Rabu, 22 Nov 2017

Sumbar Kekurangan 6000 Guru SMA dan SMK Sederajat

Oleh: Alex
Minggu, 06 Agu 2017 06:07
BAGIKAN:
istimewa
Guru (ilustrasi).
PADANG (EKSPOSnews): Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Sumbar), Burhasman Bur menyebutkan provinsi tersebut kekurangan guru SMA dan SMK sederajat sebanyak 6.000 tenaga pendidik.

"Kekurangan tersebutlah yang saat ini ditutupi oleh tenaga honorer yang kesejahteraannya masih belum memadai," katanya di Padang, Sabtu 5 Augustus 2017.

Ia menyebutkan kini jumlah guru tingkat SMA sederajat yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) 13.535 orang yang dinilai tidak mencukupi untuk tenaga pendidik di sekolah.

Menurutnya kekurangan tersebut karena tidak adanya penambahan guru dan banyaknya tenaga pendidik yang sudah pensiun.

Untuk Januari hingga Agustus 2017, tambahnya terdapat 500 guru yang pensiun.

Guna mengatasi hal itu, ujar dia pemerintah Sumbar dalam waktu dekat akan mengirimkan surat kepada pemerintah pusat mengenai kekurangan guru tersebut.

"Kita akan koordinasi dengan pemerintah pusat, bagaimana solusi terkait masalah ini," lanjut dia.

Ia menyampaikan hal ini juga merupakan salah satu agenda pertemuan gubernur dengan presiden beberapa waktu lalu yang membicarakan masalah pemerataan pendidikan.

Selain itu, mengenai masalah guru honorer yang kesejahteraannya masih belum terperhatikan ia menjelaskan hal tersebut masih dalam dilema yang harus dicarikan solusinya.

"Jika hanya mengaharapkan komite sekolah, kesejateraan mereka jauh dari memadai," terangnya.

Namun, lanjutnya jika diharapkan dari APBD, keuangan daerah juga terbatas dan tidak sanggup penampung seluruh biaya itu.

Oleh sebab itu ke depan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam menangani masah tersebut.

"Kami komitmen terus meningkatkan kualitas pendidikan Sumbar, namun memang semuanya pasti ada kendala dan akan diselesaikan secara bertaha," tambahnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Teluk Bayur Pintu Wisata Sumbar

    PADANG (EKSPOSnews): Pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang, Sumatera Barat, berpotensi sebagai gerbang pariwisata provinsi itu terutama untuk kapal pesiar, kata pejabat Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Di

  • satu minggu lalu

    Membangun Ikon Wisata Sumbar

    PADANG (EKSPOSnews): Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mendorong daerah itu untuk memiliki ikon wisata yang siap secara konsep dan infrastruktur hingga benar-benar mampu menjadi daya tarik ba

  • 2 minggu lalu

    Pertamina Bantu Sekolah di Sumbar

    PARIAMAN (EKSPOSnews): PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I memberikan program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan kepada SMA Negeri 2 Batang Anai, Pariaman, Sumater

  • 3 minggu lalu

    Sumbar Butuh Guru dan Akuntan

    PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membutuhkan 3.105 tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengisi kebutuhan guru dan akuntan untuk mendampingi nagari penerima dana desa."Kebut

  • satu bulan lalu

    Sumbar Harus Mampu Gaet Investor

    PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Barat harus bisa memanfaatkan investor 15 negara yang hadir dalam "Regional Invesment Forum" di Padang 15-17 Oktober 2017 agar berinvestasi di daerah

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99