Minggu, 21 Jan 2018

Jasa Raharja Salurkan Dana Kemitraan

Oleh: marsot
Senin, 11 Des 2017 15:20
BAGIKAN:
istimewa.
Uang.
BANJARMASIN (EKSPOSnews): PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan kembali menyalurkan dana untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp1 miliar.

Kepala Cabang Jasa Raharja Kalimantan Selatan Dasrul Aswadi usai pembukaan pelatihan "enterpreneurship" bagi UMKM mitra binaan Jasa Raharja di Banjarmasin Senin mengatakan, penyaluran dana tersebut merupakan program bina lingkungan.

"Pada 2017 ini, dana Penyaluran Kredit Modal Bergulir (PKBL) sebesar RP1 miliar, kita berikan kepada 50 pengusaha kecil dan menengah yang memang masih belum mampu mengakses dana dari perbankan," katanya, Senin 11 Desember 2017.

Dasrul berharap, melalui dana bergulir tersebut, akan mampu mendorong laju pertumbuhan usaha kecil di Kalsel sehingga bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

Dalam setiap tahunnya, penyaluran dana PKBL di Kalsel terus bertambah, dari sebelumnya sekitar Rp600 juta kini menjadi Rp1 miliar dan diharapkan 2018 menjadi lebih dari Rp1 miliar.

Hal itu terjadi, karena para penerima program mampu mengembalikan dananya secara tepat waktu, sehingga kredit bermasalah relatif cukup kecil tidak sampai 5 persen.

"Bila pengembalian kredit dari masing-masing penerima lancar, maka kepercayaan pemerintah untuk terus meningkatkan nilai yang disalurkan juga akan terus bertambah," katanya.

Apalagi, pemerintah kini telah menurunkan jasa imbal pengembangan dari sebelumnya 6 persen menjadi hanya 3 persen.

Penurunan tersebut, tambah dia, sebagai bukti komitmen pemerintah untuk membantu menumbuhkan sektor usaha kecil dan menengah, agar berkembang lebih pesat.

Masing-masing usaha, tambah dia, sesuai peraturan pemerintah, bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp200 juta, namun harus dilihat secara benar-benar prospek usaha yang dikembangkan dan kemampuan pengembaliannya.

"Tapi untuk di Kalsel, rata-rata pinjaman modal yang kita berikan antara Rp20 juta hingga Rp30 juta, setelah dilakukan survei tim terkait usaha yang mengajukan pinjaman," katanya.

Jangan sampai tambah Aswadi, bantuan yang diberikan jauh berkurang dari yang dibutuhkan untuk pengembangan usaha, sehingga usaha tersebut tidak bisa maksimal, atau terlalu besar sehingga kesulitan untuk mengembalikan kredit.

PT Jasa Raharja, sejak 2010 hingga 2017l, telah menyalurkan dana bina lingkungan hingga Rp12 miliar dengan mitra binaan sebanyak 636 UMKM atau mitra binaan.

Selain diberikan modal, para mitra binaan, juga diberikan berbagai pelatihan untuk pengembangan usahanya.

Salah seorang penerima program PKBL Raden Emma Surawikarta mengatakan, program tersebut sangat membantu pengembangan usahanya di sektor makanan atau kuliner.

"Saya menerima program ini sudah keempat kalinya, dan ini sangat membantu meningkatkan usaha saya," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Jasa Raharja Sumatera Utara Bayar Santunan. Banyak yang Bocor?

    MEDAN (EKSPOSnews): Jasa Raharja Sumatera Utara pada 2017 membayar santunan korban kecelakaan penumpang angkutan penumpang sebesar Rp144,435 miliar dengan jumlah terbanyak untuk korban meninggal dunia

  • 2 bulan lalu

    Jasa Raharja Putra Bina Pelaku Usaha Kecil

    KENDARI (EKSPOSnews): PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Provinsi Sulawesi Tenggara membina 45 pelaku usaha kecil melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sultra Jh

  • 2 bulan lalu

    Antam Tambah Dana Kemitraan

    PONTIANAK (EKSPOSnews): PT ANTAM (Persero) Tbk. - Unit Bisnis Pertambangan Bauksit di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, akan meningkatkan penyaluran dana pinjaman bergulir Program Kemitraan pada ta

  • 3 bulan lalu

    PT Jasa Raharja Salurkan Dana PKBL

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumatera Utara menyerahkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau PKBL sebesar Rp215 juta untuk 11 mitra binaan."Agar bantuan benar-ben

  • 4 bulan lalu

    PT Phapros Salurkan Dana Kemitraan

    SEMARANG (EKSPOSnews): PT Phapros, Tbk. telah menyalurkan setidaknya Rp22 miliar untuk dana kemitraan usaha kecil menengah (UKM) sebagai bagian dari kegiatan CSR (corporate social responsibility)."Dal

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99