Jumat, 19 Jan 2018

Pengagguran Terbuka di Sumut Naik Terus

Oleh: Agung
Senin, 08 Mei 2017 05:47
BAGIKAN:
istimewa
Sarjana jadi pengangguran.
MEDAN (EKSPOSnews): Angka pengangguran terbuka di Sumatera Utara masih 6,41 persen di tengah naiknya terus jumlah angkatan kerja di daerah itu.

"Pengangguran terjadi karena jumlah angkatan kerja terus naik sementara lowongan pekerja belum bisa mengimbanginya," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Minggu 7 Mei 2017.

Menurut dia, pada Februari 2017, angkatan kerja mencapai 6,72 juta orang atau bertambah sekitar 123 ribu orang dari posisi Februari 2016 yang masih 6,59 juta orang.

Sementara penambahan angkatan kerja itu belum diikuti dengan jumlah penduduk yang bekerja atau pada periode sama masih tercatat 6,29 juta orang.

"Meski jumlah penduduk yang bekerja bertambah sekitar 121 ribu orang dari Februari 2016 yang masih sebesar 6,17 juta orang, tetapi belum sejalan dengan naiknya angkatan kerja sehingga pengangguran masih tetap ada," katanya.

Syech mengakui, adanya pertambahan jumlah orang yang bekerja di Sumut didorong antara lain banyaknya proyek strategis di Sumut khususnya sektor infrastruktur.

Mulai pembangunan jalan tol, rel kereta api dan kawasan ekonomi khusus dan dijadikannya Danau Toba sebagai salah satu destinasi utama Indonesia.

Adanya pertumbuhan wirausahawan baru, kata dia, juga menjadi pendorong naiknya jumlah pekerja.

"Untuk menekan angka pengangguran memang perlu dilakukan banyak hal," katanya.

Mulai dari meningkatkan investasi yang lebih banyak dan mendorong tumbuhnya wirausahawan baru.

Dengan banyak investasi, maka lowongan pekerjaan semakin banyak juga.

Banyaknya wirausahawan baru juga membuka kesempatan kerja lebih luas.

Gubernur Sumut T Erry Nuradi menyebutkan, Pemprov Sumut berupaya menarik investasi lebih banyak.

"Pemprov Sumut menawarkan berbagai potensi untuk digarap pengusaha dalam dan luar negeri," katanya.

Selain investasi, Pemprov Sumut juga tetap berharap proyek strategis di Sumut tetap banyak.

Alasan dia, proyek strategis di Sumut mulai jalan tol, rel kereta api dan kawasan ekonomi khusus menyerap pekerja lebih banyak.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 jam lalu

    LPJKP Akan Hadiri Musda Ke II Aspertanas Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Asosiasi Perusahaan  Kontruksi Nasional (DPD Aspertanas) Sumatera Utara beraudiensi ke Kantor  Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi  Provinsi (LPJKP) guna mensukseska

  • kemarin

    Pelindo 1 Terima Kunjungan Finalis Putri Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menerima kunjungan dari Finalis Putri Sumatera Utara 2017 pada Selasa, 16 Januari 2018 di Kantor Pusat Pelindo 1 Medan. Kedatangan

  • 3 hari lalu

    Pelindo 1 Kerja Sama dengan Poldasu

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kepolisian Daerah Sumatera Utara tentang Bantuan Pengamanan Aset dan Pemeliharaan Keam

  • satu minggu lalu

    Kantor DPW PPP Sumut Dijaga Polisi

    MEDAN (EKSPOSnews): Sejumlah polisi berpakaian seragam dan sipil hingga Rabu malam terlihat berjaga-jaga di Kantor DPW Partai Persatuan Pembangunan Sumatera Utara pascapembakaran gambar dan baliho Ket

  • satu minggu lalu

    Tarian Karo Sambut Pendaftaran Djarot

    MEDAN (EKSPOSnews): Tarian tradisional etnis Karo menjadi salah satu penyambut kedatangan Djarot Saiful Hidayat ketika akan mendaftar sebagai bakal calon gubernur ke Komisi Pemilihan Umum Sumatera Uta

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99