - mudahan saja banjir di sekolah dan akses jalan ke sekolah segera surut," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Kasi Pendis Kemenag Aceh Singkil, Halimsyah.

Berdasarkan monitoring pihaknya untuk tingkat madrasah yang terpaksa diliburkan yakni MTsN Singkil dan MIN Singkil.

"Karena halaman dan ruangan sekolah dipenuhi genangan banjir. Maka dua sekolah itu terpaksa diliburkan," katanya.

Bahkan, banjir yang mengalirkan air rawa berwarna coklat tersebut ada lintah, sehingga demi kenyamanan dan keselamatan anak - anak ditunda sementara beberapa hari ke depan sampai airnya surut.

Hujan deras beberapa hari lalu menyebabkan banjir di Aceh Singkil sehingga merendam delapan kecamatan dengan jumlah warga terdampak mencapai 24.321 jiwa dalam 34 desa, bahkan juga terjadi longsor hingga menimbun badan jalan sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Kicau Mania Pasaman Barat Bantu Korban Banjir

    SIMPANG EMPAT (KICAU): Jajaran Kepolisian Sektor Pasaman, Polres Pasaman Barat, Sumatera Barat bersama Kicau Mania Pasaman Barat menyeahkan bantuan 1,7 ton beras kepada korban banjir di dua lokasi ber

  • satu minggu lalu

    Puluhan Rumah di Mandailing Natal Hanyut Diterjang Banjir

    MEDAN (EKSPOSnews): Sebanyak 72 rumah warga hanyut akibat banjir di Kecamatan Lingga Bayu dan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara."Jumlah rumah warga yang hanyut itu, ber

  • satu minggu lalu

    Puluhan Hektare Sawit Masyarakat di Aceh Singkil Rusak

    MEULABOH (EKSPOSnews): Sekitar 30 hektare kebun sawit masyarakat di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, kebanjiran selama beberapa hari terakhir sehingga tandan buah segarnya rusk dan membusuk."Dampak mater

  • 3 minggu lalu

    Sejumlah Rumah di Padang Rusak Diterjang Banjir

    PADANG (EKSPOSnews): Sejumlah rumah di Kelurahan Alai Parak Kopi, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), rusak parah dilanda banjir luapan dari banjir kanal yang berada tak jauh lokasi terdampak."Kejadianny

  • satu bulan lalu

    Tim SAR Evakuasi Korban Banjir di Mandailing Natal

    PANYABUNGAN (EKSPOSnews): Tim SAR gabungan bersama relawan dan masyarakat telah mengevakuasi 17 korban meninggal akibat banjir bandang di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Sabtu 13 Oktober 2

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99