Minggu, 19 Nov 2017

Pengagguran Terbuka di Sumut Naik Terus

Oleh: Agung
Senin, 08 Mei 2017 05:47
BAGIKAN:
istimewa
Sarjana jadi pengangguran.
MEDAN (EKSPOSnews): Angka pengangguran terbuka di Sumatera Utara masih 6,41 persen di tengah naiknya terus jumlah angkatan kerja di daerah itu.

"Pengangguran terjadi karena jumlah angkatan kerja terus naik sementara lowongan pekerja belum bisa mengimbanginya," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Minggu 7 Mei 2017.

Menurut dia, pada Februari 2017, angkatan kerja mencapai 6,72 juta orang atau bertambah sekitar 123 ribu orang dari posisi Februari 2016 yang masih 6,59 juta orang.

Sementara penambahan angkatan kerja itu belum diikuti dengan jumlah penduduk yang bekerja atau pada periode sama masih tercatat 6,29 juta orang.

"Meski jumlah penduduk yang bekerja bertambah sekitar 121 ribu orang dari Februari 2016 yang masih sebesar 6,17 juta orang, tetapi belum sejalan dengan naiknya angkatan kerja sehingga pengangguran masih tetap ada," katanya.

Syech mengakui, adanya pertambahan jumlah orang yang bekerja di Sumut didorong antara lain banyaknya proyek strategis di Sumut khususnya sektor infrastruktur.

Mulai pembangunan jalan tol, rel kereta api dan kawasan ekonomi khusus dan dijadikannya Danau Toba sebagai salah satu destinasi utama Indonesia.

Adanya pertumbuhan wirausahawan baru, kata dia, juga menjadi pendorong naiknya jumlah pekerja.

"Untuk menekan angka pengangguran memang perlu dilakukan banyak hal," katanya.

Mulai dari meningkatkan investasi yang lebih banyak dan mendorong tumbuhnya wirausahawan baru.

Dengan banyak investasi, maka lowongan pekerjaan semakin banyak juga.

Banyaknya wirausahawan baru juga membuka kesempatan kerja lebih luas.

Gubernur Sumut T Erry Nuradi menyebutkan, Pemprov Sumut berupaya menarik investasi lebih banyak.

"Pemprov Sumut menawarkan berbagai potensi untuk digarap pengusaha dalam dan luar negeri," katanya.

Selain investasi, Pemprov Sumut juga tetap berharap proyek strategis di Sumut tetap banyak.

Alasan dia, proyek strategis di Sumut mulai jalan tol, rel kereta api dan kawasan ekonomi khusus menyerap pekerja lebih banyak.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    USU Dapat Hibah dari Pemprov Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberi dana hibah Rp10 miliar kepada Universitas Sumatera Utara untuk mendukung pembangunan Kampus II di Kwala Bekala, Kabupaten Deliserdang."Da

  • satu minggu lalu

    Astragraphia Dukung Modernisasi Pengadaan Barang di Provinsi Sumatera Utara

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) melalui layanan e-commerce Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Government (B2G), AXIQoe.com, melanjutkan kembali sosialisasi dan eduka

  • 2 minggu lalu

    Kejati Sumut Tahan Tersangka OTT Pungli

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menahan tersangka berinisial KRZ, pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PPTSP) Provinsi Sumut yang terjaring

  • 2 minggu lalu

    Memantau PTS Bermasalah di Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Kopertis Wilayah I Sumatera Utara kini masih terus melakukan pemantauan terhadap puluhan perguruan tinggi yang dinilai bermasalah dan terkait kelengkapan persyaratan yang diberikan

  • 2 minggu lalu

    Kejati Sumut Tahan 10 Tersangka Korupsi Proyek Jalan

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menahan 10 tersangka korupsi proyek peningkatan jalan dari hotmix menjadi semen "rigid beton" di Dinas Pekerjaan Umum Kota Sibolga senilai Rp65 mili

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99