Senin, 22 Okt 2018

PLN Bantu Pengembangan Museum Pusaka Nias

Oleh: marsot
Rabu, 19 Sep 2018 03:13
BAGIKAN:
istimewa.
Perusahaan Listrik Negara (PLN).
MEDAN (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) membantu pengembangan Museum Pusaka Nias yang berada di Kota Gunung Sitoli, Provinsi Sumatera Utara.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Sumatera Utara Abdul Rahman di Medan,  mengatakan bantuan pengembangan museum tersebut dilakukan melalui Program Bina Lingkungan yang dimiliki PLN.

Sebagai BUMN, PLN tidak hanya fokus dalam meningkatkan rasio elektrifikasi untuk mewujudkan "Nias Terang 2019", namun juga turut membina dan membangun masyarakat melalui Program Bina Lingkungan.

"Bantuan pengembangan tersebut dilakukan untuk mempersiapkan Museum Pusaka Nias menjadi salah satu destinasi wisata di Kepulauan Nias yang ikonik," ujarnya, Selasa 18 September 2018.

Dengan program tersebut, keberadaan museum itu diharapkan dapat mendukung pengembangan potensi wisata di Kepulauan Nias yang memiliki keindahan tepi laut yang tidak kalah dari Bali dan Lombok.

Menurut Abdul Rahman, Museum Pusaka Nias yang terletak di tepi pantai itu merupakan satu-satunya museum yang memiliki 6.000 artefak dan fauna endemik Nias.

Selain itu, museum tersebut juga memiliki penginapan berkapasitas total 30 orang dengan bentuk rumah-rumah adat etnis Nias.

Meski penginapannya berbentuk rumah adat, namun sudah berbentuk modern karena telah dimodifikasi dengan fasilitas dan kenyamanan yang tidak kalah dengan standar hotel berbintang. Dalam mendukung perkembangan Museum Pusaka Nias, PLN melalui Program Bina Lingkungannya memberikan bantuan senilai Rp141,5 juta berupa perlengkapan elektronik yang dapat meningkatkan standar kualitas museum.

Ia mencontohkan peralatan berupa kamera pengawas (Closed Circuit Television/CCTV) beserta layar monitor 40 inch, komputer dan laptop, handy talkie, serta alat-alat kebersihan dan dustbin 240 L.

Selanjutnya, PLN akan memberikan pelatihan manajemen keuangan serta pemasaran untuk mempromosikan Museum Pusaka Nias sebagai salah satu destinasi wisata di Pulau Nias.

Selain memberikan bantuan peralatan, PLN juga akan mendukung Museum Pusaka Nias untuk mengembangkan seni tradisional budaya Nias.

"Dengan begitu, diharapkan turis dapat mengenal Nias lebih dalam dengan mengunjungi museum ini," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    KPK Beberkan Peran Dirut PLN di PLTU Riau-1

    JAKARTA (EKSPOSnews): Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK membeberkan sejumlah peran Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir dalam pengadaan proyek "Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap

  • 3 minggu lalu

    PLN Akan Bangun 2 Pembangkit Listrik Biomassa

    PONTIANAK (EKSPOSnews): General Manager PLN Wilayah Kalbar, Richard Safkaur mengatakan, PLN akan membangun 2 Pembangkit Listrik Tenaga Bio Massa (PLTBM) di Kalbar sebagai komitmen untuk pengembangan E

  • 3 minggu lalu

    Upaya PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan Palu

    MANADO (EKSPOSnews): Pada Jumat (28/9), sekitar pukul 14.00 WIB gempa pertama kali mengguncang Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6 dengan

  • 4 minggu lalu

    Peserta Tes Calon Pegawai PLN Mengadu ke Ombudsman

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Puluhan peserta tes calon pegawai PLN mengadu ke Ombudsman RI Perwakilan Aceh karena merasa dirugikan dan proses seleksi yang mereka nilai tidak transparan.Puluhan peserta tes

  • satu bulan lalu

    PLN Bangun Pembangkit Listrik Biomassa

    MEULABOH (EKSPOSnews): Pemerintah melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) yang telah direncanakan di wilayah Kabupa

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99