Kamis, 22 Feb 2018

Sumbar Kekurangan 6000 Guru SMA dan SMK Sederajat

Oleh: Alex
Minggu, 06 Agu 2017 06:07
BAGIKAN:
istimewa
Guru (ilustrasi).
PADANG (EKSPOSnews): Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Sumbar), Burhasman Bur menyebutkan provinsi tersebut kekurangan guru SMA dan SMK sederajat sebanyak 6.000 tenaga pendidik.

"Kekurangan tersebutlah yang saat ini ditutupi oleh tenaga honorer yang kesejahteraannya masih belum memadai," katanya di Padang, Sabtu 5 Augustus 2017.

Ia menyebutkan kini jumlah guru tingkat SMA sederajat yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) 13.535 orang yang dinilai tidak mencukupi untuk tenaga pendidik di sekolah.

Menurutnya kekurangan tersebut karena tidak adanya penambahan guru dan banyaknya tenaga pendidik yang sudah pensiun.

Untuk Januari hingga Agustus 2017, tambahnya terdapat 500 guru yang pensiun.

Guna mengatasi hal itu, ujar dia pemerintah Sumbar dalam waktu dekat akan mengirimkan surat kepada pemerintah pusat mengenai kekurangan guru tersebut.

"Kita akan koordinasi dengan pemerintah pusat, bagaimana solusi terkait masalah ini," lanjut dia.

Ia menyampaikan hal ini juga merupakan salah satu agenda pertemuan gubernur dengan presiden beberapa waktu lalu yang membicarakan masalah pemerataan pendidikan.

Selain itu, mengenai masalah guru honorer yang kesejahteraannya masih belum terperhatikan ia menjelaskan hal tersebut masih dalam dilema yang harus dicarikan solusinya.

"Jika hanya mengaharapkan komite sekolah, kesejateraan mereka jauh dari memadai," terangnya.

Namun, lanjutnya jika diharapkan dari APBD, keuangan daerah juga terbatas dan tidak sanggup penampung seluruh biaya itu.

Oleh sebab itu ke depan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam menangani masah tersebut.

"Kami komitmen terus meningkatkan kualitas pendidikan Sumbar, namun memang semuanya pasti ada kendala dan akan diselesaikan secara bertaha," tambahnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Hati-Hati Beli Lahan Pertanian di Sumbar

    PAINAN (EKSPOSnews): Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat teliti sebelum membeli lahan pertanian khususnya di Kecamatan Air Pura, Basa Ampek

  • 4 minggu lalu

    Membangun Jalur Rel Kereta Api Bengkulu-Sumbar

    BENGKULU (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perhubungan mengusulkan rencana pembangunan jalur kereta api dari Kota Bengkulu menuju Kota Padang, Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu y

  • 4 minggu lalu

    Mengamankan Wanita dari Sejumlah Kafe di Sumbar

    SIMPANG EMPAT (EKSPOSnews): Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pasaman Barat dan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengamankan 14 wanita penghibur dari sejumlah kafe dan temp

  • 4 minggu lalu

    Sumbar Dokumentasikan Ratusan Pakaian Adat Perempuan

    PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengidentifikasi pakaian adat perempuan Minangkabau mencapai 800 jenis dan sedang didokumentasikan agar tetap terjaga sebagai kekayaan

  • satu bulan lalu

    Brigjen Pol Damisnur Wakapolda Sumbar

    PADANG (EKSPOSnews): Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Fakhrizal melantik Brigjen Pol Damisnur sebagai Wakapolda setempat menggantikan Brigjen Pol Bayu Wisnumurti.Mutasi jabatan merupakan hal

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99