Sabtu, 30 Mei 2020
  • Home
  • Kicau
  • Satgas Pamtas Sita 4 Burung yang Dilindungi

Satgas Pamtas Sita 4 Burung yang Dilindungi

Oleh: Jefri
Jumat, 08 Feb 2019 17:04
BAGIKAN:
istimewa.
Burung Kakatua.
JAYAPURA (KICAU): Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini (PNG) Yonif PR 328/DGH berhasil menyita dan mengamankan empat ekor burung atau satwa yang dilindungi dari tangan oknum warga di Kampung Mosso, Kota Jayapura, Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG dari Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari di Kota Jayapura, mengatakan, selain menyita empat ekor burung yang dilindungi, jajaran atau personel dari Pos Mosso juga mengamankan dua oknum warga yang diduga melakukan perburuan ilegal.

"Personel Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Pos Mosso berhasil mengamankan dua orang warga yang membawa empat ekor burung yang dilindungi, yang diduga dari hasil perburuan ilegal pada Rabu (6/2)," katanya, Jumat 8 Februari 2019.

Menurut dia, penyitaan itu bermula dari Komandan Pos (Danpos) Mosso Lettu Arm Ilham mendapatkan informasi dari Kepala Kampung Mosso Agus Wefapua.

"Agus Wepafoa menyebutkan bahwa ada oknum warga yang melakukan perburuan burung di Kampung Mosso," katanya.

Atas informasi tersebut, lanjut dia, Danpos Mosso melaksanakan sweeping atau razia. "Akhirnya sekitar pukul 17:00 WIT, melintas kendaraan roda dua jenis Honda Supra dan Yamaha RX King yang masing-masing dikendarai oleh dua oknum warga dengan membawa barang dalam karung," katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan barang bawaan tersebut, ditemukan empat ekor burung yang dilindungi oleh undang-undang, yaitu satu burung Kakak Tua Putih, dua burung Nuri dan satu burung Kakak Tua Raja.

"Keempat satwa yang dilindungi ini dibawa oleh dua oknum warga dengan inisial LR (34), warga Koya Barat dan GE (60), warga Arso," katanya.

Erwin menegaskan bahwa melakukan perburuan terhadap satwa yang dilindungi adalah salah satu tindak pidana.

"Hasil temuan tersebut langsung kami koordinasikan dengan pihak yang berwajib dan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Provinsi Papua untuk menyerahkan satwa tersebut agar dikembalikan ke alam," katanya.

  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Menyita Berbagai Jenis Burung Dilindungi

    SORONG (KICAU): Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSD) Papua Barat dan Karantina Satwa Sorong menyita puluhan satwa liar di penangkaran warga yang terletak di halaman salah satu diskotek 

  • 12 bulan lalu

    Satgas Pamtas Yonmek Dukung Pendidikan di Perbatasan

    MERAUKE (EKSPOSnews): Satgas Pamtas Yonmek 521/DY berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini.Selain kesehatan, Satgas di bawah kenda

  • tahun lalu

    Satgas Pamtas Yonmek Amankan Ratusan Botol Miras Ilegal

    MERAUKE (EKSPOSnews): Satgas Pamtas Yonmek 521/DY di bawah kepemimpinan Letkol Inf Andi A. Wibowo, berhasil mengamankan ratusan botol miras ilegal.Kejadian itu bermula, ketika Satgas Pamtas yang berad

  • tahun lalu

    Menyita Burung yang Dilindugi di Ambon

    AMBON (KICAU): Polisi Kehutanan Seksi Konservasi Wilayah II (SKW) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku menyita puluhan ekor burung endemik Maluku dan dilindungi undang-undang.Kepala BKSDA

  • 2 tahun lalu

    Satgas Pamtas Yonmek 5Berikan Pelayanan Kerohanian di Wilayah Perbatasan

    Satgas Pamtas Yonmek 521/DY di bawah Komando Letkol Inf Andi Andriyanto Wibowo, berupaya ekstra untuk terus memberikan yang terbaik ke masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG tersebut.Pada

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99