Selasa, 07 Jul 2020

Mengenal Burung Kasturi

Oleh: Jallus
Rabu, 10 Okt 2018 19:59
BAGIKAN:
Jallus
Burung (ilustrasi).
TERNATE (KICAU): PT Pertamina (Persero) MOR VIII - DPPU Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut) mengajak siswa SD Negeri 56 Kota Ternate untuk mengenal satwa Burung Kasturi di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ternate.

"Kunjungan ke BKSDA Ternate ini merupakan kali kedua setelah September dan dilaksanakan sebagai langkah memperkenalkan burung Kasturi kepada para siswa SD," kata Operation Head DPPU Babullah Ternate, Sularno di Ternate, Rabu 10 Oktober 2018.

Burung Kasturi merupakan satwa khas Maluku Utara yang terancam punah akibat perburuan dan memerlukan upaya pelestarian.

Oleh karena itu, Pertamina MOR VIII - DPPU Babullah Ternate melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) bekerjasama dengan BKSDA Ternate menjalankan program pemeliharaan, pemulihan, dan pemenuhan vitamin satwa-satwa langka yang dipelihara di kandang transit milik BKSDA.

Menurut dia, hewan yang dirawat dalam kandang transit ini merupakan satwa-satwa langka yang berhasil digagalkan dari upaya pemburuan satwa liar. Program pemeliharaan satwa liar oleh Pertamina dan BKSDA ini dilakukan sebagai upaya sebelum satwa liar tersebut dilepaskan kembali ke habitat aslinya di alam.

Sularno menjelaskan, bahwa DPPU Babullah Ternate di samping menjalankan bisnis utamanya sebagai penyedia bahan bakar pesawat udara di wilayah Malut, juga melaksanakan program PROPER yang salah satunya adalah pelestarian satwa endemik.

"Di setiap unit operasi, Pertamina mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan sekitar yang diwujudkan dengan berbagai program berkesinambungan bagi masyarakat dan lingkungan salah satunya adalah konservasi satwa langka atau endemik," katanya.

Bahkan, untuk program edukasi kepada siswa kali ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan keberadaan satwa liar dan lingkungannya agar generasi muda untuk peduli alam dan menjaga alam ini sehingga bisa bertahan lama demi masa depan anak cucu dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Ternate, Abbas Hurasan ketika dikonfirmasi mengapresiasi langkah dari Pertamina dalam upaya mengedukasi siswa-siswa SD dalam pelestarian Burung Kasturi.

"BKSDA mengapresiasi kegiatan Pertamina DPPU Babullah yang mendatangkan siswa ke kantor kami dan tentunya membantu program kami juga dan satu tujuan sama yaitu memberikan edukasi keberadaan satwa langka di Maluku Utara agar para generasi penerus ini memiliki tanggung jawab moril menjaga dan meletarikan bersama ke depannya," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    RNI dan Hotel Indonesia Gelar Siswa Mengenal Nusantara di Bali

    DENPASAR (EKSPOSnews): Sebagai upaya menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada generasi muda, PT Asuransi Jiwasraya (Persero),berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI), dan PT

  • 2 tahun lalu

    Mengenalkan Kembali Kopi Bukit Apik

    Siang itu, Minggu 29 April lalu, aroma harum kopi tercium di pelataran objek wisata Jam Gadang, Bukittinggi, Sumatera Barat.Aroma wangi semerbak itu menarik perhatian para pengunjung taman yang ada di

  • 3 tahun lalu

    Perpisahan Siswa Mengenal Nusantara

    MEDAN (EKSPOSnews): Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang diikuti 32 siswa asal Sumatera Utara ke Sulawesi Barat (Mamuju) telah berakhir. Selama sembilan hari mereka diperkenalkan budaya Mamuju

  • 3 tahun lalu

    Mengenal Lebih Dekat Anggota KPU Terpilih

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi II DPR RI telah menyelesaikan pemilihan tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI periode 2017-2022.Pemilihan i

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99