Kamis, 18 Apr 2019

PLN Bantu Pengembangan Museum Pusaka Nias

Oleh: marsot
Rabu, 19 Sep 2018 03:13
BAGIKAN:
istimewa.
Perusahaan Listrik Negara (PLN).
MEDAN (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) membantu pengembangan Museum Pusaka Nias yang berada di Kota Gunung Sitoli, Provinsi Sumatera Utara.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Sumatera Utara Abdul Rahman di Medan,  mengatakan bantuan pengembangan museum tersebut dilakukan melalui Program Bina Lingkungan yang dimiliki PLN.

Sebagai BUMN, PLN tidak hanya fokus dalam meningkatkan rasio elektrifikasi untuk mewujudkan "Nias Terang 2019", namun juga turut membina dan membangun masyarakat melalui Program Bina Lingkungan.

"Bantuan pengembangan tersebut dilakukan untuk mempersiapkan Museum Pusaka Nias menjadi salah satu destinasi wisata di Kepulauan Nias yang ikonik," ujarnya, Selasa 18 September 2018.

Dengan program tersebut, keberadaan museum itu diharapkan dapat mendukung pengembangan potensi wisata di Kepulauan Nias yang memiliki keindahan tepi laut yang tidak kalah dari Bali dan Lombok.

Menurut Abdul Rahman, Museum Pusaka Nias yang terletak di tepi pantai itu merupakan satu-satunya museum yang memiliki 6.000 artefak dan fauna endemik Nias.

Selain itu, museum tersebut juga memiliki penginapan berkapasitas total 30 orang dengan bentuk rumah-rumah adat etnis Nias.

Meski penginapannya berbentuk rumah adat, namun sudah berbentuk modern karena telah dimodifikasi dengan fasilitas dan kenyamanan yang tidak kalah dengan standar hotel berbintang. Dalam mendukung perkembangan Museum Pusaka Nias, PLN melalui Program Bina Lingkungannya memberikan bantuan senilai Rp141,5 juta berupa perlengkapan elektronik yang dapat meningkatkan standar kualitas museum.

Ia mencontohkan peralatan berupa kamera pengawas (Closed Circuit Television/CCTV) beserta layar monitor 40 inch, komputer dan laptop, handy talkie, serta alat-alat kebersihan dan dustbin 240 L.

Selanjutnya, PLN akan memberikan pelatihan manajemen keuangan serta pemasaran untuk mempromosikan Museum Pusaka Nias sebagai salah satu destinasi wisata di Pulau Nias.

Selain memberikan bantuan peralatan, PLN juga akan mendukung Museum Pusaka Nias untuk mengembangkan seni tradisional budaya Nias.

"Dengan begitu, diharapkan turis dapat mengenal Nias lebih dalam dengan mengunjungi museum ini," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Mempromosikan Kompor Induksi di Lubukbasung

    LUBUKBASUNG (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) Rayon Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mempromosikan kompor listrik induksi kepada warga dan karyawan perusahaan itu di halaman kantor PLN terseb

  • 3 minggu lalu

    PLN Jalin Kerja Sama dengan KIM

    MEDAN (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumut dan PT Kawasan Industri Medan (Persero) menandatangani perjanjian.kerja sama optimalisasi layanan prioritas ketenagalistrikan dengan total

  • 5 bulan lalu

    Tidak Semua Pembangkit PLN Gunakan B20

    JAKARTA (EKSPOSnews): Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir memastikan tidak semua pembangkit listrik yang dikelola PLN bisa menggunakan energi biodiesel (B20) yang diwajibkan oleh pemerintah."Beberapa d

  • 5 bulan lalu

    PLN Siapkan Tafo Mobile

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara menyiapkan sekitar 41 unit trafo "mobile" untuk menjaga pasokan listrik selama Natal dan Tahun Bar

  • 5 bulan lalu

    PLN Buka Pintu PLTA Koto Panjang

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) menyatakan terpaksa membuka pintu pelimpah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang karena debit air terus meningkat terutama air kiriman dari hulu Su

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99