Kamis, 21 Jun 2018

Sumbar Kekurangan 6000 Guru SMA dan SMK Sederajat

Oleh: Alex
Minggu, 06 Agu 2017 06:07
BAGIKAN:
istimewa
Guru (ilustrasi).
PADANG (EKSPOSnews): Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Sumbar), Burhasman Bur menyebutkan provinsi tersebut kekurangan guru SMA dan SMK sederajat sebanyak 6.000 tenaga pendidik.

"Kekurangan tersebutlah yang saat ini ditutupi oleh tenaga honorer yang kesejahteraannya masih belum memadai," katanya di Padang, Sabtu 5 Augustus 2017.

Ia menyebutkan kini jumlah guru tingkat SMA sederajat yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) 13.535 orang yang dinilai tidak mencukupi untuk tenaga pendidik di sekolah.

Menurutnya kekurangan tersebut karena tidak adanya penambahan guru dan banyaknya tenaga pendidik yang sudah pensiun.

Untuk Januari hingga Agustus 2017, tambahnya terdapat 500 guru yang pensiun.

Guna mengatasi hal itu, ujar dia pemerintah Sumbar dalam waktu dekat akan mengirimkan surat kepada pemerintah pusat mengenai kekurangan guru tersebut.

"Kita akan koordinasi dengan pemerintah pusat, bagaimana solusi terkait masalah ini," lanjut dia.

Ia menyampaikan hal ini juga merupakan salah satu agenda pertemuan gubernur dengan presiden beberapa waktu lalu yang membicarakan masalah pemerataan pendidikan.

Selain itu, mengenai masalah guru honorer yang kesejahteraannya masih belum terperhatikan ia menjelaskan hal tersebut masih dalam dilema yang harus dicarikan solusinya.

"Jika hanya mengaharapkan komite sekolah, kesejateraan mereka jauh dari memadai," terangnya.

Namun, lanjutnya jika diharapkan dari APBD, keuangan daerah juga terbatas dan tidak sanggup penampung seluruh biaya itu.

Oleh sebab itu ke depan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam menangani masah tersebut.

"Kami komitmen terus meningkatkan kualitas pendidikan Sumbar, namun memang semuanya pasti ada kendala dan akan diselesaikan secara bertaha," tambahnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Mudik ke Sumbar? Hati-Hati Longsor!

    PADANG (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau pemudik untuk mewaspadai 13 titik rawan longsor di provinsi itu, terutama jika hujan turun cukup lama.

  • satu minggu lalu

    Masyarakat Sumbar Diminta Waspada Uang Palsu

    SIMPANG EMPAT (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat mengingatkan masyarakat agar mewaspadai peredaran uang palsu menjelang Idulfitri 1439 Hijriah."Biasanya transaksi keuangan at

  • 3 minggu lalu

    Organda Sumbar Siapkan Angkutan Lebaran

    PADANG (EKSPOSnews): Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumatera Barat menyiapkan 2.500 unit angkutan mudik untuk mengangkut penumpang menjelang perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah."Jumlah itu diperkira

  • 3 minggu lalu

    Pembangunan Tol Sumbar-Riau Ditunda

    PADANG (EKSPOSnews): Pembangunan Jalan Tol Padang Pariaman-Pekanbaru, Riau, tertunda, karena adanya penolakan warga pemilik lahan, yang menilai harga ganti rugi, yang ditetapkan pemerintah terlalu ren

  • 3 minggu lalu

    Penebusan Barang di Pegadaian Sumbar Melonjak

    PADANG (EKSPOSnews): PT Pegadaian Persero Area Padang, Sumatera Barat, menyatakan menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah sebagian besar nasabah melakukan penebusan barang yang mereka gadaikan di perusahaan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99