Sabtu, 21 Apr 2018

Alfamart Fasilitasi Kredit UMKM

Oleh: Jallus
Senin, 02 Apr 2018 17:22
BAGIKAN:
marsot
Alfamart.
JAKARTA (EKSPOSnews): PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) menggandeng Standard Chartered Bank dalam memfasilitasi pemasok Alfamart yang sebagian besar di antaranya adalah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendapat pendanaan.

Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, Rino Donosepoetro, dalam penandatanganan kerja sama di Jakarta,  mengatakan program Solusi Modal Kerja Terpadu ini memberikan solusi kepada para pemasok dan mitra bisnis Alfamart terkait pendanaan, terutama modal kerja dan fasilitas pembayaran lainnya agar operasionalisasi perusahaan dapat terus berjalan.

"Solusi kami ini menjadi jawaban atas tantangan para mitra bisnis klien dalam mengelola arus kas dan modal kerja yang ekonomis. Selain itu, solusi modal kerja ini sekaligus memberikan kemudahan akses perbankan dengan proses yang sangat sederhana," kata Rino, Senin 2 April 2018.

Ia menjelaskan Solusi Modal Kerja Terpadu memberikan layanan keuangan berupa pembayaran lebih cepat kepada mitra bisnis Alfamart dengan bunga yang lebih rendah atas invoice-invoice yang disetujui Alfamart.

Menurut Rino, tantangan operasional muncul saat siklus produksi barang berikutnya harus berjalan, namun pembayaran dari pengiriman barang ke ritel belum diterima akibat proses yang membutuhkan waktu panjang.

Dalam kesempatan yang sama, President Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Hans Prawira, berharap layanan ini dapat dimanfaatkan oleh mitra bisnis terutama sektor UKM dalam mengembangkan usahanya.

"Kami memiliki perhatian besar terhadap pemberdayaan sektor UKM dan melibatkan mereka sebagai pemasok. Kami harap layanan ini bisa dimanfaatkan sebanyak-banyaknya mitra dalam mengembangkan usahanya," kata Hans.

Saat ini Alfamart memiliki 13.477 jaringan toko di berbagai wilayah Indonesia dan melibatkan lebih dari 400 pemasok berbagai macam produk. Setidaknya ada empat juta konsumen yang bertransaksi di gerai jaringan mini market ini setiap harinya.

Dalam Solusi Modal Kerja Terpadu dengan alur kerja hanya selama empat hari kerja ini, para mitra bisnis atau pemasok dapat terus berfokus pada pertumbuhan bisnis tanpa harus memikirkan rumitnya persoalan permodalan.

Pada hari pertama, pemasok perlu menukarkan faktur ke Alfamart sehingga di hari selanjutnya Alfamart dapat mengunggah invoice ke "Straight2Bank", yaitu platform perbankan digital Standard Chartered Bank.

Kemudian, Bank akan memproses invoice sesuai instruksi Alfamart di hari ketiga. Paling lambat di hari keempat, pemasok akan dapat memilih invoice yang akan memperoleh pendanaan dan dapat langsung menerima dana atau modal dari Bank.

Alfamart merupakan klien ke-16 Standard Chartered Bank yang telah memanfaatkan layanan serupa sejak Bank fokus menawarkan layanan ini dua tahun lalu.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Pemkot Dumai Tutup Satu Alfamart

    DUMAI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Dumai menutup satu toko modern Alfamart, di Jalan Simpang Bumi Ayu karena dua tahun beroperasi sejak 2015 mengabaikan aturan berlaku dan tidak berkontribusi untuk k

  • 9 bulan lalu

    Alfamart dan Alfamidi Jadi Agen Bank Mandiri

    KUPANG (EKSPOSnews): Alfamart dan Alfamidi telah menjadi agen Bank Mandiri untuk melayani transaksi setoran dan tarik tunai, serta belanja lewat aplikasi Mandiri e-cash."Ini salah satu terobosan yang

  • tahun lalu

    Alfamart-Alfamidi Tambah Ribuan Gerai

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. menargetkan akan menambah jaringan ritel minimarket Alfamart sekitar 1.200 gerai dan Alfamidi 200 gerai pada 2017."Kami berharap ekspansi jangan mu

  • tahun lalu

    Alfamard Bangun Rumah Layak Huni

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. atau Alfamart mengumumkan telah membangun 60 unit rumah layak huni melalui program Kampung Alfamart di Dusun Randusongo, Desa Kesamben Kulon, Kecam

  • tahun lalu

    Sinde dan Alfamart Perbaiki Mesjid di Batam

    BATAM (EKSPOSnews):  PT Sinde Budi Sentosa dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. yakni pengelola jaringan ritel Alfamart memperbaiki 33 masjid di berbagai daerah di Indonesia, sebagai bentuk kepe

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99