Sabtu, 21 Jul 2018

Antam Tambah Dana Kemitraan

Oleh: alex
Selasa, 07 Nov 2017 14:47
BAGIKAN:
istimewa.
PT Antam, Tbk.
PONTIANAK (EKSPOSnews): PT ANTAM (Persero) Tbk. - Unit Bisnis Pertambangan Bauksit di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, akan meningkatkan penyaluran dana pinjaman bergulir Program Kemitraan pada tahun 2018 menjadi Rp10 miliar.

Menurut GA ER and CSR Manajer ANTAM - UBPB, Munadji saat dihubungi di Sanggau, selama dua tahun terakhir angka program yang disalurkan adalah mencapai Rp7 miliar.

"Kami menginginkan agar para Mitra Binaan (MB) dapat terus memacu kreativitas dalam berusaha hingga mendapat hasil yang maksimal. Memang saat ini tingkat pengembalian pinjaman tersebut cukup bagus tingkat rata-ratanya dengan kolektibilitas 85 hingga 90 persen. Kami berharap pengembaliannya bisa penuh sehingga dapat juga digunakan ke masyarakat yang lain," kata Munadji, Selasa 7 November 2017.

Ia mengatakan, untuk merealisasikan hal itu, ANTAM berkewajiban untuk melakukan monitoring dan pembinaan hingga usaha MB dapat berkembang baik dan tidak mengalami kesulitan dalam mengangsur pinjaman.

"Perusahaan punya kewajiban memberi pembinaan juga terhadap mereka yang menunggak pembayaran pengembalian dana pinjaman tersebut. Nah mereka itu yang perlu kami monitor, bina, motivasi supaya usahanya maju dan berkembang. Kami juga memberi apresiasi kepada para mitra bisnis yang lancar membayar pemgembalian pinjamannya," kata Munadji.

Ia mengatakan, ANTAM sangat serius dan berkomitmen dalam membantu usaha kecil tersebut. Para MB juga diberi kesempatan tidak hanya satu kali namun hingga tiga kali sampai usahanya benar-benar mapan. Dengan catatan lancar pengembalian pinjamannya.

"Ini yang kami inginkan, akan tetapi program ini bisa berjalan lancar apabila para MB kami dapat dengan lancar pula mengelola dan meningkatkan pendapatannya sehingga dengan lancar dapat mengembalikan pinjaman. Dengan demikian bantuan yang kami sediakan itu dapat dirasakan lebih banyak lagi masyarakat lain yang juga sangat membutuhkan, bantuan modal tersebut," katanya.

Jika ini sukses, kata Munadji, pihaknya berencana di tahun 2018 akan mengajukan ke ANTAM pusat yakni penambahan dana pinjaman itu antara Rp3 miliar hingga Rp4 miliar.

"Kalau nanti, anggap saja yang disetujui Rp3 miliar berarti hingga tiga tahun bergulirnya Program Kemittaan, bantuan tersebut tahun depan penyalurannya dapat mencapai Rp10 miliar. Kami berharap mudah-mudahan pengajuan itu dapat di setujui oleh kantor pusat," katanya.

Ia melanjutkan, siapa saja bisa menjadi MB ANTAM dengan catatan dapat memenuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku. Hal ini dimaksudkan agar penyaluran dana pinjaman itu tepat sasaran dan dapat bermanfaat bagi banyak orang secara bergulir.

"Kami membantu semua bidang usaha, dari pertanian, peternakan, perdagangan, jasa dan usaha industri kreatif seperti kerajinan dan lain-lain. Dan kami lebih memprioritaskan di daerah ring satu terutama daerah yang menerima dampak langsung atas aktivitas ANTAM," katanya.

Tapi lanjutnya tidak menutup kemungkinan ANTAM juga bisa menyalurkan di luar area menyesuaikan dengan kondisi nantinya.

"Seperti calon pengaju pinjaman itu telah berusaha minimal satu tahun, kecuali yang usaha kami bangun, seperti usaha sulam dan kami yakin usaha tersebut berpotensi, selanjutnya kami dukung melalui dana pinjaman Program Kemitraan," ujarnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    PT Antam Bantu Bibit Perkebunan

    KOLAKA (EKSPOSnews): PT Antam Tbk. UBPN Pomalaa, Sulawesi Tenggara memberikan bantuan bibit perkebunan produktif 42.000 bibit kepada tiga desa dalam program pendampingan mengenai "Agro Forestry" di Ke

  • 3 bulan lalu

    Jasa Raharja Salurkan Dana Kemitraan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT Jasa Raharja Cabang Provinsi Riau menyalurkan Rp185 juta bantuan kredit kemitraan bagi 13 unit usaha kecil menengah di daerah itu untuk meningkatkan produktivitas usaha mere

  • 3 bulan lalu

    PTPN III Salurkan Dana Kemitraan

    MEDAN (EKSPOSnews): Dengan laba yang dihasilkan dari kinerja tahun 2017, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) kembali menyalurkan dana kemitraan dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di triwulan

  • 5 bulan lalu

    Antam Bantu Posyandu

    KOLAKA (EKSPOSnews): PT. Antam Tbk. UBPN Pomalaa Sultra memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada posyandu di Kecamatan Pomalaa untuk mendukung pelayanan kesehatan yang ada di daerah itu.Manager

  • 7 bulan lalu

    Jasa Raharja Salurkan Dana Kemitraan

    BANJARMASIN (EKSPOSnews): PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan kembali menyalurkan dana untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp1 miliar.Kepala Cabang Jasa Ra

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99