Minggu, 23 Jul 2017

INKA Alokasikan dana CSR

Oleh: Alex
Kamis, 06 Apr 2017 15:51
BAGIKAN:
istimewa
PT INKA.
MADIUN (EKSPOSnews): PT INKA (Persero) menganggarkan dana "corporate social responsibility" (CSR) untuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp4,5 miliar di tahun 2017.

Senior Manager Secretary, Public Relations, dan CSR PT INKA (Persero) Cholik Mochamad Zam Zam di Madiun,  mengatakan dana CSR tersebut disalurkan ke ratusan mitra usaha yang bergerak di berbagai bidang. Di antaranya industri dan perdagangan makanan, kerajinan, peternakan, dan juga perikanan.

"Untuk tahap awal, dari dana sebesar Rp4,5 miliar telah disalurkan sebanyak Rp609 juta ke sebanyak 26 mitra usaha," ujar Cholik kepada wartawan, Kamis 6 April 2017.

Menurut dia, sasaran mitra binaannya adalah merupakan usaha yang kecil dan bahkan usaha pemula. Usaha-usaha kecil tersebut akan dibinanya untuk tumbuh dan berkembang.

"Pengembangan UMKM dan koperasi melalui dana kemitraan CSR merupakan salah satu tujuan PT INKA untuk ikut menumbuhkan perekonomian wilayah Madiun dan sekitarnya. Jika industri kecil bisa berkembang, maka akan mendongkrak ke ekonomi tingkat nasional," kata dia.

Cholik menjelaskan dana CSR yang dianggarkan dan disalurkan tersebut diharapkan terus bertambah, sehingga semakin banyak membantu permodalan UMKM dan koperasi di wilayah eks-Keresidenan Madiun.

Pihaknya mengklaim, hingga saat ini jumlah mitra usaha yang telah dibinanya mencapai 400 unit lebih yang berada di Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan.

Tidak hanya menyalurkan bantuan dana pinjaman modal dari CSR, PT INKA juga menyediakan tenaga khusus yang ditugaskan untuk memberikan bimbingan tentang pengelolaan manajemen usaha, keuangan, dan marketing sehingga usaha mitra binaannya bisa eksis.

"Jadi kami tidak hanya melepas modal saja, namun juga menyediakan tenaga khusus untuk membimbing para pelaku usaha yang mendapat pinjaman tersebut," kata dia.

Bunga pinjaman yang diberikan kepada mitra binaan juga sangat murah, yakni di bawah 6 persen per tahun, sehingga sangat jarang terjadi kasus penunggakan pembayaran angsuran.

Mengingat pinjaman kemitraan tersebut diberikan dengan syarat yang mudah dan bunga yang ringan, maka diharapkan mitra binaan dapat memanfaatkan dana itu secara tepat sasaran yaitu untuk modal agar menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.

Cholik menambahkan melalui Pogram Kemitraan dan Bina Lingkungan, ia berharap PT INKA secara berkelanjutan mendukung pengembangan ekonomi masyarakat kecil di sekitar perusahaannya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    INKA Salurkan Dana Kemitraan

    MADIUN (EKSPOSnews): PT INKA (Persero) menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp609 juta terhadap sejumlah mitra binaannya di wilayah Madiun dan sekitarnya sebagai wujud

  • 5 bulan lalu

    Pertamina Salurkan Dana CSR di Palembang

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pertamina mendukung kemajuan pendidikan siswa di Palembang dengan memberikan bantuan komputer dan proyektor melalui program tanggung jawab sosial perusahaan."Melalui program ba

  • 6 bulan lalu

    Everton Izinkan Gerard Deulofeu Hengkang

    LONDON (EKSPOSnews): Manajer Everton Ronald Koeman membuka pintu bagi pemain sayap Gerard Deulofeu untuk hengkang pada Januari, dan mengatakan klub masih memasuki bursa untuk mencari pemain-pemain

  • 9 bulan lalu

    Tanjungbalai Terima dana CSR Bank Sumut

    TANJUNGBALAI (EKSPOSnews): Pemkot Tanjungbalai menerima dana tanggung jawab sosial perusahaan atau "corporate social responsibility" dari PT Bank Sumut senilai Rp1,099 miliar untuk 10 pro

  • tahun lalu

    Bupati Musirawas Izinkan PNS Bawa Mobil Dinas untuk Mudik

    MUSIRAWAS (EKSPOSnews): Bupati Musirawas Utara, Sumatera selatan, M Syarif Hidayat memperbolehkan para Pegawai Negeri Sipil yang mendapat iventaris mobil dinas, untuk membawa kendaraan itu mudik lebar

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak