Rabu, 21 Agu 2019

Pertamina Bantu Sekolah Dasar Terpencil

Oleh: Jallus
Selasa, 24 Jul 2018 04:03
BAGIKAN:
istimewa.
Pertamina.
MAKASSAR (EKSPOSnews): PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII Wilayah Sulawesi bertepatan peringatan Hari Anak Nasional 2018 membantu sekolah dasar terpencil, SD Dusun Cindakko, Desa Bontosomba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

"Dalam kegiatan ini, relawan-relawan dari Pertamina MOR VII berbagi inspirasi dan pengetahuan tentang serba serbi energi, sekaligus memberikan bantuan peralatan sekolah berupa sepatu dan tas bagi siswa siswi," kata Unit Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina MOR VII M. Roby Hervindo di sela kegiatan tersebut di Kabupaten Maros, Sulsel, Senin 23 Juli 2018.

Ia menuturkan, setiap harinya, anak-anak di SD Cindakko harus menempuh perjalanan 3 - 5 kilometer untuk bersekolah. Mereka harus berjalan kaki melalui jalur setapak, menyusuri pegunungan yang terjal untuk sampai di SD Cindakko. Di dalam satu ruangan papan sederhana berukuran 4x3 meter inilah, 64 siswa dari Dusun Cindakko bersekolah.

Dusun Cindakko yang belum tersentuh listrik, kata dia, dihuni oleh 112 kepala keluarga. SD satu-satunya di dusun itu merupakan kelas jauh dari SD 246 Bonto-Bonto. Siswa siswinya yang hanya mencapai kelas 3, belajar berhimpitan dalam satu ruangan beralaskan tanah liat, dan diajar oleh satu guru honorer.Perjalanan menuju dusun terisolir ini terbilang ekstrim. Dari kota Makassar diperlukan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan, dengan 2 jam berkendara dan 3 jam harus berjalan kaki/trekking atau menggunakan motor khusus.

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2018 ini, kata Roby, PT Pertamina MOR VII bersama Komunitas Sekolah Inspirasi Alam (SIA) berkunjung ke SD Cindakko untuk memberi semangat dan dukungan.

Sebelumnya, menurut Roby, Pertamina MOR VII juga telah memberikan bantuan sarana prasarana kepada SD Cindakko senilai Rp 42 Juta berupa perbaikan perpustakaan mini, bantuan seragam sekolah siswa, perlengkapan alat tulis sekolah serta fasilitas keagamaan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari kepedulian Pertamina dalam bidang pendidikan," tambahnya.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud menyebutkan di tahun 2016/2017, terdapat 2.550 anak jenjang SD di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tidak bersekolah. Kondisi ini, ujarnya, sangat tergambar di Dusun Cindakko.

"Lebih dari 90 persen penduduk Dusun Cindakko tidak pernah mengenyam bangku pendidikan, bahkan tidak sedikit diantara mereka juga tuna aksara. Jika pendidikan tidak berkualitas, akan sangat sulit bagi masyarakat Cindakko untuk meningkatkan kehidupannya," kata Roby.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, selama tiga tahun terakhir, Pertamina MOR VII merealisasikan bantuan bidang pendidikan di Sulawesi sebesar 27 Miliar rupiah. Untuk tahun 2018, hingga kini telah disalurkan bantuan bidang pendidikan melalui program bina lingkungan dan CSR di wilayah Sulawesi senilai Rp3,5 miliar.

Selain SD Cindakko, pengembangan pendidikan Pertamina MOR VII lainnya berupa dukungan pada sekolah-sekolah Adiwiyata di seluruh Sulawesi, pembangunan sarana pendidikan, sekolah non formal Natsir Eco School di Toraja, dan Sekolah Anak Percaya Diri di Makassar.

Kepala Desa Bontosomba Mulawarman pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya. Pihaknya berterima kasih atas dukungan Pertamina untuk perbaikan pendidikan khususnya di Dusun Cindakko."Dusun ini memang masih banyak keterbatasan sarana, utamanya jalan, akses sangat sulit. Ini salah satu penyebab pendidikan di dusun Cindakko perlu banyak perbaikan," ujarnya.

Sementara salah seorang relawan Sikola Inspirasi Alam Dinar yang telah mengajar anak-anak SD Cindakko mengungkapkan perubahan pada warga Dusun Cindakko.

"Kehadiran SD Cindakko ini membuat warga kembali memiliki harapan dan mempunyai semangat, agar anak-anak lebih meningkat pendidikannya," kata Dinar.

Hal itu, menurut Dinar, ditunjukkan dengan makin bertambahnya jumlah siswa siswi SD Cindakko yang kini mencapai 92 anak.

Sikola Inspirasi Alam adalah komunitas kesukarelawan di bidang pendidikan untuk daerah terpencil dan telah berdiri sejak 2 Mei 2016. Komunitas yang menerapkan pendidikan alam sebagai basis ajar ini telah merekrut 293 relawan selama 19 kali pemberangkatan. Sebagai sekolah alternatif, Sikola Inspirasi Alam bekerjasama dengan Sekolah Dusun Cindakko untuk menyediakan tenaga pengajar secara periodik untuk melakukan proses belajar-mengajar.

Melalui kemitraan dengan beragam pemangku kepentingan seperti komunitas Sikola Inspirasi Alam, Pertamina berharap agar perbaikan kualitas pendidikan utamanya di daerah-daerah terpencil seperti di Dusun Cindakko dapat lebih berdampak luas dan positif.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Truk Pertamina Terbakar, 3 Tewas

    JAKARTA (EKSPOSnews): Tiga orang dikabarkan tewas dalam peristiwa terbakarnya truk tangki milik Pertamina, di Jalan Tol Dalam Kota, Jakarta, Minggu dini hari."Tiga orang tewas, dua dari truk Pertamina

  • 3 bulan lalu

    Pertamina Santuni Anak Yatim

    JAMBI (EKSPOSnews):  Pertamina Asset 1 Jambi memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan bantuan untuk panti asuhan dan pondok pesantren di Kota Jambi, dalam rangkaian safari Ramadhan 1440 Hi

  • 4 bulan lalu

    Pertamina Temukan Cadangan Gas di Sulawesi Tengah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Anggota Komisi VI DPR Inas Nasrullah Zubir memberikan apresiasi kepada keberhasilan PT Pertamina (Persero) menemukan cadangan gas dan kondensat di Kecamatan Toili, Kabupaten Bang

  • 5 bulan lalu

    UMKM Binaan Pertamina

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 12 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kain mitra binaan PT Pertamina (Persero) mencatat omset sekitar Rp500 juta.Vice President Corporate Communication Pertamina Fajr

  • 5 bulan lalu

    2 Mantan Petinggi Pertamina Divonis 8 Tahun Penjara

    JAKARTA (EKSPOSnews): Manager Merger dan Akusisi PT Pertamina 2008-2010 Bayu Kristanto dan mantan Direktur Keuangan PT Pertamina Ferederick ST Siahaan divonis 8 tahun penjara karena mengabaikan prosed

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99