Sabtu, 23 Feb 2019

Garuda Tanam Pohon di Kawasan Danau Toba

Oleh: alex
Minggu, 26 Agu 2018 05:06
BAGIKAN:
istimewa.
Tanam pohon.
JAKARTA (EKSPOSnews): Maskapai Garuda Indonesia mendukung upaya reforestasi daerah tangkapan air (DTA) Danau Toba melalui penanaman 5.000 bibit pohon di lahan seluas 10 hektare di Kecamatan Sipitu, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

"Reforestasi DTA diharapkan dapat menyehatkan kualitas debit air di kawasan perairan Danau Toba sehingga dapat mendukung upaya peningkatan potensi wisata Danau Toba sebagai wisata unggulan nasional," kata Direktur Umum dan SDM Garuda Indonesia, Sari Suharso dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu 25 Augustus 2018.

Penyerahan secara simbolis sebanyak bibit pohon oleh Sari Suharso kepada aparatur pemerintah setempat yang juga turut disaksikan oleh Direktur Utama Inhutani, Sumardi sebagai penyedia dan pengelola bibit pohon yang akan ditanam.

Pemilihan lokasi bagi program CSR dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Garuda Indonesia tidak terlepas dari potensi yang dimiliki dan ditetapkannya Danau Toba sebagai kawasan pariwisata unggulan.

"Seperti kita ketahui, Danau Toba merupakan salah satu dari 15 danau yang menjadi prioritas nasional untuk dipulihkan. Hal ini selaras dengan komitmen pemerintah perihal pengembangan 10 destinasi unggulan yang salah satunya adalah Danau Toba," tambah dia.

Melalui dukungan reforestasi wilayah DAT Danau Toba tersebut, Garuda Indonesia turut mendukung upaya pengembangan potensi pariwisata Danau Toba sebagai "New Destination" pariwisata nasional. Adapun jenis bibit pohon yang ditanam diantaranya adalah alpukat, sirsak, sukun, nangka, jambu biji, kulit manis, hingga mahoni.

Sari menambahkan, sejak 2007 hingga 2018, Garuda Indonesia telah melakukan penanaman sedikitnya 312.983 pohon yang tersebar di berbagai daerah di seluruh nusantara.

Saat ini wilayah perairan Danau Toba dihadapi oleh tren peningkatan limbah organik yang jumlahnya semakin mengkhawatirkan. Dengan adanya lahan kritis daerah tangkapan air (DTA) yang telah mencapai 21 persen atau seluas 157.000 hektare dari luas daerah tangkapan air Danau Toba, dapat dikatakan bahwa saat ini kondisi Danau Toba membutuhkan perhatian khusus.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Kasus Korupsi Garuda Kapan Disidangkan?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata berjanji lembaganya akan melimpahkan kasus suap Garuda Indonesia ke penuntutan sebelum masa pimpinan KPK jilid IV

  • 2 minggu lalu

    Garuda Buka Penerbangan Banda Aceh-Medan

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Maskapai penerbangan Garuda Indonesia membuka penerbangan rute baru Banda Aceh-Medan dan Medan-Banda Aceh guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di daerah setempa

  • satu bulan lalu

    Mengembangkan Agropolitan Kawasan Danau Toba

    MEDAN (EKSPOSnews): Anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba meminta pemerintah pusat membantu rencana pengembangan agropolitan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN Danau Toba."Agrop

  • 2 bulan lalu

    Pelindo 1 Tanam Pohon di Pinggir Sungai Kota Medan

    MEDAN (EKSPOSnews): Milenial PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 hadir di tengah-tengah masyarakat kampung pinggir sungai, di Kampung Sukaraja dan Hamdan, Kecamatan Medan pada Kamis 20 D

  • 2 bulan lalu

    Garuda Siapkan Penerbangan Tambahan

    DENPASAR (EKSPOSnews): Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyiapkan 110 penerbangan tambahan keluar masuk Bali untuk mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99