Rabu, 22 Mei 2019
  • Home
  • Kicau
  • Sumut Pengekspor Sarang Burung Walet Terbesar di Indonesia

Sumut Pengekspor Sarang Burung Walet Terbesar di Indonesia

Oleh: alex
Sabtu, 02 Mar 2019 04:23
BAGIKAN:
istimewa.
Sarang burung walet.
MEDAN (KICAU): Sumatera Utara masih tercatat sebagai pengekspor sarang burung walet terbesar di Indonesia dengan negara tujuan utama ke Republik Rakyat Tiongkok.

"Masih berlangsungnya ekspor sarang burung walet dengan volume bertambah itu menggembirakan karena menambah devisa Sumut," ujar Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah di Medan, Jumat 1 Maret 2019.

Dia mengatakan itu usai melepas ekspor satu ton sarang burung walet dari Bandara Kuala Namu Internasional, Deliserdang, Sumut.

Ekspor sarang burung walet senilai Rp41,4 miliar itu ditujukan ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Menurut data, ujar Musa Rajekshah yang akrab dipanggil Ijeck, Sumut tercatat sebagai daerah terbesar sebagai pengekspor sarang burung walet itu.

Catatan Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian di tahun 2018, volume ekspor sarang burung walet yang di ekspor ke RRT melalui Bandara Kuala Namu Medan mencapai 20,86 ton.

Sedangkan dari Bandara, Soekarno Hatta masih sebanyak 15,96 ton, Surabaya 14,87 ton, Semarang 14,79 ton dan Bandara Pontianak sebanyak 18 Kg.

Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Ali Jamil menjelaskan bahwa Sumut berkontribusi 31 persen terhadap ekspor sarang burung walet nasional.

Menurut dia, ekspor sarang burung walet Sumut tren meningkat dari 2017 sebanyak 13,7 ton naik menjadi 20,86 ton pada 2018.

"Ekspor di tahun 2019 ini diharapkan meningkat lagi karena ada bertambah satu perusahaan pengekspor dari sebelumnya dua eksportir," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Sumut Barometer Stabilitas Nasional

    MEDAN (EKSPOSnews): Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara merupakan stabilitas Indonesia bagian barat."Sehubungan dengan itu, prajurit TNI-Polri harus

  • 2 minggu lalu

    Ketua Bawaslu Sumut temui Pendemo

    MEDAN (EKSPOSnews): Aspirasi ribuan pendukung Capres-Cawapres Prabowo-Sandi di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasaha dengan

  • 2 minggu lalu

    Sistem Kelistrikan Sumut Sempat Mengulah

    MEDAN (EKSPOSnews): Sistem kelistrikan dari Pembangkit Listrik Belawan, Sumatera Utara yang sempat mengalami penurunan karena gangguan pasokan gas, telah pulih, kata Manajer Komunikasi PLN Wilayah Sum

  • 2 minggu lalu

    Gubernur Sumut Gusur Sebagian Pejabat Eselon II

    MEDAN (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mencopot sepuluh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan melantik 14 ejabat eselon II Iainnya.Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Medan, me

  • 3 minggu lalu

    Tingkat Kematian Ibu Melahirkan di Sumut Masih Tinggi

    MANDAILING NATAL (EKSPOSnews): Sumatera Utara menempati peringkat ke-5 kematian anak dan ibu saat melahirkan di Indonesia yang disebabkan berbagai faktor, terutama terlambat dalam penanganan sebelum d

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99