Senin, 24 Sep 2018

Sumbar Kekurangan 6000 Guru SMA dan SMK Sederajat

Oleh: Alex
Minggu, 06 Agu 2017 06:07
BAGIKAN:
istimewa
Guru (ilustrasi).
PADANG (EKSPOSnews): Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Sumbar), Burhasman Bur menyebutkan provinsi tersebut kekurangan guru SMA dan SMK sederajat sebanyak 6.000 tenaga pendidik.

"Kekurangan tersebutlah yang saat ini ditutupi oleh tenaga honorer yang kesejahteraannya masih belum memadai," katanya di Padang, Sabtu 5 Augustus 2017.

Ia menyebutkan kini jumlah guru tingkat SMA sederajat yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) 13.535 orang yang dinilai tidak mencukupi untuk tenaga pendidik di sekolah.

Menurutnya kekurangan tersebut karena tidak adanya penambahan guru dan banyaknya tenaga pendidik yang sudah pensiun.

Untuk Januari hingga Agustus 2017, tambahnya terdapat 500 guru yang pensiun.

Guna mengatasi hal itu, ujar dia pemerintah Sumbar dalam waktu dekat akan mengirimkan surat kepada pemerintah pusat mengenai kekurangan guru tersebut.

"Kita akan koordinasi dengan pemerintah pusat, bagaimana solusi terkait masalah ini," lanjut dia.

Ia menyampaikan hal ini juga merupakan salah satu agenda pertemuan gubernur dengan presiden beberapa waktu lalu yang membicarakan masalah pemerataan pendidikan.

Selain itu, mengenai masalah guru honorer yang kesejahteraannya masih belum terperhatikan ia menjelaskan hal tersebut masih dalam dilema yang harus dicarikan solusinya.

"Jika hanya mengaharapkan komite sekolah, kesejateraan mereka jauh dari memadai," terangnya.

Namun, lanjutnya jika diharapkan dari APBD, keuangan daerah juga terbatas dan tidak sanggup penampung seluruh biaya itu.

Oleh sebab itu ke depan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam menangani masah tersebut.

"Kami komitmen terus meningkatkan kualitas pendidikan Sumbar, namun memang semuanya pasti ada kendala dan akan diselesaikan secara bertaha," tambahnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    10 Kepala Daerah di Sumbar Dukung Jokowi

    PADANG (EKSPOSnews): Sepuluh Kepala Daerah terdiri atas delapan Bupati dan dua Wali Kota di Sumbar, di Padang mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk kembali memimpin Indonesia untu

  • satu minggu lalu

    Minang Geopark Brand Pariwisata Sumbar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Minang Geopark Run ditetapkan menjadi brand pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk mempromosikan dan menjual daya tarik pariwisata Sumbar berupa budaya, alam, dan buat

  • satu bulan lalu

    Kejati Sumbar Periksa Saksi Korupsi Bansos

    PADANG (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Sumbar) segera memeriksa puluhan saksi dalam kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) Kabupaten Solok tahun anggaran 2009 dan 2010."Ada 2

  • satu bulan lalu

    5 Terduga Teroris Diamankan di Sumbar Jaringan JAD

    PADANG (EKSPOSnews): Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat (Sumbar) Kombes Pol Syamsi mengungkapkan lima terduga teroris yang diamankan di daerah itu diiduga merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daul

  • 2 bulan lalu

    Sumbar Siapkan 500 Orang Pencari Kerja Magang ke Jepang

    PADANG (EKSPOSnews): Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumatera Barat menyiapkan sebanyak 500 orang pencari kerja untuk magang ke Jepang pada tahun 2018."Program magang ke J

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99