Kamis, 16 Agu 2018

Timah Bina Pengrajin

Oleh: alex
Jumat, 02 Feb 2018 04:56
BAGIKAN:
istimewa.
Pengrajin.
KARIMUN (EKSPOSnews): PT Timah Tbk. Wilayah Operasi Kepri dan Riau mengirimkan enam pengrajin Kabupaten Karimun untuk mengikuti pelatihan pewter di Kota Pangkal Pinang, Bangka, Bangka Belitung.

"Pelatihan pewter untuk 6 pengrajin Karimun ini merupakan bagian dari program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM)," kata Kepala Unit Metalurgi PT Timah Wilayah Operasi Kepri dan Riau Wiyono dalam keterangan pers yang diterima di Tanjung Balai Karimun, Kamis 1 Februari 2018.

Wiyono mengatakan, enam pengrajin tersebut masing-masing berasal dari satu orang dari Kecamatan Kundur Barat, Tebing, Durai, Meral Barat dan Kecamatan Meral sebanyak 2 orang.

Para pengrajin pewter tersebut akan mendapatkan pelatihan selama 21 hari. Segala biaya mulai dari akomodasi hingga transportasi.

"Kita juga akan 'support' peralatan dan pemasaran sampai mereka bisa mandiri," kata dia.

Pelatihan pewter, menurut dia, merupakan program PPM yang bertujuan menciptakan pelaku usaha khusus, khususnya di bidang pewter, yaitu kerajinan yang menggunakan bahan baku timah.

"Kerajinan pewter termasuk jarang ditekuninya. Ini akan kita dorong bagaimana bisa berkembang," katanya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pelatihan pewter yang didukung PT Timah merupakan sebuah peluang untuk menciptakan penghasilan, khususnya bagi para pengrajin pewter.

Aunur Rafiq mengatakan, para pengrajin bisa membuat cenderamata-cenderamata dengan bahan baku timah yang bisa dikerjasamakan dengan PT Timah, perusahaan milik negara yang bergerak di bidang penambangan timah.

"Kerajinan ini membutuhkan kreasi dan inovasi yang tinggi, orang yang menekuninya tentu harus memiliki bakat untuk itu, harus punya jiwa kreasi dan inovasi," katanya.

Dia meminta para pengrajin betul-betul memanfaatkan pelatihan tersebut untuk menimba ilmu sehingga bisa menciptakan kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi, seperti miniatur perahu, plakat, gantungan kunci dan lainnya.

"Jangan pelatihan tinggal pelatihan," kata dia.

Para pengrajin pewter tersebut dilepas untuk mengikuti pelatihan ke Pangkal Pinang oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq di kediaman dinasnya didampingi Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun.

Kota Pangkal Pinang merupakan daerah penghasil timah terbesar di Indonesia, di kota ini juga terdapat sentra kerajinan pewter. Produk yang dihasilkan pengrajin masih dibuat secara manual, yang bisa membutuhkan waktu lama, antara satu pekan hingga satu bulan, tergantung tingkat kesulitannya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    UMKM Berkembang karena Dibina PT Timah

    MANGGAR (EKSPOSnews): Banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, bisa mengembangkan usaha hingga menjadi lebih besar berkat menjadi mitra

  • 2 minggu lalu

    Donor Darah Ala PT Timah

    TOBOALI (EKSPOSnews): PT Timah (Persero) Tbk., bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar donor darah massal di Kabupaten Bangka Selatan, guna meme

  • satu bulan lalu

    Timah Salurkan Beasiswa

    SUNGAILIAT (EKSPOSnews): PT Timah Tbk., Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bantuan beasiswa bagi 32 orang siswa lulusan SMP dari kelas unggulan, guna melanjutkan pendidikan di Sekolah Menen

  • 2 bulan lalu

    Timah Bantu Modal Usaha Pedagang Sembako

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): PT Timah Tbk. membantu modal usaha pedagang sembako di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar Rp50 juta, sebagai kepedulian perusahaan mengembangkan

  • 5 bulan lalu

    Timah Salurkan Bantuan kepada Nelayan

    KARIMUN (EKSPOSnews): PT Timah Tbk. Wilayah Produksi Kepri dan Riau menyalurkan bantuan berupa perlengkapan nelayan dan sekolah di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau."Program CSR merupakan pro

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99