Rabu, 21 Agu 2019
  • Home
  • Kicau
  • Sumut Pengekspor Sarang Burung Walet Terbesar di Indonesia

Sumut Pengekspor Sarang Burung Walet Terbesar di Indonesia

Oleh: alex
Sabtu, 02 Mar 2019 04:23
BAGIKAN:
istimewa.
Sarang burung walet.
MEDAN (KICAU): Sumatera Utara masih tercatat sebagai pengekspor sarang burung walet terbesar di Indonesia dengan negara tujuan utama ke Republik Rakyat Tiongkok.

"Masih berlangsungnya ekspor sarang burung walet dengan volume bertambah itu menggembirakan karena menambah devisa Sumut," ujar Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah di Medan, Jumat 1 Maret 2019.

Dia mengatakan itu usai melepas ekspor satu ton sarang burung walet dari Bandara Kuala Namu Internasional, Deliserdang, Sumut.

Ekspor sarang burung walet senilai Rp41,4 miliar itu ditujukan ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Menurut data, ujar Musa Rajekshah yang akrab dipanggil Ijeck, Sumut tercatat sebagai daerah terbesar sebagai pengekspor sarang burung walet itu.

Catatan Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian di tahun 2018, volume ekspor sarang burung walet yang di ekspor ke RRT melalui Bandara Kuala Namu Medan mencapai 20,86 ton.

Sedangkan dari Bandara, Soekarno Hatta masih sebanyak 15,96 ton, Surabaya 14,87 ton, Semarang 14,79 ton dan Bandara Pontianak sebanyak 18 Kg.

Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Ali Jamil menjelaskan bahwa Sumut berkontribusi 31 persen terhadap ekspor sarang burung walet nasional.

Menurut dia, ekspor sarang burung walet Sumut tren meningkat dari 2017 sebanyak 13,7 ton naik menjadi 20,86 ton pada 2018.

"Ekspor di tahun 2019 ini diharapkan meningkat lagi karena ada bertambah satu perusahaan pengekspor dari sebelumnya dua eksportir," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    MK Batalkan SK KPU Sumut untuk DPRD Provinsi Dapil 9

    JAKARTA (EKSPOSnews): Majelis Mahkamah Konstitusi melalui putusannya membatalkan Surat Keputusan KPU terkait rekapitulasi hasil penghitungan suara untuk daerah pemilihan Sumut 9 DPRD Provinsi Sumatera

  • 3 bulan lalu

    3 Anggota DPRD Sumut Divonis 4 Tahun Penjara

    JAKARTA (eKSPOSnews): Tiga orang anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 divonis 4 tahun penjara karena terbukti menerima suap dari mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.Ketiga terdakwa terse

  • 3 bulan lalu

    Ketua GNPF MUI Sumut Akan Diperika Polda Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Heriansyah akan diperiksa di Mapolda Sumatera Utara, pascaaksi di depan Gedung DPRD setempat.Heriansyah kep

  • 3 bulan lalu

    Sumut Barometer Stabilitas Nasional

    MEDAN (EKSPOSnews): Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara merupakan stabilitas Indonesia bagian barat."Sehubungan dengan itu, prajurit TNI-Polri harus

  • 3 bulan lalu

    Ketua Bawaslu Sumut temui Pendemo

    MEDAN (EKSPOSnews): Aspirasi ribuan pendukung Capres-Cawapres Prabowo-Sandi di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasaha dengan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99