Senin, 30 Mar 2020
  • Home
  • Kicau
  • Pengemplang Pajak Burung Walet di Labuhanbatu

Pengemplang Pajak Burung Walet di Labuhanbatu

Oleh: Jallus
Rabu, 20 Mar 2019 05:16
BAGIKAN:
istimewa.
Sarang burung walet.
RANTAUPRAPAT (KICAU): Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan menindak tegas pengemplang pajak sarang burung walet karena kepatuhan wajib pajak di daerah itu dinilai masih tergolong rendah.

"Pemerintah daerah akan bertindak tegas bagi pengusaha yang menunggak pajak dan yang memanipulasi pajak sarang burung walet sehingga perolehan pajak tidak sesuai dengan target," kata Kaban Pendapatan Daerah Labuhanbatu, Tomy Alona Harahap, di Rantauprapat, Selasa 18 Maret 2019.

Pajak sarang burung walet yang dipungut adalah pajak atas setiap hasil produksi yang dihasilkan oleh pengusaha sebesar 10 persen, sesuai peraturan daerah nomor 10 tahun 2011.

Pada pasal 10 ayat 5 disebutkan, apa bila wajib pajak melanggar ketentuan, maka pemanenan dilakukan secara bersama-sama dengan petugas yang ditunjuk.

Kemudian pasal 6 diperjelas lagi, pemerintah daerah memasang kunci, sehingga tidak dapat dipanen tanpa didampingi petugas yang ditunjuk.

Ia menjelaskan, pembayaran pajak dapat dilakukan melalui bank, datang langsung ke Kantor Bapenda atau melalui petugas yang memiliki surat tugas yang datang.

"Pemilik sarang burung walet hanya menyetorkan pajaknya setahun sekali, padahal hasil panen berkali-kali dalam setahun,” katanya.

Pihaknya telah mengidentifikasikan tahun 2018 kendala target perolahan pajak dari sarang burung walet hanya terealisasi 20 persen dan untuk itu pengusaha diharapkan tertib membayar pajak kepada pemerintah daerah.

Sementara, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Labuhanbatu, Abdul Karim Hasibuan, mengapresiasi langkah tegas pemerintah daerah tersebut.

Menurut dia target realisasi PAD akan tercapai dan pembangunan sarana prasarana publik dapat terrealisasi.

“Kita apresiasi langkah pemerintah daerah,” katanya. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Arta Graha Peduli dan Kemendag Adakan Pasar Murah di Rantauprapat

    RANTAUPRAPAT (EKSPOSnews): Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Arta Graha Peduli mengelar pasar murah di Pesantren Nurul Iman, Sukaramai Desa Tebing Linggahara Baru Kecamatan Bilah Barat Kabup

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99