Rabu, 19 Des 2018

SMART Salurkan Beasiswa

Oleh: alex
Rabu, 10 Jan 2018 15:39
BAGIKAN:
istimewa.
Beasiswa.
PONTIANAK (EKSPOSnews): Sinar Mas Agribusiness and Food, melalui unit usahanya PT Kartika Prima Cipta memberikan bantuan beasiswa SMART kepada enam siswa dan siswi berprestasi dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, guna melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Kami berharap melalui program beasiswa SMART anak-anak muda berprestasi dari desa-desa binaan maka memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi dan mengejar cita-cita mereka," kata CEO Perkebunan Wilayah Kalbar, Sinar Mas Agribusinees and Food, Susanto Yang di Pontianak, Rabu 10 Januari 2018.

Ia menjelaskan, keenam siswa dan siswi tersebut masing-masing menerima bantuan sebesar Rp64 juta, dan bantuan beasiswa tersebut akan digunakan untuk biaya kuliah, perlengkapan kuliah, dan biaya hidup.

Ia menambahkan, program beasiswa SMART akan terus berlanjut dengan proses perekrutan terakhir di tahun 2020 untuk mendukung pendidikan bagi 40 calon siswa dan siswi hingga tingkat sarjana dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Suhaid, Semitau, dan Silat Hilir di Kabupaten Kapuas Hulu.

Selain pemberian beasiswa, para calon siswa juaga akan mendapatkan bimbingan belajar selama enam bulan yang meliputi persiapan tes satu hingga tiga bulan dan uji coba seleksi masuk perguruan tinggi negeri sebanyak tiga kali. Hal ini dilakukan untuk membantu para calon siswa mendapatkan nilai yang cukup untuk diterima dan universitas negeri setempat.

"Setelah siswa diterima dan mulai kuliah, perusahaan akan melakukan pendampingan selama tiga hingga enam bulan untuk membantu para siswa beradaptasi," katanya.

Susanto menambahkan, program beasiswa SMART juga diharapkan membuka kesempatan bagi para anak-anak perempuan dari desa binaan untuk mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, terutama di bidang studi sains, teknologi teknik mesin, dan matematika (STEM) yang hingga kini belum banyak diambil oleh para mahasiswi.

Data UNESCO, bahwa jurusan STEM merupakan pekerjaan yang banyak dicari di masa depan yang dapat mendorong kesejahteraan individu dan masyarakat sekitarnya, melalui inovasi dan kreativitas, sehingga sangatlah penting terbukanya kesempatan-kesempatan seperti itu.

Para penerima beasiswa tersebut, diantaranya Alda Elfiana dari Desa Marsedan Jaya jurusan Kesehatan Lingkungan; kemudian dari Desa Menapan, yakni Lina jurusan Teknik Mesin; Septiana Rita jurusan Teknik Mesin; Susiana Ikat jurusan Teknik Mesin; Yunus Sawang dari Desa Tua Abang jurusan Teknik Pertanian, dan Sahrul Gunawan dari Desa Madang Permai jurusan Teknik Mesin.

Dalam kesempatan itu, Susanto menambahkan, program beasiswa SMART telah menyiapkan sebesar Rp2,82 miliar untuk 40 anak yang akan diberikan hingga tahun 2020.

"Para anak-anak penerima beasiswa juga tidak perlu khawatir, karena begitu selesai mereka akan direkrut untuk bekerja di Sinar Mas, dan kalau mereka tidak mau, kami juga memberikan kebebasan," kata Susanto.

Proses pendaftaran beasiswa yang selanjutnya akan kembali dibuka Maret - April 2018, dan untuk informasi lebih lanjut mengenai perusahaan bisa kunjungi www.smart-tbk.com.

Sekda Kapuas Hulu, Muhammad Sukri mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas yang memberikan perhatian kepada anak-anak sekitar kebun dengan diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

"Mudah-mudahan dengan adanya program ini maka LSM tidak ada lagi yang mencari kesalahan-kesalahan pihak perusahaan terkait program CSR (kepedulian sosial). Padahal perusahaan-perusahaan di Kapuas Hulu sangat berpihak pada masyarakat," ungkapnya.

Menurut dia, tidak mungkin didatangkan investor untuk menyengsarakan masyarakat, tetapi sebaliknya untuk mensejahterakan masyarakat.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Pelajar di Aceh Terima Beasiswa

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Ribuan pelajar dari berbagai jenjang di Banda Aceh menerima beasiswa yang disalurkan pemerintah kota setempat melalui lembaga Baitul Mal.Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Saf

  • 7 hari lalu

    Asus Kejar Produsen Smartphone Terdepan di Indonesia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Regional Director ASUS South East Asia Jimmy Lin memastikan pihaknya akan terus berkomitmen untuk menjadikan ASUS sebagai produsen smartphone terdepan dan nomor satu di Indonesia

  • 2 minggu lalu

    Asus Perkenalkan Smartphone Gaming Premium

    JAKARTA (EKSPOSnews): Asus memperkenalkan smartphone gaming premium ROG Phone yang akan resmi diluncurkan pada pekan depan.Country Product Manager Asus Indonesia Roger Lee, mengungkapkan bahwa ROG Pho

  • satu bulan lalu

    50 Mahasiswa Berprestasi Raih Beasiswa Penuh dari Sea Group

    JAKARTA (EKSPOSnews): Setelah melakukan serangkaian proses seleksi terhadap ratusan mahasiswa dari lima kampus terkemuka di Indonesia, 50 mahasiswa berprestasi terpilih untuk menerima beasiswa penuh d

  • 2 bulan lalu

    Japfa Foundation Salurkan Beasiswa di Andalas

    PADANG (EKSPOSnews): Japfa Foundation memberikan beasiswa pendidikan kepada 20 orang mahasiswa Universitas Andalas sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan sumber daya manusia di sektor pendidikan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99