Kamis, 21 Sep 2017

Pengagguran Terbuka di Sumut Naik Terus

Oleh: Agung
Senin, 08 Mei 2017 05:47
BAGIKAN:
istimewa
Sarjana jadi pengangguran.
MEDAN (EKSPOSnews): Angka pengangguran terbuka di Sumatera Utara masih 6,41 persen di tengah naiknya terus jumlah angkatan kerja di daerah itu.

"Pengangguran terjadi karena jumlah angkatan kerja terus naik sementara lowongan pekerja belum bisa mengimbanginya," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Minggu 7 Mei 2017.

Menurut dia, pada Februari 2017, angkatan kerja mencapai 6,72 juta orang atau bertambah sekitar 123 ribu orang dari posisi Februari 2016 yang masih 6,59 juta orang.

Sementara penambahan angkatan kerja itu belum diikuti dengan jumlah penduduk yang bekerja atau pada periode sama masih tercatat 6,29 juta orang.

"Meski jumlah penduduk yang bekerja bertambah sekitar 121 ribu orang dari Februari 2016 yang masih sebesar 6,17 juta orang, tetapi belum sejalan dengan naiknya angkatan kerja sehingga pengangguran masih tetap ada," katanya.

Syech mengakui, adanya pertambahan jumlah orang yang bekerja di Sumut didorong antara lain banyaknya proyek strategis di Sumut khususnya sektor infrastruktur.

Mulai pembangunan jalan tol, rel kereta api dan kawasan ekonomi khusus dan dijadikannya Danau Toba sebagai salah satu destinasi utama Indonesia.

Adanya pertumbuhan wirausahawan baru, kata dia, juga menjadi pendorong naiknya jumlah pekerja.

"Untuk menekan angka pengangguran memang perlu dilakukan banyak hal," katanya.

Mulai dari meningkatkan investasi yang lebih banyak dan mendorong tumbuhnya wirausahawan baru.

Dengan banyak investasi, maka lowongan pekerjaan semakin banyak juga.

Banyaknya wirausahawan baru juga membuka kesempatan kerja lebih luas.

Gubernur Sumut T Erry Nuradi menyebutkan, Pemprov Sumut berupaya menarik investasi lebih banyak.

"Pemprov Sumut menawarkan berbagai potensi untuk digarap pengusaha dalam dan luar negeri," katanya.

Selain investasi, Pemprov Sumut juga tetap berharap proyek strategis di Sumut tetap banyak.

Alasan dia, proyek strategis di Sumut mulai jalan tol, rel kereta api dan kawasan ekonomi khusus menyerap pekerja lebih banyak.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 21 jam lalu

    Sumut Akan Rehab Ribuan Rumah Tidak Layak Huni

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara hingga 2018 menargetkan untuk bisa merehabilitasi 6.600 unit rumah tidak layak huni di berbagai kabupaten/kota setempat."Dari target dalam Pemban

  • 2 hari lalu

    Kejati Sumut Terima Berkas Perkasa Kasus Korupsi Kapal Nelayan

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menerima berkas perkara tiga tersangka korupsi pengadaan enam unit kapal ukuran 30 gross tonnage (GT) di Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut senilai

  • 3 hari lalu

    8 Titik Rawan Penyebaran Paham Radikal di Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw mendeteksi ada delapan wilayah di Provinsi Sumut yang rawan terjadi penyebaran paham radikal."Wilayah yang berpotensi radikal itu

  • 7 hari lalu

    Kejati Sumut Bidik Kasus Siswa Siluman

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara segera membidik kasus penerimaan siswa secara "siluman" di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 13 Medan yang tidak melalui jalur Penerimaan Peserta Didik Ba

  • 2 minggu lalu

    Anggota Polda Sumut Tewas Kecelakaan

    MEDAN (EKSPOSnews): Personel Polda Sumatera Utara Briptu Dedi Franky Purba tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Medan, Minggu pagi, sekitar pukul 05.30 WIB.Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sar

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak