Selasa, 20 Feb 2018

KAI Latih Perajin Tempe

Oleh: Alex
Sabtu, 12 Agu 2017 05:04
BAGIKAN:
istimewa
PT KAI.
CIANJUR (EKSPOSnews): PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan pelatihan penerapan industri tahu tempe untuk 20 perajin di Cianjur, Jawa Barat, dengan harapan mereka mampu meningkatkan produksi.

Vice Presiden CSR KAI Nathan Siahaan di Cianjur, Jumat, mengatakan pelatihan yang digelar di Gedung Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Kopti) Cianjur itu, merupakan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) yang merupakan salah satu program PT KAI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Harapkan kami dengan terlaksananya pelatihan ini dapat memajukan ekonomi warga khususnya pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) seperti halnya pelaku usaha tempe tahu yang mendapat pelatihan," katanya.

Dalam membamtu UMKM, pihaknya merangkul PT Permodalan Nasional Madani (Persero) sebagai fasilitator atas terlaksananya program tersebut. Salah satu sentra UMK yang menjadi mitra binaan PT KAI pada 2017 yakni klaster tahu tempe di cianjur.

"Dengan diberikannya pembiayaan dan pelatihan terhadap pelaku usaha tempe tahu di Cianjur, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan usaha mitra binaan. Terlebih dalam menghadapi kondisi persaingan yang semakin ketat," katanya.

Ketua Kopti Cianjur Hugo Siswaya mengatakan kegiatan pengembangan kapasitas klaster tahu tempe itu, merupakan salah satu kegiatan bersama PT KAI, diikuti 20 mitra binaan perajin tahu tempe.

"Ada beberapa hal yang ingin dicapai pada kegiatan ini, seperti perajin tahu dan tempe dapat melaksanakan kegiatan produksi untuk lebih baik, sehingga omzetnya meningkat dan secara otomatis ada pertumbuhan di dalam usaha," katanya.

Dia menjelaskan perajin tahu tempe yang tergabung sebagai anggota Kopti ada 211 orang di Cianjur, namun hanya puluhan yang terpilih untuk mendapat pelatihan.

"Secara bertahap kita akan lakukan proses seleksi, nanti perajin lainnya akan kita fasilitasi untuk mengikuti pelatihan," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Eksekusi Lahan KAI di Padang Selesai

    PADANG (EKSPOSnews): Pengadilan Negeri Klas I A Padang, Sumatera Barat memastikan eksekusi lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional II Sumbar yang diklaim oleh PT Basko Minang Plaza t

  • 4 minggu lalu

    Sumbar Dokumentasikan Ratusan Pakaian Adat Perempuan

    PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengidentifikasi pakaian adat perempuan Minangkabau mencapai 800 jenis dan sedang didokumentasikan agar tetap terjaga sebagai kekayaan

  • satu bulan lalu

    Bea Cukai Gagalkan Pengiriman Sabu Lewat Bandara Soekarno-Hatta

    TANGERANG (EKSPOSnews): Tim gabungan yang terdiri atas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta dan kepolisian berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 2,5 kilogram sabu.Kepala Bidang Penindakan dan Penyidik

  • satu bulan lalu

    Bea dan Cukai Karimun Lakukan Ratusan Kali Penindakan

    KARIMUN (EKSPOSnews): Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau telah melakukan 324 penindakan atas tindak pidana kepabeanan selama tahun 2017."Ke-324 penindakan mulai dar

  • 3 bulan lalu

    Kombes Pol M. Iqbal Diarak Keliling Surabaya Pakai Anoah

    SURABAYA (EKSPOSnews): Selama menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol M. Iqbal tak henti-hentinya untuk terus mewujudkan kondusifitas wilayah bersama instansi keamanan lainnya, khususnya K

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99