Rabu, 18 Jul 2018

250 Ribu Guru Honorer Memenuhi Syarat untuk CPNS

Oleh: alex
Senin, 20 Nov 2017 17:59
BAGIKAN:
istimewa.
Guru (ilustrasi).
JAKARTA (EKSPOSnews): Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan sebanyak 250.000 guru honorer memenuhi syarat untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Jadi yang memenuhi syarat sebanyak 250.000-an. Guru yang berumur 33 tahun dan lulusan sarjana," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad di Jakarta, Senin 20 November 2017.

Dia menjelaskan batas usianya hanya 33 tahun karena diperlukan waktu sekitar dua tahun untuk pelatihan guru. Sedangkan pengangkatan CPNS maksimal 35 tahun.

Hamid menjelaskan saat ini, distribusi guru tidak merata. Guru lebih banyak berada di perkotaan sehingga perlu dilakukan redistribusi guru, selain perekrutan guru.

"Jumlah 250.000 itu, maksimal bisa kita ajukan tapi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) belum memberikan lampu hijau. Makanya kami mengajukan guru dengan pegawai dengan perjanjian kerja (P3K) untuk mengatasi kekurangan guru di daerah pedesaan." Selain itu, Kemendikbud melakukan optimalisasi Rombongan Belajar (Rombel) mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Kelebihan guru yang muncul dari rombel akan disalurkan untuk mengatasi kekurangan guru.

"Sebelumnya untuk SD 20 sampai 28 murid, maka yang selanjutnya siswa 1 SD minimal 120 siswa. Sedangkan SMP 32 siswa. Ini akan kita terapkan Januari 2018 nanti," terang dia.

Hamid menegaskan mulai Januari 2018, kelebihan jumlah guru dalam satu sekolah akan menghapus tunjangan profesi guru (TPG). Tunjangan guru tidak akan dibayar jika di sekolah itu, kelebihan guru yang mengajar mata pelajaran di sekolah.

"Misalnya di sekolah itu kebutuhan guru matematikanya dua, tapi yang ada empat orang guru, maka kami tidak akan membayar tunjangannya," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Guru Honorer Cabuli Anak TK

    KUALA PEMBUANG (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah, menangkap seorang pegawai honorer berinisial MRJ (35) karena dilaporkan telah mencabuli BGN (4,8) yang merupakan siswi sekolah

  • 2 bulan lalu

    Nasib Guru Honorer Agar Jadi Perhatian

    JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menyoroti kondisi guru honorer di Indonesia, karena belum mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah sehingga peringatan Hari Pendidikan

  • 3 bulan lalu

    Mengangkat Guru Honorer Hadi ASN

    TANJUNGPINANG (EKSPOSnews): Fraksi Keadilan Sejahtera DPRD Provinsi Kepulauan Riau minta pemerintah daerah mendorong pemerintah pusat mengangkat guru yang berstatus sebagai tenaga honorer menjadi Apar

  • 5 bulan lalu

    Miris... Guru Honorer Hanya Digaji Rp50 ribu per Bulan

    WAINGAPU (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Sumba Timur mengakui hingga masih ada guru honorer di kabupaten itu yang diberi gaji Rp50 ribu sebulan."Jumlahnya tidak banyak. Tetapi hanya sekitar dua sam

  • 8 bulan lalu

    Penerimaan CPNS Mengacu Pada Rangking

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menyatakan penerimaan pegawai negeri sipil akan dilaksanakan secara transparan dan hasil yang diterima

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99