Selasa, 19 Jun 2018

Sensus Burung di Bengkulu

Oleh: alex
Sabtu, 06 Jan 2018 04:20
BAGIKAN:
Jallus
Burung.
BENGKULU (EKSPOSnews): Komunitas pengamat burung, "Bencoolen Bird Watching" Bengkulu bersama Komunitas Mangrove Bengkulu akan menggelar sensus burung lahan basah di pesisir Kota Bengkulu dalam kegiatan "Asean Water Bird Census".

"Sensus akan berlangsung selama dua pekan dengan mengamati dan mencatat jenis dan jumlah burung yang teramati," kata Koordinator Bencoolen Bird Watching Bengkulu, Eki Susanto di Bengkulu, Jumat 5 Januari 2018.

Ia mengatakan sensus tersebut akan digelar di area lahan basah pesisir Kota Bengkulu, terutama di wilayah Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang-Pulau Baai.

Sensus yang digelar atas dukungan lembaga Wetlands International dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu bertujuan menentukan status populasi burung air global.

Pada 2017 lanjut Eki, tim sensus mendata 10 jenis burung migran yang singgah di lahan basah pesisir Kota Bengkulu.

Jenis burung yang terdata antara lain Kuntul Besar (Egretta alba), Cerek Pasir Mongolia (Charadrius mongolus), Trinil Bedaran (Xenus cinereus) dan Trinil Pantai (Actitis hypoleucos).

Selanjutnya ada Cekakak Sungai (Todiramphus chloris), Elang Tiram (Pandion haliaetus), Kokokan Laut (Butorides striata), Dara Laut Biasa (Sterna hirundo), dan Cerek Tilil (Charadrius alexandrines).

Tim juga mendata jenis burung lain yang berada di pesisir Bengkulu yakni Elang Tiram (Pandion haliaetus) dan Elang Brontok (Nisaetus cirrhatus).

Koordinator Komunitas Mangrove Bengkulu Riki Rahmansyah mengatakan ekosistem bakau di pesisir Bengkulu turut mendukung kelestarian burung air.

Ekosistem mangrove Bengkulu kata dia turut menentukan kelangsungan hidup burung air, terutama dalam ketersediaan pakan sehingga ekosistem mangrove perlu dilestarikan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    KPK Tahan Bupati Bengkulu Selatan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud bersama tiga orang lainnya yang telah ditetapkan sebagai tersangka suap pengadaan pekerjaan infra

  • satu bulan lalu

    KPK OTT Bupati Bengkulu Selatan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan terhadap Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud."Ada tim penindakan di lapangan yang sedang jalan beberapa hari

  • satu bulan lalu

    Bengkulu Kelebihan Pasok Listrik

    BENGKULU (EKSPOSnews): Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan bahwa penambahan sejumlah pembangkit listrik yang sedang dalam tahap konstruksi akan membuat Provinsi Bengkulu keleb

  • 2 bulan lalu

    Bengkulu Selatan Dorong Pemanfaatan Hutan Tanaman Rakyat

    BENGKULU (EKSPOSnews): Bupati Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, Dirwan Mahmud terus mendorong pemanfaatan hutan tanaman rakyat (HTR) guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat."Luasnya sekitar

  • 2 bulan lalu

    Bengkulu Dapat Bantuan 18 Kapal Penangkap Ikan

    BENGKULU (EKSPOSnews): Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu menerima 18 unit kapal penangkap ikan ukuran 5 gross tonnage (GT) dari Pemerintah Pusat yang diperuntukkan bagi koperasi nelayan d

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99