Jumat, 24 Mei 2019

Garuda Tanam Pohon di Kawasan Danau Toba

Oleh: alex
Minggu, 26 Agu 2018 05:06
BAGIKAN:
istimewa.
Tanam pohon.
JAKARTA (EKSPOSnews): Maskapai Garuda Indonesia mendukung upaya reforestasi daerah tangkapan air (DTA) Danau Toba melalui penanaman 5.000 bibit pohon di lahan seluas 10 hektare di Kecamatan Sipitu, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

"Reforestasi DTA diharapkan dapat menyehatkan kualitas debit air di kawasan perairan Danau Toba sehingga dapat mendukung upaya peningkatan potensi wisata Danau Toba sebagai wisata unggulan nasional," kata Direktur Umum dan SDM Garuda Indonesia, Sari Suharso dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu 25 Augustus 2018.

Penyerahan secara simbolis sebanyak bibit pohon oleh Sari Suharso kepada aparatur pemerintah setempat yang juga turut disaksikan oleh Direktur Utama Inhutani, Sumardi sebagai penyedia dan pengelola bibit pohon yang akan ditanam.

Pemilihan lokasi bagi program CSR dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Garuda Indonesia tidak terlepas dari potensi yang dimiliki dan ditetapkannya Danau Toba sebagai kawasan pariwisata unggulan.

"Seperti kita ketahui, Danau Toba merupakan salah satu dari 15 danau yang menjadi prioritas nasional untuk dipulihkan. Hal ini selaras dengan komitmen pemerintah perihal pengembangan 10 destinasi unggulan yang salah satunya adalah Danau Toba," tambah dia.

Melalui dukungan reforestasi wilayah DAT Danau Toba tersebut, Garuda Indonesia turut mendukung upaya pengembangan potensi pariwisata Danau Toba sebagai "New Destination" pariwisata nasional. Adapun jenis bibit pohon yang ditanam diantaranya adalah alpukat, sirsak, sukun, nangka, jambu biji, kulit manis, hingga mahoni.

Sari menambahkan, sejak 2007 hingga 2018, Garuda Indonesia telah melakukan penanaman sedikitnya 312.983 pohon yang tersebar di berbagai daerah di seluruh nusantara.

Saat ini wilayah perairan Danau Toba dihadapi oleh tren peningkatan limbah organik yang jumlahnya semakin mengkhawatirkan. Dengan adanya lahan kritis daerah tangkapan air (DTA) yang telah mencapai 21 persen atau seluas 157.000 hektare dari luas daerah tangkapan air Danau Toba, dapat dikatakan bahwa saat ini kondisi Danau Toba membutuhkan perhatian khusus.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Mengembangbiakkan Burung Garuda

    CISARUA (KICAU): aman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Jawa Barat resmi mengoleksi sepasang Elang Jawa bernama Hanum dan Riska. Satwa yang kerap diidentikan dengan burung Garuda ini siap dikembangbiakkan

  • 2 bulan lalu

    Garuda Cetak Laba RP11,3 miliar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) selama  2018 mencatat laba bersih sebesar 809,85 ribu dolar AS atau setara  Rp11,33 miliar (asumsi kurs Rp14.000

  • 2 bulan lalu

    Boeing Tolak Usulan Garuda Tukar Seri MAX

    NUSA DUA (EKSPOSnews): Perusahaan manufaktur pesawat asal Amerika Serikat Boeing belum menyetujui usulan penukaran 49 unit pesawat Boeing 737 Max 8 yang dipesan oleh Garuda Indonesia.“Mereka masih h

  • 2 bulan lalu

    Garuda Batalkan Pemesanan Boeng Seri MAX?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara juga tidak mau berkomentar mengenai hasil pertemuan dengan petinggi The Boeing Company yang digelar di kawasan perkantoran Bandara Int

  • 2 bulan lalu

    Garuda Buka Penerbangan Jakarta-Nagoya

    JAKARTA (EKSPOSnews): Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia resmi melayani rute penerbangan langsung Jakarta-Nagoya pp dengan menggunakan pesawat jenis Airbus 330 berkapasitas 222 tempat dudu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99