Minggu, 21 Jan 2018
  • Home
  • Kicau
  • Seekor Rangkong Julang Emas Diserahkan Warga Labuhanbatu

Seekor Rangkong Julang Emas Diserahkan Warga Labuhanbatu

Oleh: Jallus
Sabtu, 09 Des 2017 05:57
BAGIKAN:
istimewa.
Burung Rangkong Julang Emas.
MEDAN (KICAU): Burung langka enggang atau  rangkong julang emas (Rhyticeros undulatus) diserahkan warga kepada petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Jumat 8 Desember 2017.

Satwa dilindungi dan langka itu diharapkan dapat dikembalikan ke alam liar dan diharapkan bisa beranak.

Burung berjenis kelamin betina itu diserahkan keluarga yang tinggal di Kelurahan Gunting Saga, Kualuh Selatan, Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara. Burung tersebut sudah dua tahun dipelihara dan dirawat baik-baik.

Surya Dharma, warga yang memelihara enggang julang emas itu, menyatakan mereka mendapatkannya di kawasan hutan Bukit Barisan. Satwa itu, lanjutnya, diserahkan seorang yang diduga sebagai pemburu. "Ketika itu masih anaknya. Kondisinya sangat memprihatinkan, tidak terawat," ujarnya, Jumat 8 Desember 2017.

Saat menyerahkan rangkong julang emas itu, Surya didampingi NGO lingkungan hidup, TIME Sumatera. Burung itu diserahkan kepada Fresli Parel Butar-Butar, staf BBKSDA Sumut Seksi Konservasi Wilayah III.

"Kami datang setelah mendapat informasi dari NGO TIME, bahwa ada warga yang ingin menyerahkan burung enggang julang emas," jelas Fresli.

Setelah diserahkan keluarga Surya Darma, enggang julang emas itu dikarantina di kawasan Sibolangit, Deli Serdang. Satwa dilindungi diharapkan segera beradaptasi dengan habitat asli, sehingga dapat secepatnya dilepasliarkan ke alam bebas.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99