Jumat, 21 Jul 2017

Pengagguran Terbuka di Sumut Naik Terus

Oleh: Agung
Senin, 08 Mei 2017 05:47
BAGIKAN:
istimewa
Sarjana jadi pengangguran.
MEDAN (EKSPOSnews): Angka pengangguran terbuka di Sumatera Utara masih 6,41 persen di tengah naiknya terus jumlah angkatan kerja di daerah itu.

"Pengangguran terjadi karena jumlah angkatan kerja terus naik sementara lowongan pekerja belum bisa mengimbanginya," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Minggu 7 Mei 2017.

Menurut dia, pada Februari 2017, angkatan kerja mencapai 6,72 juta orang atau bertambah sekitar 123 ribu orang dari posisi Februari 2016 yang masih 6,59 juta orang.

Sementara penambahan angkatan kerja itu belum diikuti dengan jumlah penduduk yang bekerja atau pada periode sama masih tercatat 6,29 juta orang.

"Meski jumlah penduduk yang bekerja bertambah sekitar 121 ribu orang dari Februari 2016 yang masih sebesar 6,17 juta orang, tetapi belum sejalan dengan naiknya angkatan kerja sehingga pengangguran masih tetap ada," katanya.

Syech mengakui, adanya pertambahan jumlah orang yang bekerja di Sumut didorong antara lain banyaknya proyek strategis di Sumut khususnya sektor infrastruktur.

Mulai pembangunan jalan tol, rel kereta api dan kawasan ekonomi khusus dan dijadikannya Danau Toba sebagai salah satu destinasi utama Indonesia.

Adanya pertumbuhan wirausahawan baru, kata dia, juga menjadi pendorong naiknya jumlah pekerja.

"Untuk menekan angka pengangguran memang perlu dilakukan banyak hal," katanya.

Mulai dari meningkatkan investasi yang lebih banyak dan mendorong tumbuhnya wirausahawan baru.

Dengan banyak investasi, maka lowongan pekerjaan semakin banyak juga.

Banyaknya wirausahawan baru juga membuka kesempatan kerja lebih luas.

Gubernur Sumut T Erry Nuradi menyebutkan, Pemprov Sumut berupaya menarik investasi lebih banyak.

"Pemprov Sumut menawarkan berbagai potensi untuk digarap pengusaha dalam dan luar negeri," katanya.

Selain investasi, Pemprov Sumut juga tetap berharap proyek strategis di Sumut tetap banyak.

Alasan dia, proyek strategis di Sumut mulai jalan tol, rel kereta api dan kawasan ekonomi khusus menyerap pekerja lebih banyak.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • kemarin

    Bank Sumut Bantu Ambulance

    MEDAN (EKSPOSnews): Bank Sumut memberi bantuan satu ambulance gratis kepada Unit Pelayanan Terpadu Asrama Haji Embarkasi Medan untuk mendukung pelayanan kepada calon haji "Bantuan yang berasal dari da

  • 2 hari lalu

    4 BUMN Kirim Siswa Berprestasi Sumut ke Mamuju

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I ( Persero ) atau Pelindo 1 bersama PTPN IV, PT Kawasan Industri Medan (KIM) dan PT Hotel Indonesia Natour (HIN) mengirimkan 32 orang siswa SMA/SMK  be

  • 5 hari lalu

    2 Bandar Narkoba di Sumut Ditembak Mati

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali menembak mati dua orang tersangka penyelundupan narkoba jenis shabu di Pantai Cermin, Sumatera Utara."Dua orang yang tewas tertembak terseb

  • 2 minggu lalu

    Pengamanan Pilkada di Sumut 2018 Menjadi Perhatian Serius

    MEDAN (EKSPOSnews): Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw enggan mengomentari tentang kabar keikutsertaannya dalam pemilihan gubernur di Provinsi Papua."Nanti saja itu," katanya usai farew

  • 2 minggu lalu

    Irjen Pol Paulus Waterpauw Disambut Hangat di Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Irjen Pol Paulus Waterpauw disambut tarian dan upacara adat ketika tiba Mapolda Sumatera Utara di Medan,  sebagai awal melaksanakan tugasnya sebagai Kapolda Sumut, Sabtu 8 Jul

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak